Beranda Berita Eric Garcia Bintang La Masia yang Pancarkan Sinar di Britania

Eric Garcia Bintang La Masia yang Pancarkan Sinar di Britania

124
0
Eric Garcia Bintang La Masia yang Pancarkan Sinar di Britania
Eric Garcia Bintang La Masia yang Pancarkan Sinar di Britania

Eric Garcia Bintang La Masia yang Pancarkan Sinar di Britania – Nama Eric Garcia terus menjadi bahan perbincangan di setiap portal berita olahraga dalam beberapa pekan terakhir. Hal tersebut tak lepas dari rumor tentang dirinya yang dikabarkan akan segera meninggalkan Manchester City menuju Barcelona.

Bek berusia 19 tahun tersebut mampu tampil gemilang di usianya yang masih belia. Ia pun berhasil mencatatkan sejumlah prestasi di level domestik hingga internasional. Tak heran, namanya digadang-gadang akan menjadi suksesor sempurna Gerard Pique di Barcelona.

Prestasi di Usia Muda

Eric Garcia Martret merupakan pesepak bola kelahiran Spanyol, 19 tahun lalu, tepatnya pada 9 Januari 2001. Namanya kini tengah naik daun menyusul performa impresifnya bersama skuad utama Manchester City.

Garcia lahir dan besar di Kota terbesar di Catalan, Barcelona. Di tempat itu pula, Garcia mengenal sepak bola. Keluarga Garcia, mulai dari ayah, ibu hingga saudara kandungnya merupakan fans berat Barcelona.

Melihat bakat terpendam dalam diri sang anak, orangtua Garcia mendaftarkan anaknya ke akademi terbesar di Barcelona, La Masia.

Ia memulai karirnya di tim muda La Masia sejak usia 7 tahun. Penampilan Garcia begitu menonjol di antara para pemain lainnya sehingga ia dipercaya untuk mengenakan ban kapten selama beberapa musim.

Penampilan cemerlang Garcia di La Masia membawanya ke Timnas Spanyol U-17 yang berlaga di UEFA U-17 Championship 2017. Pada kompetisi tersebut, Garcia bukan menjadi pilihan utama. Namun, ia berhasil membawa La Furia Roja muda tampil sebagai juara Eropa.

Beberapa bulan berselang, Garcia kembali dipanggil untuk memperkuat Timnas Spanyol U-17. Kali ini di ajang Piala Dunia U-17 yang berlangsung di India. Garcia kembali sukses membawa pulang trofi juara di ajang tersebut setelah menang atas Belanda di laga final.

Bersinar Bersama Manchester City

Prestasi gemilang Garcia bersama tim muda Barcelona dan Timnas Spanyol ternyata tak menjamin masa depannya Barcelona. Blaugrana secara mengejutkan melepas begitu saja salah satu pemain muda potensialnya ke Manchester City.

Kepindahan Garcia ke City menimbulkan polemik di kalangan fans dan jurnalis di Barcelona. Mereka menyebut bahwa Blaugrana telah mengambil langkah yang fatal. Tak sedikit yang menyalahkan manajemen Barcelona yang dianggap gagal mengurus klub.

Kala itu, City mengikat Garcia dengan kontrak profesional selama 4 tahun. Bersama City, karir Garcia tak langsung melesat begitu saja. Ia harus bermain di tim junior The Citizens setidaknya selama semusim untuk beradaptasi.

Eric Garcia Bintang La Masia yang Pancarkan Sinar di Britania
Eric Garcia Bintang La Masia yang Pancarkan Sinar di Britania

Garcia kembali ditunjuk sebagai kapten di tim muda City. Ia tampil cukup apik di berbagai kompetisi pada musim 2017/2018, terutama di UEFA Youth League dimana ia tampil begitu menonjol. Ia selalu tampil penuh dalam 5 pertandingan walaupun gagal membawa City melangkah jauh di ajang tersebut.

Performa apik Garcia di tim muda membuat namanya dipromosikan ke tim utama pada musim berikutnya. Namun, tak banyak kesempatan yang ia dapat di tim utama City selain tampil di ajang Piala Liga dan Piala FA.

Musim 2019/2020 menjadi puncak karir Garcia bersama City. Padatnya jadwal di penghujung musim tersebut membuat pelatih City, Pep Guardiola, terpaksa melakukan banyak rotasi pemain. Pep tak ragu memainkan sejumlah pemain muda dari tim akademi untuk tampil di tim utama The Citizens.

Garcia mengawali debutnya di Premier League saat City membantai Watford 8-0, 21 September tahun lalu. Sejak saat itu, namanya kerap menghiasi starting line up City. Garcia sukses tampil apik dalam 13 laga Premier League musim lalu, walaupun ia gagal mempersembahkan gelar juara pada akhir musim.

Kembali ke Barcelona

Penampilan cemerlang Garcia di City menarik minat Barcelona untuk memulangkannya ke Camp Nou. Raksasa Catalan tersebut sepertinya menyesal telah melepasnya pergi 4 tahun lalu.

Kini, pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman, tertarik untuk merekrutnya kembali. Koeman ingin mendatangkan Garcia untuk melengkapi skuadnya di sektor pertahanan. Pemain berusia 19 tahun tersebut akan diproyeksikan sebagai suksesor Gerard Pique beberapa tahun mendatang.

Kini Barcelona tengah berupaya untuk merayu City agar mau melepas pemain mudanya tersebut. Barcelona kabarnya akan menyodorkan dana sebesar 10 juta euro untuk menebus Garcia dari City. Namun, jika tawaran tersebut gagal, mereka siap memasukkan nama Rafinha ke dalam proposal transfer.

Baca Juga : Deretan Mobil Mewah Nan Langka Milik Para Pesepakbola

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here