Beranda Berita Profil Dominik Szoboszlai Gelandang Cerdas Dan Masa Depan Hongaria

Profil Dominik Szoboszlai Gelandang Cerdas Dan Masa Depan Hongaria

65
0
Profil Dominik Szoboszlai Gelandang Cerdas Dan Masa Depan Hongaria
Profil Dominik Szoboszlai Gelandang Cerdas Dan Masa Depan Hongaria

Profil Dominik Szoboszlai Gelandang Cerdas Dan Masa Depan Hongaria – Klub asal Austria, RB Salzburg, dalam beberapa tahun terakhir sepertinya telah berhasil lahirkan talenta-talenta berbakat sepakbola. Sebut saja Erling Haaland, Dayot Upamecano, hingga Sadio Mané dan Valentino Lazaro. Semua pemain tersebut adalah beberapa contoh eks pemain Salzburg yang kini bersinar di klub-klub papan atas Eropa.

Setelah kepergian sejumlah bintang, sejumlah bintang lain terbit di klub ini. Salah satunya adalah Dominik Szoboszlai, pemain yang disebut bintang masa depan Hongaria. Szoboszlai sendiri merupakan pemain Salzburg yang biasa dimainkan sebagai gelandang. Di usianya yang belum genap 20 tahun, ia sudah lesatkan 34 gol dan 41 assist sepanjang karirnya.

Putra Mantan Pesepakbola Hongaria

Dominik Szboszlai dilahirkan pada tanggal 25 Oktober 2000 di Székesfehérvár, sebuah kota yang terletak di pusat Hongaria dan menjadi kota terluas ke-9 di negara tersebut. Szoboszlai terlahir dari seorang ayah yang merupakan mantan pesepakbola. Ayahnya, Zsolt Szboszlai, adalah mantan penyerang yang pernah memperkuat sejumlah tim asal Hongaria.

Sejak kecil, menjadi seorang pesepakbola, seperti sang ayah, selalu menjadi impian Szoboszlai. Inilah yang ia ungkapkan dalam sebuah sesi wawancara yang dimuat di laman resmi RB Salzburg. Szoboszlai mengaku bahwa ayah yang juga menjadi pelatihnya tersebut adalah sosok yang menginspirasinya terjun ke dunia sepakbola.

“Saya lahir dan tumbuh di Székesfehérvár. Ayah saya adalah seorang mantan pesepakbola yang juga menjadi pelatih masa muda saya. Sepakbola selalu menjadi fokus utama kehidupan saya. Tapi saya tak punya ruang bermain, lapangan, ataupun bola sepak.” Kata Szoboszlai mengenang masa-masa awalnya mengenal sepakbola.

Profil Dominik Szoboszlai Gelandang Cerdas Dan Masa Depan Hongaria
Profil Dominik Szoboszlai Gelandang Cerdas Dan Masa Depan Hongaria

“Ayah saya adalah sosok terpenting dalam hidup saya. Kami bermain sepakbola bersama, siang dan malam. Dia adalah orang yang cerdas dan tahu betul apa yang saya butuhkan untuk meraih tujuan saya. Sudah jelas, sejak saya lahir, saya akan bermain sepakbola. Ayah saya dulunya juga pesepakbola, jadi ini adalah keputusan yang mudah bagi saya.”

Rentetan Prestasi di Level Klub

Meski dikenal sebagai pemain RB Salzburg, Szoboszlai sejatinya mengawali karirnya bukan di tim ini, melainkan di klub Austria lain, Liefering. Ia melakoni laga debutnya bersama Liefering pada 21 Juli 2017. Sebelumnya, Szoboszlai juga pernah memperkuat RB Salzburg U-18 selama empat bulan pada bulan Maret hingga Juli 2017.

Salzburg akhirnya mengembalikan Szoboszlai pada Januari 2018 dan kemudian membawanya tampil perdana di laga melawan Austria Wien, 27 Mei 2018 silam. Semusim berselang, tepatnya pada 2019/2020, Szoboszlai tampil semakin bagus dengan catatkan sebelas gol dari 29 laga.

Musim lalu, Szoboszlai kembali tampil memukau. Ia berhasil catatkan sembilan gol dan 14 assist di ajang Bundesliga Austria. Szoboszlai juga terpilih menjadi pemain terbaik Bundesliga musim 2019/2020. Catatan 12 gol di semua ajang juga membuatnya menjadi target incaran sejumlah raksasa Eropa.

Karir Internasional

Tak hanya berprestasi di level klub, Dominik Szoboszlai juga tampil gemilang bersama timnas Hongaria. Ia terpilih menjadi kapten timnas U-17 dalam turnamen Piala Eropa U-17 tahun 2017 di Kroasia dan sukses mengantar tim ini duduki peringkat ke-6. Kemudian, Szoboszlai juga tampil di level U-19 dan U-21.

Pernah terpilih sebagai punggawa timnas senior di kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2020, Szoboszlai kembali mendapat kesempatan memperkuat Hongaria. Ia tampil kembali di ajang UEFA Nations League musim 2020/2021. Pemain 19 tahun ini menjadi salah satu pemain yang diturunkan saat Hongaria menang atas Turki.

Gelandang Serba Bisa dan Cerdas

Menurut laman Transfermarkt, Dominik Szoboszlai memiliki posisi sejati sebagai seorang gelandang serang. Namun, selain menjadi gelandang serang, ia juga bisa ditempatkan sebagai seorang winger, atau second striker. Pelatih Salzburg, Jesse Marsch sering menempatkannya di posisi-posisi tersebut dalam skema permainan andalannya, 3-4-1-2, 3-1-4-2 atau 4-4-2.

Citra seorang gelandang yang punya visi dan pemahaman tentang permainan juga dimiliki oleh Szoboszlai. Menurut penuturannya sendiri, Szoboszlai menyebut bahwa dirinya mirip dengan Toni Kroos dan Paul Pogba dalam hal gaya bermain. Bagaimanapun, Szoboszlai adalah pemain yang bertipe mirip dengan dua pemain tersebut.

Visi dan pemahaman tentang permainan juga membuat Szoboszlai menjadi pemain yang ditakuti dan dicap berbahaya oleh para defender lawan. Secara fisik, ia mungkin tak begitu kuat. Namun, karena kecerdasannya, Szoboszlai tetap piawai mempertahankan bola. Ia juga memegang peran penting sebagai pembangun serangan di Salzburg.

Baca Juga : Pemain Muda Berbahaya MU Mason Greenwood Namanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here