Beranda Berita 5 Maskot Klub Sepakbola Paling Populer di Eropa

5 Maskot Klub Sepakbola Paling Populer di Eropa

134
0
5 Maskot Klub Sepakbola Paling Populer di Eropa
5 Maskot Klub Sepakbola Paling Populer di Eropa

5 Maskot Klub Sepakbola Paling Populer di Eropa – Baru-baru ini publik sepakbola tengah ramai membicarakan maskot Arsenal. Ya, maskot yang diberi nama Gunersaurus tersebut dikabarkan telah diputus kontrak oleh Arsenal mulai bulan Oktober ini. Keputusan tersebut terpaksa diambil seiring dengan merosotnya pendapatan klub akibat efek dari pandemi Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir.

Kabar pemecatan maskot The Gunners tersebut langsung mencuat dan menjadi salah satu trending topic di media sosial. Tak sedikit yang berempati kepada sang maskot. Bahkan, pemain dengan gaji termahal di Arsenal, Mesut Ozil, diberitakan akan menyerahkan sebagian besar gajinya kepada Gunersaurus. Hal tersebut dilakukan agar Gunersaurus tetap menjadi maskot Arsenal.

Selain Gunersaurus, ternyata masih banyak maskot-maskot klub sepakbola yang populer di benua biru dengan sederet cerita uniknya. Berikut ini merupakan daftar 5 maskot klub sepakbola paling terkenal di Eropa.

Gunersaurus – Arsenal

Maskot Arsenal ini sebelumnya selalu hadir kala Arsenal berlaga di Emirates Stadium. Gunersaurus ternyata diciptakan pada tahun 1994 oleh seorang fans Arsenal berusia 11 tahun bernama Peter Lovell. Bocah ini memilih dinosaurus sebagai maskot karena terinspirasi dari T-Rex yang ada di film Jurassic Park.

Seperti yang telah dibicarakan sebelumnya, saat ini Gunersaurus bisa dikatakan mengalami nasib yang cukup tragis. Karena krisis ekonomi yang dialami klub, ia terpaksa diberhentikan dan tak akan lagi tampil di hadapan publik saat Arsenal bertanding di Emirates Stadium.

Chripy Cockerel – Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur merupakan Rival abadi Arsenal yang sama-sama berasal dari London Utara. Klub yang dijuluki The Lily Whites tersebut seakan tak pernah bosan bersaing dengan sang rival. Mulai dari prestasi klub, supporter, hingga penggunaan maskot klub.

Jika Arsenal terkenal dengan Gunersaurusnya, Spurs memiliki maskot bernama Chripy Cockerel. Maskot Spurs tersebut berbentuk ayam. Ya, bukan burung lily seperti julukannya, Spurs justru memilih ayam sebagai maskotnya.

Namun, ternyata Spurs memiliki alasan dibalik pemilihan maskot tersebut. Chripy Cockerel berbentuk ayam karena Sir Harry Hotspurs, seorang pemimpin pemberontakan terhadap Raja Henry IV, sangat menyukai sabung ayam. Maskot ini telah lama digunakan sebagai identitas klub sejak awal abad ke-20.

Hammerhead – West Ham United

Kota London merupakan rumah dari sejumlah klub elit yang berkompetisi di Liga Premier Inggris. Selain Arsenal dan Spurs yang telah disinggung sebelumnya, West Ham United juga turut meramaikan persaingan sepakbola di Kota London.

Sama seperti para tetangganya, West Ham juga tak pernah ingin kalah. Mereka juga memiliki sebuah maskot yang cukup populer di tanah Eropa. Sesuai dengan julukannya, The Hammers, maskot West Ham tampak seperti sebuah palu. Maskot tersebut diberi nama Hammerhead karena memang kepalanya yang berbentuk seperti palu.

Hammerhead merupakan representasi dari klub yang kuat dan berani. Selain itu, bentuk tubuh Hammerhead tampak seperti robot yang menunjukkan bahwa West Ham selalu memberikan berusaha mengikuti perkembangan jaman.

Fred The Red – Manchester United

Liga Premier Inggris memiliki sejumlah klub elit dengan segudang prestasi di berbagai level kompetisi. Manchester United menjadi salah satu yang paling dikenal karena prestasi gemilangnya.

5 Maskot Klub Sepakbola Paling Populer di Eropa
5 Maskot Klub Sepakbola Paling Populer di Eropa

Dibalik sederet trofi yang berhasil mereka raih, United memiliki sebuah maskot yang menjadi kebanggaan klub. Maskot tersebut bernama Fred The Red yang merupakan sesosok setan merah, sesuai dengan julukan klub kebanggaan.

Fred merupakan hasil persilangan antara dua maskot United sebelumnya, Clifford the Big Red Dog dan The Son of Satan. Saat tampil di hadapan pendukungnya di Old Trafford, Fred kerap mengenakan jersey dengan nomor punggung 55.

Bart Simpson – Zenit St Petersburg

Sepakbola Rusia menjadi salah satu yang berkembang paling pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah klub dari negara tersebut kerap meramaikan berbagai kompetisi level tertinggi di kancah internasional.

Zenit St Petersburg menjadi salah satu klub yang cukup terkenal dari negara tersebut. Klub yang identik dengan warna biru tersebut memiliki maskot yang cukup banyak dikenal orang di seluruh dunia.

Zenit menunjuk Bart Simpson tokoh utama dalam serial kartun “The Simpson” untuk menjadi maskot klub. Zenit memulai kerja samanya dengan 20th Century Fox untuk mengontrak Bart Simpson sejak tahun 2014 lalu.

Keputusan Zenit menunjuk Bart sebagai maskot berbuah manis. Mereka sukses menarik cukup banyak perhatian masyarakat untuk hadir ke stadion saat Zenit bertanding.

Baca Juga : Lionel Messi Ajak Rombongan Setim Terbang ke Argentina Dengan Jet Pribadinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here