Beranda Berita Profil Mbwana Samatta Penyerang Tanzania Penggemar Didier Drogba

Profil Mbwana Samatta Penyerang Tanzania Penggemar Didier Drogba

78
0
Profil Mbwana Samatta Penyerang Tanzania Penggemar Didier Drogba
Profil Mbwana Samatta Penyerang Tanzania Penggemar Didier Drogba

Profil Mbwana Samatta Penyerang Tanzania Penggemar Didier Drogba – Beberapa dari kita mungkin masih asing jika diperdengarkan dengan nama Mbwana Samatta. Meski bukan salah satu negara dengan tradisi sepakbola kuat, Tanzania terbukti masih mampu melahirkan talenta-talenta hebat seperti Samatta ini. Ia memang tak banyak dikenal. Tapi, soal performa, pemain 27 tahun hendaknya tak perlu diragukan.

Selama karirnya, Mbwana Samatta, tercatat telah membela sejumlah klub asal Eropa, seperti Genk, Aston Villa, hingga baru-baru ini, ia merapat ke klub Turki, Fenerbahçe. Samatta juga merupakan sosok penting bagi Tanzania. Tampil perdana pada 2011 silam, ia kini memegang jabatan sebagai seorang kapten timnas Tanzania.

Sukses di Afrika, Hingga Eropa

Pemain bernama lengkap Mbwana Ally Samatta ini dilahirkan pada tanggal 23 Desember 1992. Samatta terlahir dari ayah yang merupakan pensiunan polisi, Ally Samatta. Ia lahir di Dar es-Salam. Kota ini merupakan kota terluas di wilayah Afrika Timur, serta merupakan bagian dari pesisir Swahili.

Memulai karir profesionalnya bersama Simba SC pada 2010, Samatta pindah, hanya setengah musim kemudian ke klub Afrika lain, TP Mazembe. Di klub asal Kongo inilah karirnya semakin cemerlang. Setelah lima musim memperkuat Mazembe, berbagai gelar hadir untuk menghiasi karir pemain 27 tahun tersebut.

Pada tahun 2015, ia dinobatkan sebagai African based Player of the Year. Capaian ini tak ia raih secara cuma-cuma. Adalah pencapaian gemilangnya bersama Mazembe di CAF Champions League, Liga Champions Afrika, yang mengantarnya meraih penghargaan ini. Samatta sukses menjadi top skor, sekaligus mengantar timnya menjuarai ajang tersebut.

Sejak bulan Januari 2016, Samatta memulai perjalanannya di Eropa bersama tim asal Belgia, KRC Genk. Pada tahun 2018, ia berhasil membawa Genk lolos ke babak grup UEFA Europa League, serta setahun berikutnya, ia berhasil membawa Genk juarai Belgian Pro League. Atas performanya, ia dianugerahi gelar Ebony Shoe di tahun yang sama.

Usai melalui karir yang begitu cemerlang di negerinya sendiri hingga ke Belgia, Samatta bergabung dengan klub Inggirs, Aston Villa. Diresmikan pada bulan Januari 2020, Samatta menjadi pemain Tanzania pertama yang bermain di Premier League. Sebulan kemudian, ia menjadi orang Tanzania pertama yang mencetak gol di kompetisi EPL.

Sosok Penting Timnas Tanzania

Melakoni debut pada Februari tahun 2011 Samatta sudah memegang peran penting dalam skuad timnas Tanzania. Sampai saat ini, Samatta tercatat sudah memainkan 51 pertandingan bersama Tanzania, dengan catatkan 18 gol. Setelah membawa Tanzania lolos ke African Cup of Nations 2019, Samatta kini targetkan Piala Dunia 2022.

Profil Mbwana Samatta Penyerang Tanzania Penggemar Didier Drogba
Profil Mbwana Samatta Penyerang Tanzania Penggemar Didier Drogba

“Ya, itu (lolos ke Piala Dunia) akan menjadi sesuatu yang luar biasa dan akan melengkapi perjalanan karir saya di dunia sepakbola.” Katanya, mengutip laman FIFA. “Setelah itu, tak ada hal lain yang saya bisa pikirkan selain pensiun. Lolos ke turnamen itu jelas adalah kenangan terindah dalam karir saya dan itu akan menjadi hal yang luar biasa.”

Striker Tajam Penggemar Didier Drogba

Dengan capaian gol yang cukup banyak bersama sejumlah klub yang pernah ia bela, Samatta jelas merupakan pemain dengan insting mencetak gol tinggi. Samatta akan menyelesaikan peluang sebanyak apapun yang sudah ia dapatkan. Catatan gemilangnya di Genk menjadi bukti bahwa ia punya kemampuan menyambar bola dan menyelesaikannya menjadi gol.

Sebagai putra seorang pensiunan polisi dari Afrika, Mbwana Samatta bisa saja berakhir sebagai seorang tentara, atau sebagai pekerja biasa. Namun, Samatta tak pernah menyerah, meski ia sendiri pernah terpikir untuk menjadi seorang tentara. Nasibnya kemudian berubah ketika klub lokal asal Mbagala menemukannya dan membawanya.

Di awal kedatangannya ke EPL, Samatta mengaku bahwa bermain di kompetisi kasta tertinggi Inggris selalu menjadi impiannya. Banyak pemain yang ia idolai di sini, seperti David Beckham, Cristiano Ronaldo, dan Thierry Henry. Namun, satu sosok yang paling ia idolakan dan paling ingin ia tiru adalah mantan penyerang Chelsea, Didier Drogba.

“Bermain di Liga Primer Inggris selalu menjadi mimpi saya.” Katanya. “Di Tanzania, ini adalah kompetisi favorit kami. Saya suka Manchester United karena David Beckham. Kemudian datang Cristiano Ronaldo, tapi saya lebih suka Thierry Henry. Dan Didier Drogba adalah yang paling saya suka, saya ingin seperti dia dan meniru semua bakatnya.”

Baca Juga : Emre Can Pemain Versatile Asal Jerman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here