Beranda Berita 5 Manta Pemain Manchester United Berkewarga negaraan Belanda

5 Manta Pemain Manchester United Berkewarga negaraan Belanda

187
0

5 Manta Pemain Manchester United Berkewarga negaraan Belanda – Manchester United baru saja menuntaskan transfer pemain Ajax, Donny van de Beek dengan banderol sekitar 40 juta pounds baru-baru ini. Pemain berusia 23 tahun itu menjadi pemain asal Belanda berikutnya yang pernah berseragam The Red Devils dalam beberapa tahun terakhir.

Mulai dari Robin Van Persie, Memphis Depay hingga Ruud Van Nistelrooy merupakan deretan pemain asal Belanda yang pernah memperkuat tim tersebut. Berikut ini lima mantan pemain Manchester United yang memiliki kewarganegaraan Belanda :

1. Edwin Van Der Saar

Mantan pemain Manchester United yang berkewarganegaraan Belanda adalah Edwin Van Der Saar yang sempat menjadi andalan tim tersebut di bawah mistar gawang. Edwin Van Der Saar diboyong oleh Sir Alex Ferguson yang saat itu masih menjadi manajer The Red Devils dari Fulham pada tahun 2005.

Setelah itu Edwin Van Der Saar berhasil tampil mengesankan hingga membawa Manchester United meraih Piala Liga saat itu. Selama berseragam Manchester United, mantan kiper yang pernah memperkuat Ajax tersebut telah meraih 12 gelar juara.

5 Manta Pemain Manchester United Berkewarga negaraan Belanda
5 Manta Pemain Manchester United Berkewarga negaraan Belanda

Edwin Van Der Saar juga sudah mencatatkan sebanyak 135 cleansheet dalam 266 penampilannya bersama The Red Devils. Kemudian pada tahun 2011 dirinya memutuskan untuk pensiun dan kini menjadi bagian manajemen dari Ajax.

2. Robin Van Persie

Berikutnya adalah Robin Van Persie yang didatangkan dari Arsenal setelah tampil luar biasa bersama klub London tersebut. Alasan Sir Alex Ferguson memboyongnya adalah karena sebelum bergabung ke Manchester United, pemain tersebut menjadi topskorer Liga Primer Inggris 2011/2012.

Pencapaian Robin Van Persie terus berlanjut hingga ke Manchester United setelah kembali menjadi topskorer di musim 2012-2013 dengan catatan 26 gol. Namun karir Robin Van Persie hanya bertahan tiga musim bersama klub tersebut sebab pada musim 2015-2016, dirinya dijual ke Fenerbahce.

Padahal dirinya memiliki rekor cukup bagus saat masih menjadi pemain Manchester United dengan catatan 58 gol dalam 105 pertandingan. Lalu pada tahun 2019 lalu dirinya memutuskan pensiun dan Robin Van Persie kini menjadi staf pelatih di Feyenoord.

3. Jaap Stam

Jaap Stam merupakan salah satu bek paling ditakuti oleh para pemain lawan karena gaya bermainnya yang keras untuk menghalau lawan mencetak gol. Berposisi sebagai bek tengah dengan postur tubuh hampir dua meter, Jaap Stam selalu tampil bagus di berbagai tim yang diperkuatnya.

Tak terkecuali Manchester United yang membawanya dari PSV pada musim 1998-1999 dan langsung menjadi andalan di sektor pertahanan. Berkat kemampuannya tersebut, Jaap Stam telah mempersembahkan enam trofi untuk Manchester United di bawah nahkoda Sir Alex Ferguson saat itu.

Jaap Stam memutuskan untuk pensiun di tahun 2007 ketika masih berseragam Ajax dan saat ini dia mencoba pengalaman baru sebagai seorang pelatih. Mulai dari tim akademi Ajax, PEC Zwolle, hingga Feyenoord pernah dilatihnya dalam beberapa tahun terakhir.

4. Ruud Van Nistelrooy

Ruud Van Nistelrooy memiliki rekam jejak yang mirip dengan Jaap Stam karena sama-sama dibawa oleh Manchester United dari PSV. Namun dirinya baru bergabung ke Old Trafford pada tahun 2001 dan langsung menjadi pemain inti dengan jumlah pertandingan sebanyak 32 penampilan.

Selama berseragam Manchester United, Ruud Van Nistelrooy pernah meraih tiga kali topskorer Liga Champions Eropa. Namun dirinya masih belum dapat membantu The Red Devils meraih Liga Champions Eropa saat itu.

Sama seperti halnya Robin Van Persie, Ruud Van Nistelrooy tidak bermain dalam waktu yang lama berseragam Manchester United karena hanya lima musim. Meskipun begitu, mantan pemain PSV tersebut memiliki catatan 150 gol dalam 219 penampilan.

5. Memphis Depay

Pemain Belanda terakhir yang merupakan mantan pemain Manchester United adalah Memphis Depay yang tampil buruk sejak bergabung dari PSV. Sebab penyerang yang kini berusia 26 tahun tersebut hanya mencetak tujuh gol dan enam assist dalam 57 pertandingan.

Hal tersebut membuat The Red Devils pada akhirnya menjual Memphis Depay ke Lyon pada tahun 2016 dengan harga 14 juta euro saja. Berbanding terbalik ketika berseragam Manchester United, Memphis Depay justru tampil apik bersama klub asal Prancis tersebut.

Bahkan di musim 2019-2020 ini, dirinya membawa Lyon mencapai semifinal sebelum akhirnya dikalahkan oleh Bayern Munchen. Setelah hengkang dari Old Trafford, pemain berusia 26 tahun tersebut mencatatkan 57 gol dan 43 assist hanya dalam 139 pertandingan di berbagai kompetisi.

Baca Juga : Henrikh Mkhitaryan Akhirnya Resmi Permanen Di AS Roma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here