Beranda Berita Profil Édouard Mendy, Kiper Hebat yang Telat Bersinar

Profil Édouard Mendy, Kiper Hebat yang Telat Bersinar

73
0

Profil Édouard Mendy, Kiper Hebat yang Telat Bersinar – Kiper berkebangsaan Senegal yang kini memperkuat Stade Rennais, Édouard Mendy, belakangan tengah banyak diperbincangkan. Seiring dengan performa impresifnya bersama Rennes, ia kini menjadi target salah satu klub raksasa Inggris, Chelsea. Klub yang tengah mencari kiper tersebut kini memasukkan Mendy dalam daftar teratas pemain incarannya.

Masih berusia 28 tahun, Mendy diketahui sudah pernah memperkuat sekitar empat tim asal Prancis. Dimulai dari Cherbourg, Marseille B, Stade de Reims B dan Stade de Reims senior, hingga tim yang ia perkuat saat ini, Stade Rennais. Berdiri dengan postur 198 sentimeter, Mendy merupakan pemain dengan postur ideal sebagai penjaga gawang.

Awal Karir yang Sulit

Meski diketahui memiliki kebangsaan Senegal, Mendy ternyata lahir dan tumbuh di negara Eropa, tepatnya di Prancis. Ia dilahirkan pada tanggal 1 Maret 1992 di daerah Montvilliers, sebuah kota yang berlokasi sekitar 6,4 kilometer dari Le Havre, Prancis. Mendy lahir dengan nama lengkap Édouard Osoque Mendy.

Ketika berusia 13 tahun, Mendy bergabung dengan akademi Le Havre. Namun, selama semusim, Mendy selalu menjadi pilihan ke-2 setelah kiper Prancis lain, Zacharie Boucher. Musim berikutnya, ia kemudian diturunkan ke level yang lebih rendah, yakni ke CS Municipaux Le Havre.

Setelahnya, tim kasta ke-3 Prancis, AS Cherbourg melihat ada bakat terpendam dalam diri Mendy yang kala itu masih berusia 19 tahun. Mereka kemudian membawa Mendy yang kemudian tampil cemerlang di kompetisi Championnat National. Berkat kegemilangannya bersama Cherbourg, Olympique Marseille membawanya pada musim panas 2014.

Sayang, di Marseille, Mendy hanya menjadi kiper pilihan ke-3 setelah Steve Mandanda dan Yohann Pelé. Lagi-lagi, Mendy diturunkan ke level yang lebih rendah, yakni ke tim Marseille junior. Hingga pada akhirnya, Stade de Reims berhasil memboyongnya pada tahun 2016. Ia menandatangani kontrak profesional pertamanya di usia 24 tahun.

Bersinar di Reims dan Rennes

Mengawali karir sebagai pelapis Johann Carrasco, Mendy berhasil catatkan tiga clean sheet di tujuh laga berikutnya. Ia kemudian diberi kepercayaan untuk tampil secara reguler di musim 2017/2018, dan membantu Reims memenangkan gelar Ligue 2. Karir Mendy kemudian berlanjut ke Stade Rennais ketika ia bergabung pada Agustus tahun 2019.

Mendy mungkin hanya berstatus sebagai pemain baru kala itu. Namun, kehadiran kiper 28 tahun sudah berikan dampak besar untuk klub. Menurut 90min, Mendy punya persentase penyelamatan sebesar 78,4 persen. Ini menjadikannya sebagai kiper dengan persentase penyelamatan terbesar ke-3 di kompetisi kasta pertama Prancis tersebut.

Karir Internasional

Terlahir dari orangtua asal Senegal dan Guinea-Bissau, Mendy punya dua pilihan dalam hal melakoni karir internasionalnya. Pada November 2016, Mendy mendapat  panggilan dari timnas Guinea-Bissau dalam laga persahabatan. Karena ingin membahagiakan sang ayah yang saat itu tengah sakit keras, Mendy akhirnya mau memperkuat timnas Guinea-Bissau.

“Saya mengalami masa-masa pribadi yang agak rumit saat itu.” Katanya, mengingat keputusannya tersebut. “Saya hampir kehilangan ayah saya, seseorang yang berasal dari Guinea, yang saat itu tengah sakit parah. Keputusan saya itu adalah keputusan untuk membuat dia bahagia, bukan untuk saya sendiri.”

Tak lama setelah itu, Guinea-Bissau kembali berencana membawa Mendy dalam skuad Piala Afrika tahun 2017. Namun, Mendy menolak dan akhirnya memilih untuk bergabung dengan Senegal. Hingga saat ini, kiper berusia 28 tahun tersebut telah catatkan delapan penampilan bersama timnas Senegal.

Dikagumi Sosok-Sosok Hebat Chelsea

Dalam urusan karir, Édouard Mendy mungkin merupakan salah satu pemain yang telat bersinar. Seperti halnya Jamie Vardy dari Leicester City. Namun, sebagai kiper, ia punya catatan yang luar biasa. Bahkan, kiper legendaris yang kini menjabat sebagai penasihat teknis Chelsea, Petr Čech pernah menyatakan kekagumannya terhadap Mendy.

Menurut pelatih kiper Chelsea, Christophe Lollichon, Mendy adalah kiper yang proaktif dan akan cocok jika bermain di Premier League. “Dia adalah pemain yang saya panggil proaktif. Kiper yang sangat berpengaruh dalam permainan.” Kata pelatih yang juga pernah melatih Čech tersebut.

Profil Édouard Mendy, Kiper Hebat yang Telat Bersinar
Profil Édouard Mendy, Kiper Hebat yang Telat Bersinar

“Reims melakukan kerja yang bagus untuknya. Mungkin, di Marseille, mereka tak menyadari bakat yang ada dalam dirinya. Atau mungkin itu bukan waktu yang tepat. Dalam segala hal, dia adalah penjaga gawang yang hebat. Dia juga kiper yang selalu kami (Chelsea) ikuti di Premier League.”

Baca Juga : Prediksi Liverpool vs Leeds United Duel Sang Juara 12 September 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here