Beranda Berita Douglas Costa Pilar Penting Kejayaan Juventus

Douglas Costa Pilar Penting Kejayaan Juventus

260
0
Douglas Costa Pilar Penting Kejayaan Juventus
Douglas Costa Pilar Penting Kejayaan Juventus

Douglas Costa Pilar Penting Kejayaan Juventus – Sejak didatangkan dari Bayern Munchen pada tahun 2017 lalu, nama Douglas Costa menjadi salah satu pilar penting Juventus di sektor sayap. Keputusan untuk menggaet pemain asal Brasil ini ternyata tepat, melihat kontribusi yang diberikan.

Aksi Menari-Nari Douglas Costa

Setelah memutuskan untuk mendatangkan Douglas Costa ke Allianz Arena, Juventus langsung mendapatkan kontribusi instan dari pemain asal Brasil ini. Costa didatangkan pada tahun 2017 lalu dengan status pinjaman dengan durasi satu musim. Waktu itu jasanya dihargai sebesar enam juta Euro yang kemudian dipermanenkan di akhir musim 2017/2018 dengan harga sebesar 40 juta Euro.

Bermain di sektor sayap, Douglas Costa memiliki kemampuan dribel bola diatas rata-rata. Bahkan ketika membawa bola melewati lawan, dia terlihat seperti sedang menari-nari. Inilah hal spesial dari pemain asal Brasil seperti Costa ini ketika tengah membawa bola.

Bahkan saat menjadi pemain milik Bayern Munchen, Costa menjadi pemain yang paling sukses dalam hal menggiring bola. Dua musim terakhirnya bersama The Bavarians, dia menjadi pemain dengan total giringan paling banyak yaitu 148 giringan. Bahkan pemain kelahiran 14 September 1990 ini sempat dijuluki raja menggiring bola di skuad Die Roten.

Kunci permainan sukses Douglas Costa adalah kemampuannya mengkombinasikan kecepatan berlari dalam setiap giringan bolanya. Kemampuan tersebut juga membuatnya semakin tenar di Serie A saat menjadi rekrutan Juventus di musim 2017/2018 lalu.

Hanya saja Costa kala itu gagal membawa Juventus melaju lebih jauh di ajang Liga Champions musim 2017/2018. Kala itu Costa ikut bermain saat Juventus berlaga di babak perempat final Liga Champions. Langkah mereka terhenti setelah kalah agregat 4:3 dari Real Madrid.

Cepat Beradaptasi

Meski kala itu sempat terhenti di ajang Liga Champions, namun Costa masih memiliki harapan untuk membawa Juventus berprestasi. Di musim yang sama Costa mampu mengantarkan timnya mengawinkan trofi Liga Serir A dengan trofi Liga Coppa Italia.

Setelah timnya tersingkir di ajang Liga Champions, Costa langsung mengamuk dengan melakukan tiga assist di laga kontra Sampdoria.

Douglas Costa Pilar Penting Kejayaan Juventus
Douglas Costa Pilar Penting Kejayaan Juventus

Musim 2017/2018 menjadi musim terbaik bagi Douglas Costa setelah resmi menjadi salah satu punggawa La Vecchia Signora. Dia mengoleksi 12 assist dari 29 laga. Dan hasil tersebut menjadi rekor terbanyak Serie A selama ini.

Awal Karier Douglas Costa

Sebelum terkenal sebagai salah satu punggawa penting dari Juventus, Douglas Costa mengawali karirnya sebagai pemain bola dengan menimba ilmu di klub lokal Brasil, Gremio. Pemain dengan nama lengkap Douglas Costa de Souza ini merupakan pemain asli kelahiran Brasil pada 14 September 1990 silam.

Sebenarnya bakatnya sepak bola dia turuni dari sang ayah yang dulunya merupakan pemain sepakbola lokal di Brasil. Hanya saja karena tuntutan ekonomi, sang ayah banting setir menjadi mekanik untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Pada usia 11 tahun, Douglas Costa memulai bergabung dengan akademi sepakbola milik Gremio. Namun seiring berjalannya waktu, pihak klub menilai jika Costa memiliki tubuh terlalu ramping meski kecepatannya terbilang cukup baik. Maka di tahun 2002 dia dipinjamkan ke klub negara tetangga, Casa-Lar Santa Catarina untuk mengembangkan permainanya.

Setelah dipinjamkan ke klub tersebut, ternyata Gremio menyesal. Pasalnya keduanya bertemu dalam satu turnamen, dan Douglas Costa mencetak dua gol ke gawang Gremio. Setelah masa peminjamannya berakhir, akhirnya Costa kembali ke pelukan Gremio. Tidak butuh waktu lama dia langsung promosi ke tim utama.

Dilirik Klub-Klub Besar Eropa

Bermain apik bersama Gremio, akhirnya kemampuan yang dimiliki Douglas Costa tercium ke banyak klub besar di daratan Eropa. Manchester United yang saat itu dinahkodai Alex Ferguson menjadi salah satu klub yang mengincar jasanya. Di tahun 2008 manajemen Setan Merah sempat melayangkan penawaran. Namun transfer urung terjadi karena klub Liga Premier tersebut mengalami masalah keuangan.

Barulah di tahun 2010 klub asal Ukraina, Shakhtar Donetsk berhasil mendapatkan persetujuan dengan Gremio untuk membawa pulang Douglas Costa dengan mahar sebesar 6 juta Euro. Selama membela klub Ukraina tersebut, Costa sudah mencatatkan 25 gol dari 121 pertandingan.

Pada tahun 2014 Costa berhasil membantu Shakhtar memenangkan United Supercup 2014 yang merupakan turnamen antara dua klub papan atas dari Russia dan Ukraina. Dia juga menjadi topskor di turnamen tersebut.

Setelah menyumbangkan sembilan assist, di tahun yang sama Costa menyumbangkan Trofi Liga Ukraina untuk Shakhtar Donetsk sebelum akhirnya di akhir musim 2014/2015 dia diboyong ke Bayern Munchen.

Baca Juga : 6 Pesepakbola dengan Pendapatan Tertinggi Musim 2019-2020 Versi Forbes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here