Beranda Berita Dejan Lovren Bek Tangguh dari Kroasia

Dejan Lovren Bek Tangguh dari Kroasia

125
0
Dejan Lovren Bek Tangguh dari Kroasia
Dejan Lovren Bek Tangguh dari Kroasia

Dejan Lovren Bek Tangguh dari Kroasia – Musim 2020/2021 nanti, Dejan Lovren akan merumput di kompetisi Rusia bersama dengan klub barunya Zenit St Petersburg. Bek asal Kroasia ini diketahui sudah meneken kontrak selama tiga tahun  kedepan di klub barunya.

Merumput di Russia

Juli 2020 lalu menjadi pertanda bagi Dejan Lovren dimana dia resmi mengakhiri karirnya bersama Liverpool yang sudah dia bela sejak tahun 2014 lalu. Menjadi bek andalan The Reds, Lovren sudah tampil sebanyak 185 laga dan sudah berkontribusi atas diraihnya empat trofi bagi Liverpool. 

Termasuk trofi Liga Champions 2019 dan trofi Liga Premier musim 20019/2020. Bek 31 tahun ini kabarnya diboyong klub Liga Utama Russia tersebut dengan mahar senilai 11 juta Poundsterling atau setara dengan 205 milliar Rupiah.

Setelah menyelesaikan segala urusan terkait transfer, Lovren langsung mengemas koper dan terbang ke St Petersburg. Dia merasa senang dengan klub barunya dan sudah tidak sabar untuk kembali berkompetisi. Bagi Lovren pribadi, Zenit merupakan klub keenam yang dia bela selama karirnya di sepak bola. Dan memang tidak bisa dipungkiri, karir puncaknya adalah ketika membela Liverpool.

Angkat Piala Pertama

Karir dari pemain Kroasia ini bisa dibilang unik. Dalam tahun 2020 ini, Lovren sudah memenangkan dua piala kompetisi berbeda dan juga dengan klub berbeda pula. Di kompetisi musim 2019/2020, Dejan Lovren masih menjadi bagian dari Liverpool dan memenangkan piala Liga Premier. 

Dia juga mengangkat trofi liga domestik tersebut bersama para punggawa The Reds. Namun di bulan Juli kontraknya bersama pasukan Jurgen Klopp sudah berakhir. Dan bek 31 tahun ini memutuskan untuk terbang ke Russia untuk bergabung dengan Zenit ST Petersburg.

Pada hari Sabtu (8/8/2020) Dejan Lovren langsung memainkan laga debutnya bersama Zenit. Dia langsung bermain 90 menit penuh di laga menghadapi Lokomotiv Moscow di ajang Russian Super Cup di Arena CSKA, Kota Moskow. 

Dengan mengenakan nomor punggung 6, Dejan Lovren berhasil mengawal kemenangan Zenit atas lawannya dan menjadi juara. Dan ini menjadi laga pertama dan trofi pertamanya bersama Zenit. Jadi dalam rentang dua bulan, Lovren sudah mengangkat dua trofi kompetisi berbeda dengan klub yang berbeda pula.

Perjalanan Karir

Dejan Lovren merupakan pemain kelahiran Zenica, SFR Yugoslavia pada 5 Juli 1989. Kini usianya sudah menginjak 31 tahun. Sebelum meniti karir sebagai pemain profesional, Lovren memulai karir sepak bola di usia mudanya dengan bergabung dengan klub lokal NK Ilovac. 

Kemudian dia bergabung ke klub NK Karlovac sebelum akhirnya menetap bersama akademi Dinamo Zagreb. Di klub inilah Dejan Lovren mendapatkan tanda tangan pertamanya sebagai pemain profesional.

Namun di awal karirnya sebagai pemain profesional, Lovren dipinjamkan ke klub Inter Zapresic selama dua tahun. Selama dua musim, Dejan Lovren sudah bermain sebanyak 50 pertandingan dengan berhasil mencetak satu gol. setelah itu di tahun 2008 dia kembali ke Dinamo Zagreb. Dua tahun bermain, Lovren sudah tampil sebanyak 37 kali dengan satu gol di semua kompetisi bersama Dinamo Zagreb.

Dejan Lovren Bek Tangguh dari Kroasia
Dejan Lovren Bek Tangguh dari Kroasia

Di akhir kompetisi 2009/2010, Dejan Lovren diboyong klub Liga 1 Prancis Lyon. Selama berkarir di Liga 1 Prancis, Lovren sudah tampil sebanyak 73 kali dengan dua gol. Catatan ini akhirnya membawanya terbang ke Inggris untuk bergabung dengan Southampton di tahun 2013. 

Ketatnya persaingan di Liga Premier Inggris tidak menyurutkan permainannya. Satu musim bermain di Southampton, Lovren berhasil menjadi pemain reguler dan diturunkan sebanyak 31 dan berhasil menyumbangkan dua gol.

Awal Popularitas Dejan Lovren

Tahun 2014 menjadi titik awal popularitas dari Dejan Lovren ketika dirinya dipinang klub raksasa, Liverpool. Musim pertamanya, Lovren sukses sebagai pemain inti hingga musim-musim berikutnya. Namun di musim 2018/2019 dia sempat hanya menghangatkan bangku cadangan.

Barulah di musim 2019/2020 kemarin, Lovren kembali mendapatkan kepercayaan dari Jurgen Klopp. Dia kembali menjadi andalan barisan bertahan skuad The Reds. Sejauh ini Dejan Lovren sudah mencatatkan 131 penampilan dengan 5 gol selama mengabdi di Anfield.

Momen terbaik dari Dejan Lovren adalah ketika membawa Timnas Kroasia sampai di babak final Piala Dunia 2018. Mereka sebelumnya berhasil menyingkirkan Inggris di babak semifinal dengan skor akhir 2:1. Namun setelah sampai di partai final, Lovren dan timnya harus kalah dari Prancis dengan skor 4:2. Dan sejak saat itu Lovren menjadi semakin dikenal dunia meski negaranya hanya menjadi runner up Piala Dunia 2018.

Baca Juga : Prediksi Denmark vs Kepulauan Faroe 20 Oktober 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here