Beranda Berita Profil Eduardo Camavinga Dari Kamp Pengungsian Menjadi Pemuda Pencetak Rekor

Profil Eduardo Camavinga Dari Kamp Pengungsian Menjadi Pemuda Pencetak Rekor

71
0
Profil Eduardo Camavinga Dari Kamp Pengungsian Menjadi Pemuda Pencetak Rekor
Profil Eduardo Camavinga Dari Kamp Pengungsian Menjadi Pemuda Pencetak Rekor

Profil Eduardo Camavinga Dari Kamp Pengungsian Menjadi Pemuda Pencetak Rekor – Prancis, sepertinya saat ini tengah sukses dengan beberapa pemain muda yang bermain di kompetisi domestiknya. Teranyar, ada satu nama yang tengah mencuri sensasi, yaitu, Eduardo Camavinga. Camavinga merupakan pemain yang saat ini memperkuat Stade Rennais, dan kabarnya, tengah menjadi incaran sejumlah klub papan atas Eropa.

Klub-klub top, termasuk raksasa Spanyol, Real Madrid, kini dikabarkan tengah meminati jasa pemain berusia 17 tahun tersebut. Ketertarikan Madrid ini memang dirasa wajar mengingat sang pemain tampil menawan bersama klubnya saat ini. Ia bahkan telah mendapat kepercayaan dari pelatih Didier Deschamps untuk membela timnas senior.

Kamp Pengungsi, Hingga Kegemaran Berjudo

Di balik kesuksesannya sekarang bersama Rennes, Eduardo Camavinga ternyata memiliki masa kecil yang terbilang memprihatinkan. Camavinga yang lahir pada tanggal 10 November 2002 ini dilahirkan di sebuah kamp pengungsian. Ia adalah putra pasangan asal Kongo, lebih tepatnya dari Kinshasa, ibukota Kongo.

Terlahir di kamp pengungsi, Camavinga dan keluarganya hijrah ke Prancis ketika ia masih berusia 2 tahun. Lebih tepatnya, Camavinga dan keluarganya pindah ke Fougères, Prancis, tempat di mana ia dibesarkan dan tumbuh. Salah satu kunci kesuksesannya kini, mungkin adalah karena tragedi kebakaran yang pernah menimpa keluarganya, semasa kecil

Satu hal yang cukup menarik adalah, semasa kecil, ia adalah anak yang menggemari olahraga judo. Olahraga bela diri bahkan menjadi olahraga favoritnya semasa kecil. Namun, sepakbola tetap menjadi mimpinya suatu saat nanti. Pada akhirnya, Camavinga meninggalkan total olahraga judo dan memilih fokus menekuni sepakbola.

Rentetan Rekor di Rennes

Camavinga mengawali perjalanan sepakbolanya bersama Rennes, sejak masih berusia 11 tahun. Ia kemudian menandatangani kontrak profesionalnya bersama Rennes, pada 14 Desember 2018, di usia yang masih menginjak 16 tahun. Penandatanganan kontrak ini membuatnya sah menjadi pemain profesional termuda dalam sejarah klub.

Profil Eduardo Camavinga Dari Kamp Pengungsian Menjadi Pemuda Pencetak Rekor
Profil Eduardo Camavinga Dari Kamp Pengungsian Menjadi Pemuda Pencetak Rekor

Rekor yang dicatatkan Camavinga bersama Rennes tak berhenti sampai di sana. Ia melakoni debut profesionalnya bersama tim ini pada 19 April 2019. Bermain di pertandingan melawan Angers yang berakhir dengan skor 3-3, Camavinga kala itu masih berusia 16 tahun, 4 bulan. Ini membuatnya menjadi pemain termuda yang tampil memperkuat tim utama Rennes.

Musim lalu, Camavinga tampil cukup mengesankan bersama tim asal Prancis, dengan bukukan satu gol dan dua assist dari 36 laga yang ia mainkan di semua kompetisi. Kini, ia tengah digosipkan menjadi target sejumlah raksasa Eropa, termasuk Real Madrid. Namun, gosip tersebut tak berpengaruh, dengan ia tetap catatkan satu gol dan satu assist di musim ini.

Berbagai Rekor Berlanjut di Timnas

Sejak tanggal 5 November 2019, Camavinga yang telah menetap di Prancis sejak usia 2 tahun, resmi mendapatkan kebangsaan Prancis. Ini membuatnya dapat mewakili timnas Prancis, sebuah mimpi yang terwujud beberapa hari berselang. Camavinga mengawali karir internasionalnya bersama Prancis U-21 dalam laga melawan Georgia dan Swiss.

Pada 27 Agustus 2020, setelah gelandang andalan Prancis, Paul Pogba, dikabarkan positif COVID-19, Camavinga tampil perdana untuk tim senior. Lagi-lagi, ia berhasil catatkan rekor di sini, dengan menjadi pemain termuda sejak 1932 yang dipanggil ke tim senior. Ia mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang René Gérard, sekitar 78 tahun yang lalu.

Pelatih Didier Deschamps kemudian memberi kepercayaan pada Camavinga untuk tampil sebagai starter di laga uji coba kontra Ukraina, Rabu (7/10) lalu. Di laga ini, ia mencetak gol pertamanya untuk Prancis dengan melakukan overhead kick. Sekali lagi, ia catatkan rekor sebagai pencetak gol termuda Les Bleus, sejak Maurice Gastiger pada 1914 silam.

Kematangan yang Diakui Deschamps dan Giroud

Seorang pemain muda, dengan segudang bakat yang tersimpan dalam dirinya, itulah Eduardo Camavinga. Status ini bahkan telah diakui sejumlah sosok terkenal Prancis, termasuk Didier Deschamps dan Olivier Giroud. Kedua sosok penting dalam timnas Prancis ini mengaku terkesan dengan penampilan Camavinga di level tertinggi timnas.

Dikutip dari laman resmi FIFA, Deschamps mengatakan bahwa ia yakin bahwa Camavinga akan sukses, suatu hari nanti. Ia menilai, kehadiran Camavinga sangat penting bagi tim asuhannya. Sementara itu, Giroud juga mengungkapkan hal senada. Selain itu, kapten timnas Prancis menilai bahwa Camavinga merupakan sosok yang menyenangkan.

Baca Juga : Tolak MU Dembele Ternyata Ingin Ke Juventus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here