Beranda Berita Profil Marc Roca Titisan Xabi Alonso di Bayern München

Profil Marc Roca Titisan Xabi Alonso di Bayern München

68
0
Profil Marc Roca Titisan Xabi Alonso di Bayern München
Profil Marc Roca Titisan Xabi Alonso di Bayern München

Profil Marc Roca Titisan Xabi Alonso di Bayern München – Mantan pemain Espanyol, Marc Roca, kini tengah naik daun usai kabar kepindahannya ke Bayern München mencuat ke permukaan. Marc Roca dikabarkan mendarat ke Bayern pada Minggu (4/10) waktu setempat. Untuk mendapatkan jasa pemain berusia 23 tahun, skuad Hansi Flick dikabarkan merogoh kocek hanya sebesar 9 juta euro saja.

Marc Roca sendiri merupakan salah satu produk jebolan asli akademi Espanyol. Sejak melakoni debut untuk tim senior, Roca, tampil semakin impresif. Dan sejak saat itu pula, namanya dikabarkan tengah menjadi sasaran sejumlah klub-klub Eropa. Ia juga merupakan bagian dari timnas Spanyol U-21 yang tampil di ajang Piala Eropa U-21 pada 2019 silam.

Memilih Jalan Berbeda

Catalan, sepertinya tak pernah berhenti melahirkan para pesepakbola berkualitas. Setelah lahirnya beberapa nama seperti Xavi, hingga Gerard Piqué, kini ada satu nama lagi. Ya, tentunya, ia adalah Marc Roca. Marc Roca dilahirkan pada tanggal 26 November 1996 di Vilafranca, sebuah tempat yang masih berada dalam satu kawasan bersama Catalonia.

Roca, yang terlahir di Catalan sepertinya memilih jalan lain dibanding banyak anak yang ingin menimba ilmu di akademi La Masia yang tersohor. Alih-alih datang ke akademi klub FC Barcelona, Roca justru ikut serta ke dalam akademi rival sekotanya, Espanyol. Ia bergabung dengan akademi ini pada 2008 di usia 11 tahun.

Pada 24 Agustus 2014, Marc Roca mengawali karirnya bersama tim B Espanyol dalam pertandingan menghadapi Lleida Esportiu. Kemudian, ia mulai mendapat kepercayaan untuk memperkuat tim senior pada Agustus 2016, di usianya yang ke-20 tahun. Sejak saat itu, Roca sudah mainkan 121 laga, dengan mencetak tiga gol dan enam assist.

Mirip Xabi Alonso

Mengutip laman web resmi Bundesliga, Bayer, diketahui mendatangkan Roca karena menginginkan kemampuan bertahan dan menyerang yang lebih baik. Musim lalu, Roca rata-rata mendapat tujuh challenge per laga, lebih banyak dari gelandang Bayern di Bundesliga. Sementara akurasi passing 89 persennya hanya mampu diungguli Thiago (92 persen).

Dengan gaya bermain yang demikian, Marc Roca kerap disandingkan dengan salah satu pemain legendaris asal Spanyol lainnya, Xabi Alonso. Dalam hal akurasi umpan, serta kecerdasannya membaca permainan, Roca disebut mirip dengan Alonso. Selain itu, dalam hal bertahan, ia juga disebut mirip dengan gelandang Barcelona, Sergio Busquets.

Secara terang-terangan, Roca juga pernah mengakui bahwa ia merupakan penggemar Xabi Alonso dan mengaku menyukai gaya bermain mantan gelandang timnas Spanyol tersebut. “Saya selalu menyukai Xabi Alonso, sangat menyukainya. Dia menyerang dan bertahan dengan begitu bagus, itulah yang dibutuhkan tim, saya berusaha menjadi seperti dia.”

Profil Marc Roca Titisan Xabi Alonso di Bayern München
Profil Marc Roca Titisan Xabi Alonso di Bayern München

Menilik fakta ketika berada di lapangan, Marc Roca memang memiliki posisi yang mirip dengan Xabi Alonso, yakni sebagai seorang gelandang bertahan. “Dalam posisi (bermain) saya, penting untuk tetap waspada. Anda juga harus bermain tanpa berpikir panjang, jadi, itulah cara saya berlatih, bermain tanpa pikir panjang.”

Berprestasi di Timnas Spanyol Junior

Selain gaya bermain, prestasi, juga menjadi salah satu alasan mengapa Bayern mau meminang mantan pemain Espanyol tersebut. Bersama Los Periquitos, Roca mungkin belum pernah menjuarai satu gelarpun. Namun, di level tim nasional, Roca sudah pernah memenangkan gelar bersama Spanyol U-21.

Tampil perdana di babak kualifikasi Piala Eropa U-21 tahun 2019, Roca lantas dibawa menuju putaran final turnamen. Ia hanya dimainkan sekali di fase Grup kompetisi antarnegara level junior ini. Namun, di babak semifinal dan final, ia bermain penuh dan berhasil mempersembahkan trofi ke-5 bagi Spanyol di ajang ini.

Pernah Memperkuat Catalonia

Satu hal lagi yang unik dalam karir internasional Marc Roca adalah, ia pernah memperkuat timnas Catalonia. Tiga nama legenda Barcelona, Gerard Piqué, Jordi Alba, dan Sergio Busquets absen dalam laga menghadapi Tunisia pada tahun 2011 lalu. Tapi, Roca dimainkan bersama legenda Barca lain, Xavi, dalam laga yang dimenangkan Tunisia ini.

Catalonia sendiri merupakan sebuah tim nasional yang mempunyai federasi sepakbola sendiri, yakni Catalan Football Federation. Namun, asosiasi ini tak terhubung dengan FIFA maupun UEFA, sehingga tak dapat mengikuti turnamen resmi. Jadi, dengan kata lain, timnas Catalaonia hanya diperbolehkan untuk bermain di pertandingan persahabatan.

Baca Juga : Dani Carvajal Bek Kanan Modern La Furia Roja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here