Beranda Berita Barcelona Resmi Lepas Rafinha ke PSG

Barcelona Resmi Lepas Rafinha ke PSG

133
0
Barcelona Resmi Lepas Rafinha ke PSG
Barcelona Resmi Lepas Rafinha ke PSG

Barcelona Resmi Lepas Rafinha ke PSG – Klub Raksasa La Liga, Barcelona dikabarkan telah resmi melepaskan salah satu gelandang serba bisa miliknya, Rafinha. Gelandang serang 27 tahun ini dilepas ke PSG dengan mahar senilai 3 juta Euro saja.

PSG Beruntung

Melalui laman resminya kali ini, raksasa Liga 1 Prancis Paris Saint-Germain mengumumkan jika Rafinha menjadi keluarga barunya di musim panas 2020 kali ini. Gelandang serang berkebangsaan Spanyol-Brasil ini diboyong dari Barcelona ke Stadion Parc des Princes dan akan mengenakan jersey dengan nomor punggung 12. Kabarnya sang pemain akan melaksanakan masa bakti di PSG hingga 30 Juni 2023 mendatang.

Meski tidak disebutkan secara rinci berapa nilai transfer dari Rafinha, namun banyak media Prancis dan juga Spanyol menaksir PSG mengeluarkan dana sebesar 3 juta Euro kepada Barcelona. PSG dinilai seperti ketiban durian runtuh atas transfer Rafinha. Pasalnya di situasi sulit seperti ini, Les Parisiens bisa mendapatkan pemain sekelas Rafinha hanya dengan mahar yang tidak terlalu tinggi.

Selasa (6/10/2020) dini hari tadi, juara Liga 1 Prancis musim 2019/2020 ini memperkenalkan Rafinha kepada publik sebagai pemain barunya. Pemain dengan nama lengkap Rafael Alcántara do Nascimento ini adalah adik kandung dari gelandang Liverpool, Thiago Alcantara.

Perjalanan Rafinha

Sejak berusia 13 tahun, Rafinha sudah bergabung dengan akademi sepak bola La Masia milik Barcelona. Dan pada tahun 2011, adik kandang Thiago Alcantara ini mampu berkembang pesat dan menembus skuad utama Blaugrana. Di skuad utama, Rafinha mendapatkan tempat untuk menggantikan Cesc Fabregas. Namun sebelum masuk skuad utama, Rafinha diketahui sempat memperkuat Barcelona B.

Selama memperkuat skuad muda Barcelona yang bersaing di Segunda Division ini, Rafinha sudah tampil sebanyak 84 kali dengan menyumbangkan sembilan gol dan delapan assist. Sedangkan bersama skuad senior, gelandang yang kini berusia 23 tahun ini sudah menyumbangkan 12 gol dan 8 assist dari 90 laga.

Selama karirnya bersama Barcelona, Rafinha diketahui sempat dipinjamkan selama dua kali. Pertama, Rafinha dipinjamkan kepada klub La Liga Spanyol Celta Vigo sebanyak dua kali. Bersama Celta Vigo, dia sudah bermain sebanyak 63 kali dengan raihan delapan gol serta sembilan assist. Kemudian kedua, dirinya dipinjamkan ke Klub Serie A Italia, Inter Milan. Bersama Inter Milan, Rafinha sudah bermain sebanyak 17 kali dengan torehan 2 gol dan 3 assist.

Juga Lepas Todibo

Selain melepaskan Rafinha ke PSG, terbaru pihak Barcelona diketahui juga sudah melepaskan Jean-Clair Todibo ke Benfica dengan status pinjaman. Selama dua musim kedepan Todibo akan bermain di klub asal Portugal tersebut. Keduanya diketahui tidak masuk rencana pelatih Ronald Koeman di musim 2020/2021 kali ini.

Todibo sendiri merupakan pemain bek, dan Barcelona musim terakhir memiliki persoalan di sektor tersebut. Untuk itu Todibo dipinjamkan ke Benfica dan Barcelona berencana mendatangkan pemain baru yang lebih kuat untuk mengisi sektor tersebut.

Barcelona Resmi Lepas Rafinha ke PSG
Barcelona Resmi Lepas Rafinha ke PSG

Selain itu Todibo menjadi pemain yang jarang tampil di skuad utama Barcelona. Sejak didatangkan dari klub Toulouse pada tahun 2018 lalu, Todibo hanya mendapatkan kesempatan bermain sebanyak lima kali hingga saat ini. awalnya pihak Blaugrana sempat kebingungan untuk mengambil sikap yang tepat untuk pemain 20 tahun ini. Akhirnya status peminjaman menjadi opsi yang paling tepat untuknya.

Dikabarkan, pihak Benfica harus mengeluarkan dana sebesar 2 juta Euro sebagai biaya peminjaman. Namun dalam perjanjiannya terdapat opsi pembelian di akhir masa peminjaman. Dan jika Benfica berminat untuk menggunakan opsi tersebut, mereka harus menyediakan uang sebanyak 20 juta Euro untuk permanenkan Todibo.

Aktivitas Transfer Barcelona

Nama Rafinha dan Todibo menjadi daftar tambah pemain yang tersingkir dari proyek Ronald Koeman musim 2020/2021 kali ini. Meski Todibo sedikit beruntung hanya dipinjamkan dan masih ada peluang kembali ke Blaugrana. Namun Rafinha sudah pasti angkat kaki dari Camp Nou musim panas kali ini.

Sebelum Rafinha, ada Arthur Melo yang hijrah ke Juventus yang diikutsertakan dalam transfer Miralem Pjanic. Kemudian disusul Carles Perez yang juga terbang ke Italia untuk bergabung dengan AS Roma. Arda Turan yang kontraknya habis memutuskan untuk bergabung dengan klub Turki, Galatasaray. Sedangkan Marc Cucurella, Ivan Rakitic, dan Luis Suarez hijrah ke sesama klub La Liga.

Cucurella bergabung dengan Getafe, sedangkan Ivan Rakitic ke Sevilla. Untuk Luis Suarez, kini dirinya jatuh ke pelukan Atletico Madrid. Sedangkan pemain baru Barcelona saat ini adalah, Miralem Pjanic, Francisco Trincao, Matheus Fernandes, dan Pedri.

Baca Juga : Ini Dia 3 Bek yang Bisa Menjadi Kandidat Incaran Barcelona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here