Beranda Berita Adam Lallana Mantan Bintang Anfield Yang Punya Masalah Jantung

Adam Lallana Mantan Bintang Anfield Yang Punya Masalah Jantung

132
0
Adam Lallana Mantan Bintang Anfield Yang Punya Masalah Jantung
Adam Lallana Mantan Bintang Anfield Yang Punya Masalah Jantung

Adam Lallana Mantan Bintang Anfield Yang Punya Masalah Jantung – Setelah enam tahun lamanya berkarir bersama Liverpool, Adam Lallana akhirnya resmi menjalin kontrak kerjasama dengan tim promosi Liga Premier musim 2020/2021 ini, Brighton & Hove Albion. Lallana diketahui telah menyetujui kontrak berdurasi tiga tahun.

Rumor Yang Menjadi Kenyataan

Sebagai seorang pemain sepak bola, Adam Lallana bukan lagi menjadi pemain muda karena sudah berusia 32 tahun. Kontraknya bersama Liverpool juga sudah berakhir pada Juli 2020 lalu. 

Lallana diketahui juga sempat menuliskan kata perpisahan di akun Instagram pribadinya, dan sempat tersirat rumor dirinya akan bergabung dengan The Seagulls, julukan dari Brighton & Hove Albion. Hingga akhirnya pada (28/7/2020) lalu pihak Brighton & Hove Albion mengumumkan secara resmi kepindahan dari Lallana.

Manajer Brighton & Hove Albion, Graham Potter menyambut baik kedatangan mantan bintang Liverpool tersebut. Dia mengaku pemain Timnas Inggris ini akan menambahkan kualitas timnya dan menjadi panutan para pemain muda The Seagulls. Terlebih lagi mereka kini adalah tim promosi, dan kehadiran Lallana diharapkan akan menambah daya saing mereka di Liga Primer musim 2020/2021 ini.

Lallana Turn

Nama besar Adam Lallana memang didapatkan dari Liverpool selama beberapa musim terakhir ini. Namun sebelumnya pemain kelahiran St. Albans, Inggris pada 10 Mei 1988 ini adalah produk dari akademi Southampton. 

Dia mengawali karirnya dengan bergabung di akademi sepakbola muda milik klub Southampton pada tahun 2000 lalu. Tahun 2006 Lallana mendapatkan titel pertamanya sebagai pemain senior dan sempat dipinjamkan kepada Bournemouth selama satu bulan. Namun akhirnya dia kembali ke Southampton dan bersinar.

Penampilannya satu musim bersama Southampton cukup menakjubkan hingga dirinya dipercaya menjadi kapten. Sejak tahun 2012 lalu, Lallana menunjukkan permainan yang cukup impresif dan mencuri perhatian. Hal menarik dari seorang Adam Lallana adalah kemampuannya melakukan ‘Lallana Turn’.

Aksi ini adalah pengembangan dari The Cruyff Turn, sebuah aksi dimana seorang pemain yang membawa bola melewati lawan dengan teknik merubah posisi badan dan pemindahan kaki yang cepat. Aksi ini dulunya dipopulerkan oleh legenda pesepakbola Belanda, Johan Cruyff di Piala Dunia 1974 silam. Bahkan aksi memukau dan keahlian Lallana ini membuatnya dijuluki The Jigsaw.

Bergabung dengan Liverpool

Aksi memukau dari Adam Lallana ini cukup mencuri perhatian banyak mata. Bahkan bagi penikmat sepakbola sejati tahu persis dengan teknik yang dilakukan pemain asli Inggris ini. Dan ini adalah bakat yang sangat langka dari seorang pemain asli Inggris.

Adam Lallana Mantan Bintang Anfield Yang Punya Masalah Jantung
Adam Lallana Mantan Bintang Anfield Yang Punya Masalah Jantung

Brendan Rodgers yang kala itu menjadi pelatih utama Liverpool mendapatkan keberuntungan dengan bisa mendatangkan Lallana di musim 2014/2015. Kala itu Lallana sudah berusia 26 tahun dan akan menjadi sosok pemecah kebuntuan ketika pemain bertahan lawan bertumpuk di kotak penalti.

Lallana terkenal pandai melakukan umpan terobosan dengan baik, dan gemar menyisir sisi lapangan. Tidak seperti winger Inggris kebanyakan yang menyisir samping lapangan dengan berlari lurus, Lallana melakukannya dengan berbeda. Dengan adanya Lallana membuat Rodgers kala itu dengan leluasa bisa memainkan Steven Gerrard. Selain menjadi gelandang tengah, Lallana juga bisa bermain sebagai sayap dan gelandang serang.

Jantung Bermasalah

Menjadi bagian dari generasi emas Southampton, ternyata karir dari Adam Lallana sempat tersendat. Kala itu Southampton sempat berjaya ketika diperkuat oleh Theo Walcott, Gareth Bale, Leon Best dan Nathan Dyer sehingga mereka memenangkan Youth FA Cup di tahun 2005. Namun perjalanan Lallana tidak semulus rekan-rekannya tersebut.

Ketika masih berusia 18 tahun Adam mendapatkan teken kontrak profesional untuk pertama kalinya. Namun kabar bahagia tersebut harus bersanding dengan kenyataan bahwa jantungnya bermasalah. 

Bahkan tim medis meragukan Lallana bisa bermain sepak bola dengan normal. Bahkan Lallana sempat dihantui oleh tragedi Fabrice Muamba yang kolaps kala membela Bolton hingga meninggal diatas lapangan. Untungnya kelainan tersebut terdeteksi lebih dini, dan dengan latihan berkala dia bisa mengatasinya.

Meski demikian selama enam tahun membela Liverpool dan berganti beberapa pelatih, Lallana mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai salah satu pemain terbaik di Inggris. Selama membela Liverpool dia sudah bermain selama 178 kali dengan 22 gol dan 22 assist. Sedangkan torehan terbaiknya ketika bersama Southampton yaitu dengan menyumbangkan sebanyak 59 gol dan 48 assist dari 261 pertandingan.

Baca Juga : Berkenalan dengan Keluarga Frank Lampard Orang-Orang di Balik Cerita Sukses Super Frank

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here