Beranda Berita Gianluigi Donnarumma Bibit Muda Kiper Hebat Italia

Gianluigi Donnarumma Bibit Muda Kiper Hebat Italia

137
0
Gianluigi Donnarumma Bibit Muda Kiper Hebat Italia
Gianluigi Donnarumma Bibit Muda Kiper Hebat Italia

Gianluigi Donnarumma Bibit Muda Kiper Hebat Italia – Setelah era kiper legendaris Gianluigi Buffon selesai, kini ada nama Gianluigi Donnarumma milik Klub AC Milan. Pemain 21 tahun ini digadang-gadang akan bisa meneruskan obor perjuangan dari kiper tangguh Italia.

Dari Keluarga Penggila Bola

Gianluigi Donnarumma saat ini merupakan kiper utama milik klub AC Milan yang sudah dia bela sejak masih muda. Dia merupakan pemain kelahiran 25 Februari 1999 di kota Castellammare, Italia. 

Berbeda dengan kisah penjaga gawang lainnya, Donnarumma tak langsung mengenal dunia sepak bola sejak dia lahir. Namun berkat dukungan dari seluruh keluarga besarnya, akhirnya Donnarumma tertarik untuk menekuni dunia ini.

Donnarumma berasal dari keluarga menengah keatas yang dilahirkan dari pasangan orang tua Alfonso dan Marinela. Sang ayah merupakan penggila sepak bola, dan saat ini secara tidak resmi juga menjadi agennya sendiri. Kedua kakak laki-lakinya merupakan pecinta sepak bola, dan mereka semua mendukung Donnarumma untuk menekuni sepak bola.

Namun  kala itu malah sang paman yang memperkenalkannya dengan sepak bola. Donnarumma kecil sering diajak sang paman untuk bermain bola di lapangan kecil di desanya. Sejak saat itulah gairahnya untuk bermain sepakbola muncul.

Awal Karir

Saat masih kecil, idola Donnarumma adalah kiper tangguh Timnas Italia Gianluigi Buuffon. Kiper ikonik milik klub Juventus ini menjadi panutan Donnarumma dalam bermain. Namun seiring berjalannya waktu, dia mampu menemukan sendiri gaya bermainnya dan menjadikan ciri khasnya dalam bermain hingga kini.

Donnarumma sempat tercatat mengawali karirnya dengan bergabung di akademi sepak bola klub Napoli dari tahun 2003 hingga tahun 2013. Dan pada tahun 2013 dia memilih untuk bergabung dengan AC Milan, dimana sang kakak Alfredo pernah membela klub tersebut. Selain itu Donnarumma ternyata juga seorang Milanisti, sebutan untuk fans berat AC Milan.

Saat bergabung dengan skuad muda AC Milan, Donnarumma lebih sering bermain dengan para pemain yang usianya berada diatasnya. Hal ini dikarenakan Donnarumma memiliki keunggulan dan teknis yang diatas rata-rata. Kemampuannya semakin berkembang di skuad muda Rossoneri.

Hingga akhirnya ketika menginjak usia 16 tahun, dirinya dipromosikan ke skuad utama AC Milan yang kala itu dilatih oleh Filippo Inzaghi. Meskipun awalnya dia hanya menjadi penghangat bangku cadangan, namun hal ini memperlihatkan akan ada potensi besar yang tersimpan pada dirinya.

Gianluigi Donnarumma Bibit Muda Kiper Hebat Italia
Gianluigi Donnarumma Bibit Muda Kiper Hebat Italia

Kesempatan akhirnya datang, dimana Donnarumma mendapatkan kesempatan untuk menjalani laga debutnya ketika AC Milan berhadapan dengan Real Madrid di ajang International Champions Cup pada 30 juli 2015. Tidak berselang ama, dia juga membantu AC Milan mendapatkan trofi Trofeo TIM.

Debutnya di Serie A terjadi pada 25 Oktober 2015 di laga kontra Sassuolo. Dalam laga tersebut, Donnarumma menjadi penjaga gawang termuda yang melakukan debutnya di usia 16 tahun lebih 242 hari. Rekor sebelumnya dimiliki oleh Giuseppe Sacchi yang secara kebetulan juga melakukan debut dengan klub yang sama 73 tahun lalu.

Tiga hari selanjutnya dari laga debutnya, Gianluigi Donnarumma melakukan cleansheet pertamanya di laga kemenangan AC Milan 1:0 atas Chievo. Dan sejak saat itu, dia menjadi kiper utama skuad I Rossoneri menggantikan Diego Lopez.

Karir Semakin Memuncak

Memiliki penampilan awal yang cukup baik, Donnarumma dianggap sebagai salah satu penjaga gawang muda dengan karir yang menjanjikan di dunia. Dia juga berhasil mencatatkan rekor sebagai penjaga gawang termuda yang membela Timnas Italia U-`21 kala berusia 17 tahun 28 hari pada bulan Maret 2016. 

Dua bulan sebelumnya dia juga mencatatkan penampilan pertamanya dalam laga Derby bertajuk Della Madonnina, dimana AC Milan menang telak 3:0 atas sang rival Inter Milan.

Debutnya bersama Timnas Italia senior terjadi di bulan September 2017 kala dirinya berusia 17 tahun 189 hari. Selama musim 2015/2016 berlangsung Donnarumma sudah mencatatkan 31 penampilan dan selalu menjadi andalan dibawah mistar gawang I Rossoneri. Bahkan berkat penampilan apiknya, di akhir tahun 2016 dia mendapatkan predikat sebagai kiper muda terbaik dari media ternama, Gazzetta Della Sports.

Penampilan memukau dibawah mistar gawang, dan ditunjang dengan usia yang masih relatif muda, kini Donnarumma sukses mewarisi kehebatan Gianluigi Buffon sebagai kiper tangguh untuk timnas Italia. Bukan tidak mungkin dua atau tiga tahun lagi kemampuannya akan semakin baik dari saat ini.

Baca Juga : Takumi Minamino Pemain Jepang Pertama Liverpool

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here