Beranda Berita Gajinya Naik Performa Pierre-Emerick Aubameyang Malah Semakin Menurun

Gajinya Naik Performa Pierre-Emerick Aubameyang Malah Semakin Menurun

169
0
Gajinya Naik Performa Pierre-Emerick Aubameyang Malah Semakin Menurun
Gajinya Naik Performa Pierre-Emerick Aubameyang Malah Semakin Menurun

Gajinya Naik Performa Pierre-Emerick Aubameyang Malah Semakin Menurun – Penampilan Arsenal musim ini dinilai masih belum maksimal dan kurang konsisten. Performa The Gunners bahkan menjadi sorotan setelah menelan dua kekalahan secara beruntun di Premier League dalam 2 pekan terakhir musim ini. Alhasil, mereka kini tertahan di posisi ke-10 klasemen sementara.

Namun, dibalik naik turunnya performa Arsenal musim ini, ada sosok yang disebut paling bertanggung jawab. Ia adalah Pierre-Emerick Aubameyang. Bagaimana tidak, striker bernomor punggung 14 tersebut gagal menunjukkan kontribusi maksimal sepanjang musim ini. Padahal, ia baru saja menandatangani kontrak baru dengan gaji selangit.

Hanya Dua Gol

Musim ini sinar Aubameyang di Arsenal benar-benar meredup. Ia sejatinya dipilih sebagai tumpuan tim di lini depan. Namun, penampilannya justru mengecewakan.

Aubameyang telah tampil dalam 7 pertandingan di berbagai kompetisi musim ini. Ia hampir selalu turun sebagai starter di setiap pertandingan. Terutama saat Arsenal berlaga di ajang Premier League.

Aubameyang bahkan selalu tampil selama 90 menit penuh dalam 6 pekan pembuka Premier League musim ini. sayangnya, hanya 1 gol yang berhasil dicetaknya sejauh ini. Satu gol tersebut tercipta saat Arsenal bertandang ke markas Fulham di pekan ke-6 Premier League, pertengahan September lalu.

Begitu pula saat ia bermain di kompetisi Europa League. Pada matchday perdana, melawan Rapid Vienna, tengah pekan lalu, Aubameyang turun sebagai pemain pengganti di babak kedua. Bermain selama 29 menit, striker asal Gabon tersebut hanya mampu menceploskan 1 gol ke gawang Rapid Vienna.

Total, musim ini Aubameyang hanya mampu menciptakan 2 gol. Jumlah ini tentu jauh dari prediksi banyak orang yang mengira bahwa insting gol sang striker masih tajam. Ini mungkin menjadi rekor terburuk bagi sang pemain dalam karirnya.

Catatan Terburuk

Aubameyang baru bisa mencetak gol pada pertandingan pekan ke-6 Premier League melawan Fulham. Sebelumnya, ia sama sekali tak menciptakan gol dalam 5 pertandingan awal musim di liga domestik. Itu menjadi catatan terburuk Aubameyang selama menjalani karirnya sebagai pesepakbola profesional.

Jika dibandingkan dengan statistiknya musim lalu, performa Aubameyang tentu menurun drastis. Pada musim 2019/2020 kemarin, Aubameyang sukses menggelontorkan 29 gol di berbagai kompetisi. jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dari seluruh pemain di skuad The Gunners.

Gajinya Naik Performa Pierre-Emerick Aubameyang Malah Semakin Menurun
Gajinya Naik Performa Pierre-Emerick Aubameyang Malah Semakin Menurun

Namun, kini torehan gol Aubameyang setara dengan Eddie Nketiah dan Nicolas Pepe yang notabene adalah pemain pelapis di Arsenal. Koleksi satu gol miliknya juga sama dengan catatan gol Gabriel Magalhaes yang merupakan seorang pemain bertahan.

Tak hanya itu, sebelum menandatangani kontrak baru bersama Arsenal, Aubameyang mencatatkan rata-rata 2,8 tembakan per laga. Namun, kini ia hanya mampu melakukan rata-rata 1 tembakan tiap pertandingan.

Rata-rata tembakan tepat sasarannya kini turun dari 1,3 menjadi 0,6 per laga. Begitu pula dengan sentuhan di area penalti lawan yang sebelumnya 4,8 kali, sekarang hanya 2,4 kali. Rataan dribel suksesnya musim ini pun turun hampir setengah dari dari musim kemarin.

Desakan Pelatih

Catatan buruk tersebut tentu mengganggu performa Arsenal secara keseluruhan. Pelatih The Gunners, Mikel Arteta sampai harus turun tangan untuk menyelesaikan masalah ini.

Pelatih yang juga pernah bermain untuk Arsenal tersebut meminta Aubameyang untuk bangkit sesegera mungkin. Arteta meminta sang pemain untuk tetap bermain tenang dengan mengendalikan emosi dan mentalnya.

Aubameyang diminta untuk melepaskan bebannya sebagai tulang punggung tim. Ia juga diminta untuk tidak terlalu memikirkan beban gaji tinggi yang diterimanya saat ini.

Selain itu, Arteta juga menyarankan kepada Aubameyang untuk memperbaiki cara bermainnya di atas lapangan. Striker 31 tahun itu diminta untuk menempatkan diri di posisi dimana ia dapat meningkatkan kualitas penyelesaian akhirnya.

Ada kemungkinan bagi Arteta untuk mengubah tatanan formasi dalam skuadnya demi meningkatkan performa Aubameyang.

Kemungkinan pertama, sang pemain akan tetap bermain di posisi sayap kanan sebagaimana ia ditempatkan selama ini. Atau kemungkinan yang kedua, Arteta akan mendorong Aubameyang sedikit ke depan sebagai penyerang tengah menggantikan peran Alexandre Lacazette.

Arteta akan mengevaluasi kinerja Aubameyang dalam beberapa pekan kedepan. Apabila masih belum ada perubahan yang signifikan, bukan tidak mungkin Aubameyang akan terpinggirkan dari skuad utama The Gunners musim ini.

Baca Juga : Polemik VAR Kali Ini José Mourinho yang Bersuara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here