Beranda Berita Benarkah Pendapatan Pemain Sepak Bola Lebih Banyak Dari Luar Lapangan?

Benarkah Pendapatan Pemain Sepak Bola Lebih Banyak Dari Luar Lapangan?

74
0
Benarkah Pendapatan Pemain Sepak Bola Lebih Banyak Dari Luar Lapangan?
Benarkah Pendapatan Pemain Sepak Bola Lebih Banyak Dari Luar Lapangan?

Benarkah Pendapatan Pemain Sepak Bola Lebih Banyak Dari Luar Lapangan? Pemain sepak bola menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan di Eropa. Di benua biru tersebut, seorang pemain sepak bola bisa mendapatkan gaji hingga ratusan miliar rupiah per tahunnya.

Tak hanya itu, seorang pesepak bola profesional bisa saja mendapat penghasilan lain di luar lapangan. Bahkan, sejumlah pemain bintang mengaku mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar dari luar lapangan daripada sepak bola itu sendiri.

Benarkah begitu? Lalu siapa sajakah pemain sepak bola yang memiliki pendapatan fantastis dari luar lapangan hijau? Berikut ini penjelasannya.

Pemain Papan Atas

Nyatanya, pendapatan seorang pesepak bola profesional memang cukup menggiurkan. Dalam sepekan, mereka bisa mendapatkan uang hasil kerja kerasnya di lapangan sebesar puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Namun, bagi para pemain bintang papan atas, terutama yang bermain di klub raksasa Eropa, nilai tersebut dirasa sangat kecil. Sebab, mereka mendapatkan keuntungan yang jauh lebih meyakinkan dari sektor usaha di luar lapangan.

Sebut saja Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang dikenal sebagai pesepak bola terbaik dunia dekade ini. Keduanya mengaku mendapat penghasilan yang cukup besar dari luar lapangan hijau.

Menurut majalah Forbes, Ronaldo disinyalir mendapatkan keuntungan sebesar 27 juta dollar dari dunia periklanan. Sementara Messi mendapatkan 22 juta dollar dari sektor yang sama.

Berkat tambahan penghasilan tersebut, Ronaldo dan Messi masuk dalam jajaran atlet terkaya dunia dalam beberapa tahun terakhir. Mereka bersaing dengan sejumlah atlet lain dari bidang olahraga yang berbeda, seperti Tiger Woods, Roger Federer, hingga LeBron James.

Model Iklan

Kebanyakan pemain sepak bola dunia mendapatkan penghasilan tambahan dari dunia periklanan. Dan iklan yang paling sering menggunakan seorang atlet sebagai modelnya adalah iklan yang berkaitan dengan fashion.

Cristiano Ronaldo contohnya. Pemain asal Portugal ini telah lama bergelut di dunia modelling. Ia sempat diendorse pakaian dari produsen ternama di dunia, Emporio Armani. Bahkan, Ronaldo kini tengah mengembangkan bisnis fashion yang dibangunnya sendiri sejak 2013 silam.

Benarkah Pendapatan Pemain Sepak Bola Lebih Banyak Dari Luar Lapangan?
Benarkah Pendapatan Pemain Sepak Bola Lebih Banyak Dari Luar Lapangan?

Selain Ronaldo, pesepak bola lain yang kerap menjadi bintang iklan adalah David Beckham. Meskipun sudah tidak lagi aktif bermain sepak bola, nama Beckham tetap dianggap sebagai salah satu talenta terbaik di lapangan hijau.

Usai pensiun, mantan kapten Timnas Inggris tersebut terus mengasah keahliannya di bidang modelling. Ia tercatat pernah bekerjasama dengan sejumlah brand terkenal seperti Adidas, Gillette, Motorola, Pepsi, hingga Giorgio Armani. Namun, pendapatan terbesar Beckham didapatkan dari hasil kerjasamanya dengan H&M yang memproduksi pakaian dalam atas namanya sendiri.

Media Sosial

Selain keuntungan dari dunia modelling, sebagian pesepak bola mengaku mendapatkan keuntungan dari aktivitas mereka di media sosial. Ketenaran membuat para pesepak bola ini mendapat banyak perhatian publik. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk memasarkan produk dagangannya.

Lagi-lagi, Cristiano Ronaldo berada di peringkat teratas dalam urusan ini. Ronaldo dikabarkan mematok harga sebesar 400 ribu euro bagi siapapun yang ingin mengiklankan produk di media sosialnya. Dari hasil endorsement tersebut mendapatkan keuntungan hingga mencapai 38 juta dollar dalam setahun.

Di bawah Ronaldo, ada nama-nama figur sepak bola lain seperti David Beckham, Lionel Messi, Neymar, dan Zlatan Ibrahimovic. Selain itu, ada juga Ronaldinho yang masih eksis di dunia maya walaupun karier sepak bolanya tak seindah dulu lagi.

Kerja Sama Apparel

Selain menjadi model fashion dari brand-brand ternama di dunia, para pesepak bola juga kerap menjadi brand ambassador dari apparel olahraga.

Sejauh ini, dua apparel terbesar di sepak bola, Nike dan Adidas, menggandeng dua mega bintang terbaik dunia. Nike menggandeng Cristiano Ronaldo, sementara Adidas menunjuk Lionel Messi sebagai model utamanya. Ronaldo dan Messi meraup keuntungan dari kedua apparel tersebut hingga belasan juta pounds tiap tahunnya.

Di sisi lain, Neymar juga sempat mencuri perhatian saat dipercaya memperkenalkan sepatu sneakers Air Jordan asli buatan Nike. Namun, bintang sepak bola Brasil tersebut kabarnya tak lagi menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Nike telah mengonfirmasi pemutusan kontrak kerja sama dengan Neymar pada Senin (31/8) kemarin. Dengan ini, Neymar resmi mengakhiri kebersamaannya dengan apparel ternama tersebut sejak 15 tahun lalu. Kini, ia tengah menjalin komunikasi dengan apparel asal Jerman, Puma, untuk menjadi role model selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here