Beranda Berita Emre Can Pemain Versatile Asal Jerman

Emre Can Pemain Versatile Asal Jerman

165
0
Emre Can Pemain Versatile Asal Jerman
Emre Can Pemain Versatile Asal Jerman

Emre Can Pemain Versatile Asal Jerman – Masa depan Emre Can akhirnya kini menemui muaranya dimana dia akhirnya dipermanenkan oleh Borussia Dortmund. Hal ini menyusul situasi dimana dirinya kalah saing di Juventus, dan dipinjamkan ke Die Borussen.

Andalan Borussia Dortmund

Setelah melalui perjalanan karir yang cukup panjang dengan membela berbagai klub, akhirnya perjalanan Emre Can berlabuh di Borussia Dortmund. Memang sejak Februari 2020 lalu, Emre Can telah resmi menjadi bagian dari klub Bundesliga, Borussia Dortmund.

Namun kesepakatan yang terjalin antara Juventus dan Die Borussen hanya sebatas peminjaman saja dengan opsi pembelian di akhir musim. Ini artinya, pemain 26 tahun ini tidak jelas masa depannya, jika penampilan menurun maka dia akan dikembalikan ke Turin. Sementara pelatih saat itu, Maurizio Sarri tidak lagi membutuhkan jasanya.

Untungnya di bulan-bulan awal penampilannya bersama pasukan Lucien Favre, Emre Can kembali menunjukkan tajinya. Baru diturunkan tiga kali pertandingan, dia sudah mencetak gol ke gawang Bayer Leverkusen. 

Hal ini akhirnya membuat pihak Borussia Dortmund bergegas mematenkan jasanya. Dan kesempatan itu akhirnya terwujud pada hari Rabu (19/2/2020) lalu. Dimana Die Borussen rela menebus klausul pembebasannya sebanyak 25 juta Euro kepada Juventus.

Sebenarnya Emre Can merupakan pemain yang bisa memainkan banyak posisi atau sering disebut dengan versatile. Dia merupakan pemain ulet dan lebih sering bermain sebagai seorang gelandang. 

Emre Can Pemain Versatile Asal Jerman
Emre Can Pemain Versatile Asal Jerman

Namun di saat-saat tertentu, Emre Can bisa memainkan posisi sebagai sayap, bek kanan atau bahkan gelandang bertahan. Sedangkan di Borussia Dortmund, pelatih Lucien Favre sering menempatkannya di sektor bek tengah.

Mengenal Sosok Emre Can

Sebelum terkenal seperti saat ini, perjalanan dari seorang Emre Can bisa dibilang cukup panjang. Emre Can merupakan pemain berdarah Turki yang lahir di Frankfurt, Jerman pada 12 Januari 1994 silam. 

Meski memiliki darah keturunan Turki, namun Can memilih untuk berkebangsaan Jerman dan membela timnas der panzer. Nama Emre Can diambil dari bahasa Turki, dimana Emre memiliki arti teman. Sedangkan Can artinya semangat, hati, dan kehidupan.

Karir sepak bolanya dia mulai dengan membela klub lokal di Jerman, SV Blau-Gelb Frankfurt. Sebuah klub kecil di dekat tempat dia dilahirkan. Setelah memasuki usia 12 tahun, Emre Can memutuskan untuk bergabung dengan akademi sepak bola milik salah satu klub Bundesliga, Eintracht Frankfurt.

Namun tiga tahun berselang, Can bergabung dengan akademi sepak bola muda Bayern Munchen di tahun 2009. Dua tahun berselang, kesempatan datang kepadanya dengan dipromosikan ke skuad utama. Dia mendapatkan tanda tangan kontrak pertamanya sebagai pemain profesional.

Namun karena usianya yang masih muda, Emre Can dipercayakan untuk memperkuat Bayern Munchen II selama kurang lebih satu musim. Bersama skuad kedua Die Roten, Can berhasil tampil sebanyak 31 laga dengan tiga gol. namun di akhir musim 2012/2013 dia sempat menembus tim utama dan sempat bermain empat kali dengan torehan satu gol.

Memasuki musim baru 2013/2014, Emre Can hijrah ke klub Bundesliga lainnya dan bergabung dengan Bayer Leverkusen. Satu musim bermain, dia mendapatkan kesempatan tampil 31 laga dengan torehan tiga gol. Dan berkat penampilan impresifnya, akhirnya Liverpool membawanya terbang ke Liga Inggris.

Di Liga Premier, karir Emre Can menemui puncaknya. Sebagai seorang gelandang, dia mendapatkan kesempatan bermain sebanyak 115 kali dengan raihan 10 gol. Empat musim membela The Reds, akhirnya kontraknya putus begitu saja. Hingga akhirnya raksasa Italia, Juventus mendapatkannya dengan status bebas transfer.

Gagal di Juventus

Setibanya di Turin pada tahun 2018, karir Emre Can bukannya semakin naik malah semakin terpuruk. Kehadiran gelandang berkualitas lainnya seperti Adrien Rabiot, Miralem Pjanic, dan juga Blaise Matuidi membuatnya tergeser dan hanya duduk di pinggir lapangan sebagai pemain cadangan.

Bahkan sejak datangnya Maurizio Sarri, sang pelatih lebih memilih Rodrigo Bentancur sebagai deputi Pjanic. Untuk itu dia dipinjamkan ke Borussia Dortmund di bursa musim dingin Januari 2020 lalu.

Diluar itu, karir Internasional Emre Can cukup mentereng, dimana dia menjadi salah satu masa depan Jerman terbaik. Dia bahkan sudah pernah memperkuat Timnas Jerman di semua level usia, mulai dari U-15, U-17, U-19, U-21, dan sempat menjadi bagian di timnas senior yang berlaga di Piala Dunia 2018 lalu di Russia.

Baca Juga : Laga AC Milan VS Bologna Dihadiri Tamu Spesial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here