Beranda Berita Diogo Jota Gelandang Bidikan Liverpool yang Tengah Naik Daun

Diogo Jota Gelandang Bidikan Liverpool yang Tengah Naik Daun

187
0
Diogo Jota Gelandang Bidikan Liverpool yang Tengah Naik Daun
Diogo Jota Gelandang Bidikan Liverpool yang Tengah Naik Daun

Diogo Jota Gelandang Bidikan Liverpool yang Tengah Naik Daun – Akhir-akhir ini Portugal berubah menjadi salah satu kekuatan besar di Eropa. Tim Samba Eropa tersebut sukses mengukir prestasi di berbagai kompetisi akbar dalam beberapa tahun terakhir. Tak heran jika beberapa pemain dari negara tersebut kini bermain untuk klub-klub elit benua biru.

Salah satu yang sedang naik daun saat ini adalah Diogo Jota. Gelandang 23 tahun ini menjadi salah satu kunci keberhasilan Wolverhampton Wanderers menembus papan atas klasemen Premier League dalam 2 musim terakhir. Kabar terbaru menyebutkan bahwa ia menjadi target transfer Liverpool selanjutnya.

Tumbuh Cepat

Diogo José Teixeira da Silva atau yang lebih dikenal dengan nama Diogo Jota merupakan pesepak bola profesional asal Portugal. Ia lahir pada 4 Desember 1996 di sebuah kota kecil bernama Massarelos.

Jota begitu tertarik dengan sepak bola sejak masih kanak-kanak. Beruntung bagi Jota, ia memiliki keluarga yang selalu mendukung setiap keputusan dalam hidupnya, termasuk menjalani karier sebagai pesepak bola.

Jota memulai langkahnya di lapangan hijau saat usianya 9 tahun. Ia bergabung dengan Gondomar, klub kecil yang memiliki tempat latihan di samping Estadio Do Dragao, markas besar FC Porto.

Tak butuh waktu lama bagi Jota untuk mengesankan para pelatih dan rekan setimnya di sana. Ia mampu beradaptasi dengan cepat dan bersaing ketat dengan pemain lain yang berusia lebih tua darinya.

Setelah 8 tahun menimba ilmu, Jota memutuskan untuk meninggalkan Gondomar dan bergabung ke Pacos de Ferreira. Jota sangat antusias saat pertama kali berlabuh ke klub ini. Sebab, Pacos dikenal sebagai salah satu klub yang banyak menghasilkan talenta muda berbakat di Portugal. Jota berharap menjadi salah satu pemain terbaik jebolan Pacos.

Februari 2015 menjadi momen penting dalam hidup Jota. Ia memulai debut profesionalnya bersama Pacos saat menghadapi Vitoria Guimares di Liga Primera Portugal. Ia tampil mengesankan pada laga tersebut sehingga beberapa kali dipercaya untuk bermain pada laga-laga berikutnya.

Musim 2015/2016 menjadi musim terbaik Jota bersama Pacos dimana ia mampu mencatatkan 12 gol dan 10 assist di liga. Catatan itu menjadi yang terbaik di antara seluruh pemain Pacos yang bermain di musim tersebut.

Tak Dapat Menit Bermain

Setelah melalui masa emas di Pacos, Jota terbang ke Spanyol untuk bergabung dengan Atletico Madrid. Penampilan cemerlang Jota membuat Atletico rela memboyongnya dari Pacos dengan biaya transfer 7 juta euro pada Juli 2016.

Namun, bukannya mendapat kesempatan tampil, Jota malah dipinjamkan oleh Atletico pada musim pertamanya. Ia dipulangkan ke negara asalnya untuk menjalani masa peminjaman bersama FC Porto.

Semusim bersama Porto, Jota memang bukan menjadi pilihan utama. Namun, penampilannya bisa dibilang cukup memuaskan. Ia tampil dalam 15 laga di Liga Primera dengan sumbangan 8 gol dan 5 assist.

Bungkam Kritik Dengan Prestasi

Setelah masa peminjamannya di Porto habis, Jota kembali ke Atletico. Namun, Los Roji Blancos lagi-lagi tidak memberi kesempatan bagi Jota untuk tampil di tim utama. Ia kemudian dipinjamkan ke Wolverhampton Wanderers.

Diogo Jota Gelandang Bidikan Liverpool yang Tengah Naik Daun
Diogo Jota Gelandang Bidikan Liverpool yang Tengah Naik Daun

Di bawah komando pelatih Nuno Espirito Santo, Jota semakin tampil moncer. Ia berhasil membawa Wolves juara Divisi Championship 2017/2018 serta berkontribusi dalam 17 gol timnya.

Usai musim gemilang tersebut, Jota dengan mantap menerima tawaran kontrak permanen dari Wolves. Namun, keputusannya tersebut menimbulkan perdebatan.

Banyak dari rekan dan saudara Jota mengkritik keputusannya meninggalkan Atletico dan pindah ke Wolves. Mereka menilai, Jota lebih berpeluang memiliki karir cemerlang bersama Atletico yang hampir setiap musim berlaga di Liga Champions. Mereka juga meragukan masa depan Jota di Wolves yang notabene adalah tim medioker di Inggris.

Namun, dengan tegas Jota menyanggah pendapat mereka. Menurutnya, Wolves di bawah pimpinan Nuno Espirito Santo memiliki visi yang jelas dan cemerlang. Oleh sebab itu ia tak perlu berpikir dua kali untuk bergabung dengan Si Serigala.

Musim kedua Jota di Wolves pun menarik cukup banyak perhatian. Ia mampu membawa Wolves melesat ke posisi 7 klasemen akhir Premier League 2018/2019. Ia pun sukses mengantarkan Wolves bermain di ajang Europa League musim berikutnya.

Musim 2019/2020, laju Wolves bersama Jota masih konsisten. Mereka kembali finish di papan atas klasemen akhir Premier League walaupun gagal merebut tempat di zona Eropa.

Atas performa apiknya tersebut, Jota kini dianggap sebagai salah satu gelandang serang terbaik Portugal. Tak hanya itu, ia kabarnya juga sedang dibidik Liverpool untuk dijadikan rekrutan baru mereka. Jurgen Klopp bahkan dikabarkan akan melakukan segala upaya demi mendatangkan Jota bulan ini.

Baca Juga : Gawat Quique Setien Siap Tempuh Jalur Hukum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here