Beranda Berita Profil Vitinha Generasi Emas Portugal dan Salah Satu Rekrutan Teranyar Wolves

Profil Vitinha Generasi Emas Portugal dan Salah Satu Rekrutan Teranyar Wolves

68
0

Profil Vitinha Generasi Emas Portugal dan Salah Satu Rekrutan Teranyar Wolves – Bursa transfer musim panas 2020 ini memang belum resmi ditutup. Geliat klub Inggris, Wolverhampton Wanderers dalam mendatangkan pemain terlihat agresif. Sejumlah pemain sudah berhasil didaratkan tim asuhan Nuno Espírito Santo tersebut. Teranyar, mereka kembali datangkan talenta muda Porto, Vitinha.

Kedatangan pemain bernama lengkap Vítor Machado Ferreira menjadikan dirinya sebagai pemain Porto ke-2 yang berhasil didapatkan Wolves. Sebelumnya, mereka juga berhasil dapatkan bintang Porto yang juga salah satu teman Vitinha, Fábio Silva. Jika Fábio datang ke Wolves dengan status full transfer, maka Vitinha datang hanya sebagai pemain pinjaman.

Penampilan Cemerlang Bersama Porto

Memiliki nama lengkap Vítor Machado Ferreira, Vitinha dilahirkan pada tanggal 13 Februari 2000 di Póvoa de Lanhoso. Póvoa de Lanhoso ini merupakan sebuah kota yang masih berada dalam satu kawasan bersama Braga, Portugal. Mengutip dari laman web resmi Wolves, Vitinha mengawali karirnya di klub asal kota kelahirannya tersebut.

Vitinha memulai perjalanan karirnya bersama klub tersebut di usia ke-8 tahun. Póvoa Lanhoso sendiri punya reputasi bagus dalam membawa para pemainnya ke Porto. Vitinha adalah salah satunya. Ia bergabung dengan Porto di usia sebelas tahun, dan kini, ia telah menghabiskan sepanjang karirnya bersama klub asal Portugal ini.

Tak butuh waktu lama bagi Vitinha untuk melaju ke tim muda Porto. Pada musim 2015/2016, permainan Vitinha semakin berkembang ketika ia dipinjamkan ke Padroense. Kemudian, semusim setelahnya, ia kembali ke Porto. Ia bahkan mampu membawa Porto ke final UEFA Youth League 2017/2018, meski kemudian tak dimainkan di laga final melawan Chelsea.

Musim berikutnya, yakni di musim 2018/2019, Vitinha berhasil mengakhiri kompetisi di level junior dengan mengemas 15 penampilan. Dua golnya ke gawang Académico de Viseu di awal tahun ini kemudian mengantarnya promosi ke tim utama. Vitinha berhasil menyelesaikan debutnya dengan mendapat trofi Primeria Liga Portugal bersama Porto.

Bibit Muda Masa Depan Portugal

Di level klub, Vitinha memang berhasil tunjukkan performa impresif. Tapi, penampilannya bersama timnas Portugal junior juga tak kalah menawan. Ikut memperkuat Portugal U-19 di ajang Toulon Tournament, penampilan Vitinha berhasil mencuri perhatian. Ia sukses menyabet gelar sebagai pemain terbaik dalam kompetisi antar negara tersebut.

Generasi Emas dan Pemain Modern

Masih berusia muda, Vitinha disebut memiliki segala atribut yang dimiliki pemain hebat. Salah satu reporter asal Portugal, Rui Miguel Melo juga menyebut sang pemain sebagai salah satu pemain modern. Ia juga disebut sebagai generasi emas Porto, bersama rekrutan anyar Wolves lainnya, Fábio Silva.

“Saya menyukainya.” Kata Rui mengomentari soal Vitinha. “Dia adalah pemain modern yang bermain sangat kuat di antara garis pertahanan lawan dan pertahanan sendiri. Vitinha adalah seorang gelandang serang. Seorang generasi terbaik Porto, bersama dengan Fábio Silva, mereka pernah memenangkan UEFA Youth League bersama Porto, tahun lalu.”

Sementara itu, CEO Wolves, Jeff Shi juga memuji penampilan rekrutan baru timnya tersebut. Menurutnya, Vitinha adalah pemain menarik dan talenta spesial. Dengan demikian, ia bisa jadi opsi untuk menyegarkan kekuatan tim di musim depan. Di samping itu, Vitinha juga sesuai dengan apa yang dibutuhkan Wolves saat ini.

Profil Vitinha Generasi Emas Portugal dan Salah Satu Rekrutan Teranyar Wolves
Profil Vitinha Generasi Emas Portugal dan Salah Satu Rekrutan Teranyar Wolves

“Kedatangan Vitinha adalah penandatanganan yang krusial dan berbanding lurus dengan keinginan kami untuk musim panas ini.” Kata Jeff Shi. “Dia adalah pemain muda istimewa dan menarik. Dengan teknik dan kreativitasnya, ia bisa membuat tim lebih segar. Kedatangan Vitinha menunjukkan bahwa kami berambisi mengembangkan tim utama untuk lebih baik.”

Kemiripan dengan Tiga Bintang Wolves

Ketika memperkuat Porto, Vitinha disebut memiliki perkembangan mirip dengan Rúben Neves. Namun, secara gaya main, ia lebih pantas disandingkan dengan João Moutinho. Dahulu, Neves dan Moutinho memang sudah menjadi idola dan dambaan para pemain akademi Porto.

Dengan kemampuannya yang disebut mirip dengan Moutinho, sepertinya tak akan ada yang dapat mempengaruhi perkembangannya di Wolves, selain dirinya sendiri. Mungkin, saat ini, Vitinha lebih dikenal sebagai seorang gelandang. Namun, di samping gelandang, ia juga punya kemampuan untuk menjadi penyerang jika dibutuhkan.

Beberapa posisi tercatat telah ia mainkan bersama Porto. Kemampuan alaminya dalam membangun serangan sepertinya adalah sesuatu yang Wolves harapkan darinya. Ia punya kemampuan untuk menusuk, serta ciptakan umpan-umpan kreatif. 

Baca Juga : Foden Dan GreenWood Diduga Suap Staf Hotel Untuk Selundupkan 4 Gadis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here