Beranda Berita Keluarga Glazer Jual Manchester United Mungkinkah?

Keluarga Glazer Jual Manchester United Mungkinkah?

193
0

Keluarga Glazer Jual Manchester United Mungkinkah? Kabar mengejutkan datang dari klub kota Manchester, Manchester United dimana dikabarkan pemilik lama akan segera menjual kepemilikannya. Adalah Keluarga Glazer, yang disebut tengah melakukan negosiasi untuk menjual sahamnya kepada Amancio Ortega.

Terbagi Menjadi Enam

Keluarga Glazer merupakan nama pemilik klub raksasa sekelas di Liga Premier Inggris, Manchester United sejak tahun 2005 lalu. Dari keluarga tersebut yang mengawali langkahnya membeli saham kepemilikan klub berjuluk Setan Merah ini adalah Malcolm Glazer.

Dimana dia sudah mulai memiliki beberapa persen saham sejak tahun 2003 lalu. barulah dua tahun kemudian, Malcolm dan keluarganya mengakuisisi sebagian besar sahamnya.

Siapa yang tidak mengenal keluarga Glazer? Mereka merupakan pengusaha kaya raya asal Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Reputasinya sebagai salah satu pengusaha top di sana juga cukup bagus. 

Keluarga Glazer Jual Manchester United Mungkinkah?
Keluarga Glazer Jual Manchester United Mungkinkah?

Keterlibatan mereka dalam dunia olahraga tidak hanya dengan Manchester United, sebelumnya mereka juga terlibat dalam kepemilikan salah satu klub NFL bernama Tampa Bay Buccaneers.

Dari semua saham yang sudah dimiliki keluarga tersebut, kini diketahui jika sahamnya sudah terbagi kepada enam anak Malcolm. Mereka saat ini menguasai sebanyak 97 persen dari saham kepemilikan Manchester United. Dan Joel Glazer menjadi pemegang terbanyak, yakni 17,2 persen.

Segera Dijual

Dikutip dari media The Sun, dimana diberitakan bahwa keluarga Glazer sudah siap untuk mengakhiri rezim kekuasaan mereka di Old Trafford. Baru-baru ini mereka dikabarkan tengah berusaha menjual sahamnya kepada pendiri Zara, Amancio Ortega. Zara merupakan sebuah merek terkenal di Spanyol untuk barang berupa pakaian dan aksesoris.

Setelah ada nama Bill Gates di jajaran orang terkaya di dunia, nama Amancio Ortega juga patut disandingkan sebagai pengusaha sukses saat ini. Pria berusia 84 tahun ini memiliki jaringan bisnis yang luar biasa besar dengan sebutan Ortegas. Dan dalam beberapa tahun belakangan ini dia menjadi salah satu orang terkaya di dunia berkat bisnisnya tersebut.

Beberapa hari lalu dikabarkan pihak keluarga Glazer  tengah melakukan komunikasi secara intensif dengan pihak Amancio Ortega. Pengusaha Amerika Serikat tersebut dikabarkan sudah mencapai kesepakatan harga meski baru sebatas lisan.

Meski demikian, nampaknya kesepakatan secara resmi tidak akan selesai dalam waktu singkat. Setidaknya butuh waktu selama berbulan-bulan untuk bisa merampungkan akuisisi saham milik Manchester United ini. Dan prosesnya pun dipastikan akan berjalan cukup rumit.

Glazer Banjir Kritikan

Meski menjadi keluarga kaya raya yang disegani di Amerika Serikat, namun popularitas keluarga Glazer di kalangan fans Setan Merak tidak begitu populer. Banyak protes mengalir bahkan sejak pertama kali keluarga ini mengakuisisi Manchester United. Bahkan ada beberapa alasan mengapa keluarga Glazer sebagai pemilik klub tidak disukai oleh para fans.

Salah satu alasannya adalah rencana bisnis yang buruk terhadap klub yang kini dilatih Ole Gunnar Solskjaer. Meski masih menjadi salah satu klub dengan pemasukan terbesar di Inggris, namun hutang yang dimiliki juga besar. Jika dibandingkan dengan pemilik sebelumnya, era Glazer ini menjadi salah satu pemilik dengan hutang yang cukup besar.

Belum lagi urusan jual beli pemain di bursa transfer. Fans acap kali dibuat frustasi karena mereka menilai keputusan yang diambil manajemen klub kerap kurang tepat. Akhirnya Manchester United kesulitan dalam bersaing dengan klub besar lain dalam hal berburu pemain baru. Kemudian mengakibatkan mereka menurun dari segi performa di semua kompetisi, baik Liga Premier Inggris maupun Eropa.

Tidak Sendiri

Jika benar jadi akan dijual atas sebagian kepemilikan sahamnya, maka Manchester United akan memiliki nasib sama dengan Newcastle United. Baru-baru ini The Magpies dikabarkan juga akan memiliki pemilik baru. Pemilik saat ini, Mike Ashley dikabarkan juga berniat untuk menjual sebagian besar kepemilikan saham salah satu klub di Liga Premier Inggris tersebut.

Sebelumnya sempat bergaung jika Newcastle United sempat akan dibeli konsorsium asal negara timur tengah. Akan tetapi karena sebuah persoalan mengenai hak siar yang dinilai ilegal, nampaknya usaha tersebut akhirnya menemui kegagalan. Kini kabar perkembangan terbaru mengenai penjualan saham The Magpies sudah menemui babak baru.

Pihak pemilik lama sudah melakukan kontak dengan taipan asal Amerika Serikat, Henry Mauriss. Namun kabar lain menyebutkan jika James Pallota yang kini menjadi pemilik baru AS Roma juga tertarik untuk mengakuisisi saham milik Newcastle United.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here