Beranda Berita Leon Goretzka Si Kekar Penyelamat Bayern Munchen

Leon Goretzka Si Kekar Penyelamat Bayern Munchen

181
0
Leon Goretzka Si Kekar Penyelamat Bayern Munchen
Leon Goretzka Si Kekar Penyelamat Bayern Munchen

Leon Goretzka Si Kekar Penyelamat Bayern Munchen – Usai menyabet Treble Winner di musim 2019/2020 lalu, Bayern Munchen kembali menorehkan prestasi dengan memenangkan Piala Super Eropa 2020. Laga kontra Sevilla Jumat (25/9/2020) dini hari kemarin, The Bavarians menang 2:1 dan kembali menjadi juara.

Juru Penyelamat Die Roten

Bermain di Puskas Arena pada Jumat dini hari kemarin, Bayern munchen kembali menunjukkan eksistensi mereka dengan kembali menjadi tim terbaik di Benua Biru setelah menjuarai Piala Super Eropa. 

Kompetisi ini adalah laga yang mempertemukan juara dari Liga Champions dan Liga Europa di musim yang sama. Bayern Munchen dinobatkan sebagai juara Liga Champions setelah berhasil menumbangkan PSG dengan skor 0:1. Sedangkan Sevilla menjuarai Liga Europa setelah menang 3:2 dari Inter Milan.

Dalam laga dini hari kemarin, sebenarnya Bayern Munchen sempat tertinggal gara-gara aksi kurang cermat dari David Alaba yang secara sembrono menjatuhkan Ivan Rakitic di kotak penalti. 

Akhirnya wasit menunjuk titik putih dan memberi hadiah penalti untuk Sevilla. Lucas Ocampos sebagai algojo melakukan tugasnya dengan baik dan menjebol gawang Manuel Neuer. Skor berubah menjadi 1:0 untuk keunggulan Sevilla di menit ke-12.

Namun keunggulan skuad Los Palanganas tidak berlangsung lama setelah Leon Goretzka memasukkan bola ke gawang yang waktu itu dijaga Yassine Bounou. Goretzka berhasil menyarangkan bola di menit ke-34 setelah mendapatkan umpan dari Robert Lewandowski. Hingga babak pertama usai skor 1:1 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Bayern Munchen semakin tak terbendung. Menjelang akhir permainan babak kedua, Hansi Flick menarik keluar Lucas Hernandez di menit ke-99’ dan memasukkan Javi Martinez. 

Keputusan tersebut dinilai tepat karena lima menit bermain, Javi Martinez menjadi kunci kemenangan skuad Die Roten setelah tandukannya di mulut gawang Sevilla tak terbendung di menit ke-104. Dan sampai peluit panjang dibunyikan skor bertahan 1:2 untuk kemenangan Bayern Munchen.

Sosok Leon Goretzka dan Javi Martinez sukses menjadi kunci kemenangan pasukan Hansi Flick dalam laga dinihari kemarin. Ini artinya, Bayern Munchen menjadi tim terkuat di Eropa tahun 2020 ini dan telah melewati banyak klub kuat lainnya.

Mengenal Sosok Goretzka

Dalam laga dini hari kemarin, Leon Goretzka tampil cukup impresif dan mampu membuka keunggulan bagi tim yang dia bela. Namun jauh sebelum moncer bersama skuad The Bavarians, Goretzka lebih dulu tampil gemilang bersama Schalke 04 yang juga merupakan salah satu klub di Bundesliga.

Gelandang dengan nama lengkap Leon Christoph Goretzka ini merupakan pemain kelahiran Bochum, Jerman pada 6 Februari 1995. Dan karirnya dalam dunia sepak bola dimulai dengan bergabung di klub lokal dekat tempat tinggalnya, Werner SV 06 Bochum. Sebelum akhirnya dirinya pindah ke Vfl Bochum di tahun 2001.

Leon Goretzka Si Kekar Penyelamat Bayern Munchen
Leon Goretzka Si Kekar Penyelamat Bayern Munchen

Pada tahun 30 Juli 2012, Goretzka mendapatkan medali emas saat membela timnas Jerman U-17. Setelah itu dirinya mendapatkan kesempatan untuk promosi ke skuad utama Vfl Bochum yang bermain di Bundesliga 2. Debutnya sebagai pemain profesional terjadi pada 4 Agustus 2012 dalam laga kontra Dynamo Dresden. Bermain di skuad utama, Leon Goretzka berhasil tampil reguler selama 32 laga dan menyumbangkan empat gol.

Dan di akhir musim, tepatnya pada bulan Juni 2013 Goretzka hijrah ke Schalke 04 dan bertahan hingga lima musim. Cerita manis dan berbagai prestasi dia torehkan bersama klub ini dari tahun 2013 hingga tahun 2018. Goretzka juga sudah menorehkan sebanyak 19 gol dengan 17 assist dari 147 laga bersama klub berjuluk ‘Die Königsblauen’ ini.

Bergabung ke Bayern Munchen

Pada Januari 2018, atau menjelang kompetisi musim 2018/2019 Schalke 04 mengumumkan telah sepakat dengan Bayern Munchen atas transfer Leon Goretzka dengan nilai 40 juta Euro. 

Dan transfer resminya terjadi pada tanggal 1 Juli 2018, dimana Goretzka resmi menjadi salah satu punggawa The Bavarians untuk durasi kontrak selama 4 tahun. Dengan kemampuan dan kreativitas yang dimilikinya, Gelandang yang kini berusia 25 tahun ini langsung mengisi lini tengah Bayern Munchen.

Sejauh ini Leon Goretzka sudah menyumbangkan 19 gol dan 18 assist dari 82 penampilannya bersama Bayern Munchen. Untuk musim 2019/2020 lalu, Leon Goretzka sudah menorehkan 8 gol dan 11 assist dari 38 laga di semua kompetisi.

Angka tersebut sebenarnya akan bertambah jika Goretzka tidak terkendala cedera yang dia alami musim kemarin. Tercatat dia delapan kali harus menepi akibat cedera yang menimpanya. Padahal di semua kompetisi musim lalu saat dalam kondisi prima, Goretzka masuk daftar starting eleven sebanyak 23 kali.

Baca Juga : Gianluigi Donnarumma Bibit Muda Kiper Hebat Italia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here