Beranda Berita Profil Marko Grujić Pemain Liverpool yang Langganan Dipinjamkan

Profil Marko Grujić Pemain Liverpool yang Langganan Dipinjamkan

79
0
Profil Marko Grujić Pemain Liverpool yang Langganan Dipinjamkan
Profil Marko Grujić Pemain Liverpool yang Langganan Dipinjamkan

Profil Marko Grujić Pemain Liverpool yang Langganan Dipinjamkan – Musim 2020/2021 kali ini lagi-lagi menjadi musim dimana Marko Grujić harus menjalani masa bermain bersama klub lain selain Liverpool. Sejak didatangkan dari Red Star Belgrade, Grujić, telah dipinjamkan, setidaknya ke empat klub berbeda. Teranyar, The Reds baru saja menyerahkan pemainnya tersebut ke klub Portugal, Porto, dengan status peminjaman.

Grujić sendiri merupakan seorang pemain yang berasal dari Serbia. Sepanjang karirnya, ia telah memperkuat enam klub berbeda, termasuk sebagai pemain pinjaman. Ia juga sudah tampil di berbagai level timnas Serbia, yaitu U-16, U-17, U-19, U-20, U-21 dan level senior. Kini, ia akan tampil pertama kali bersama Porto di Portugal.

Sukses di Red Star, dan Target Para Raksasa

Marko Grujić adalah pemain yang lahir pada tanggal 13 April 1996 di Belgrade, Yugoslavia, yang sekarang sudah terpecah menjadi beberapa negara. Uniknya, ayah Marko Grujić adalah seorang jurnalis sepakbola, Goran Grujić. Ia mengawali karirnya bersama klub asal Serbia, Red Star Belgrade.

Ketika memperkuat tim junior Red Star, Grujić tampil gemilang dan menjadi kapten di generasinya. Ia melakoni laga debutnya bersama Red Star pada 26 Mei 2013, dan sejak saat itu, ia sukses mengantar Red Star meaih capaian luar biasa. Grujić mempersembahkan gelar Serbian SuperLiga pada musim 2015/2016, yang menjadi gelar ke-19 bagi mereka.

Performa menawan Grujić bersama tim Serbia membuat banyak raksasa Eropa, seperti Liverpool, Inter, Juventus dan AC Milan tertarik untuk mendatangkannya. Setelah mendapat bujukan dari pelatih Liverpool, Jürgen Klopp, Grujić akhirnya yakin merapat ke Anfield. Liverpool memenangkan jasa Grujić dengan menebusnya senilai 5,1 juta poundsterling.

Rentetan Peminjaman Bersama Liverpool

Sayang, sejak tahun 2018, dua tahun usai Grujić bergabung, Liverpool memilih meminjamkannya pada klub kasta ke-2 Inggris Cardiff. Grujić kembali ke Liverpool pada akhir Mei 2018. Namun, pada akhirnya, klub asal kota Merseyside kembali meminjamkannya, kali ini kepada klub Bundesliga, Hertha Berlin pada bulan Agustus.

Profil Marko Grujić Pemain Liverpool yang Langganan Dipinjamkan
Profil Marko Grujić Pemain Liverpool yang Langganan Dipinjamkan

Siapa sangka, bersama Hertha Berlin, Grujić tampil mengesankan, dengan mencetak lima gol dari 23 penampilannya di semua kompetisi pada musim 2018/2019. Mungkin inilah yang membuat Hertha kemudian memperpanjang masa peminjamannya. Grujić kembali tampil bersama tim asal ibukota Jerman sebagai pemain pinjaman hingga musim 2019/2020.

Kembali lagi ke Liverpool di awal musim 2020/2021, Grujić harus kembali menerima kenyataan bahwa The Reds akan kembali meminjamkannya. Kali ini, klub Portugal, Porto lah yang memenangkan tanda tangan pemain berusia 24 tahun tersebut. Porto mengontrak Grujić selama semusim ke depan, dan akan memberinya nomor  punggung 16.

Karir Internasional

Sementara itu, di level tim nasional, Grujić juga telah memperkuat timnas Serbia di berbagai level, baik di level junior, maupun di level senior. Ia memulai karir internasionalnya bersama timnas Serbia U-16. Kemudian, naik ke tingkat yang lebih tinggi, ia berhasil membawa Serbia U-20 menjuarai turnamen Piala Dunia U-20 tahun 2015.

Per bulan Mei 2016, Grujić resmi menjadi bagian dari timnas senior Serbia. Pada 2018, ia terpilih menjadi salah satu pemain yang mewakili Serbia di ajang Piala Dunia di Rusia. Namun, ia tak tampil sama sekali dalam turnamen ini. Grujić saat ini tercatat telah catatkan delapan penampilan selama memperkuat timnas senior Serbia.

Penerus Matić dan Gelandang Terbaik Hertha Berlin

Berstatus sebagai salah satu pemain muda terbaik dalam generasinya, Marko Grujić memiliki berbagai skill yang membuatnya disebut sebagai salah satu gelandang terbaik. Berkat penampilan fisik dan gaya bermainnya, banyak orang yang menyebutnya ‘The New Matić’. Selain itu, ia juga punya kemampuan menembak yang cukup bagus.

Salah satu penampilan terbaik Grujić, ia lakoni bersama klub Bundesliga, Hertha Berlin. Mantan manajer Hertha, Pál Dárdai, bahkan pernah menyebutnya sebagai gelandang terbaik yang pernah ia lihat bersama tim asuhannya tersebut. Secara terang-terangan, ia bahkan mengakui bahwa Grujić tampil lebih baik dibanding dirinya dahulu.

“Saat ini, saya sudah 22 tahun bersama Hertha.” Kata Dárdai, seperti dikutip dari laman resmi Bundesliga. “Tak ada maksud untuk merendahkan orang lain, tapi Marko, sejauh ini adalah gelandang terbaik yang saya saksikan sepanjang bersama klub. Dia punya kemampuan luar biasa, dan jauh lebih baik dari saya, dahulu.”

Baca Juga : Prediksi Brazil vs Bolivia 10 Oktober 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here