Beranda Berita Klub Terbaik di Lima Liga Top Eropa Dengan Supporter Paling Loyal

Klub Terbaik di Lima Liga Top Eropa Dengan Supporter Paling Loyal

122
0
Klub Terbaik di Lima Liga Top Eropa Dengan Supporter Paling Loyal
Klub Terbaik di Lima Liga Top Eropa Dengan Supporter Paling Loyal

Klub Terbaik di Lima Liga Top Eropa Dengan Supporter Paling Loyal – Supporter menjadi salah satu hal terpenting dalam sepak bola. Saking pentingnya peran supporter, mereka kerap disebut sebagai pemain ke-12 dalam sebuah pertandingan. Artinya, para supporter juga bisa mempengaruhi permainan tim yang dibelanya walaupun mereka berdiri jauh di pinggir lapangan.

Dalam sepak bola, sebuah tim tentu memiliki satu kelompok besar supporter yang selalu mendukung saat mereka bertanding. Namun, dari sekian banyak klub sepakbola di dunia, hanya beberapa kelompok supporter yang terkenal dengan setia pada klub kebanggaannya. Berikut ini merupakan 5 kelompok supporter paling loyal di 5 liga top Eropa :

Borussia Dortmund – Jerman

Jerman merupakan salah satu negara pencetak pemain terbaik dunia. Selain itu, Bundesliga menjadi salah satu liga terbaik Eropa yang seringkali meramaikan kompetisi di benua biru tersebut.

Borussia Dortmund merupakan salah satu klub raksasa Jerman yang cukup disegani di Eropa. Bukan hanya karena pemain bintangnya atau performa apiknya di lapangan, namun juga karena supporter setianya.

Signal Iduna Park yang menjadi markas Dortmund memiliki salah satu sisi tribun khusus yang selalu menarik perhatian publik. Di sisi tribun tersebut berdiri sekelompok supporter Dortmund yang tak henti-hentinya menari dan menyanyikan chant selama 90 menit penuh.

Sisi tribun tersebut dikenal dengan “The Yellow Wall” karena seluruh supporter yang tergabung di sana kerap mengenakan atribut serba kuning.

Selain itu, Dortmund menjadi salah satu klub dengan angka penonton tertinggi di Eropa. Die Borussen musim lalu total dihadiri penonton sebanyak 1.351.432 orang dengan rata-rata 79.496 penonton per laga.

Barcelona – Spanyol

Tak jauh berbeda dengan Dortmund. Barcelona juga merupakan salah satu raksasa di kompetisi Sepak bola Spanyol. Blaugrana menjadi klub La Liga dengan koleksi gelar Copa Del Rey terbanyak (30 trofi).

Tak ayal, klub terbesar di Catalan tersebut menjadi idola banyak orang di seluruh dunia. Bagi penggemar Barcelona, istilah Mes Que Un Club sudah tak asing di telinga mereka. Barcelona bukan hanya sekedar sebuah klub sepak bola bagi mereka, melainkan juga menjadi salah satu motivasi terbesar dalam hidup mereka.

Dengan kapasitas stadion luar biasa besar, Barcelona merupakan salah satu klub dengan jumlah penonton terbanyak di dunia. Musim 2019/2020 lalu, tercatat sekitar 72.438 penonton hadir di Camp Nou saat Barcelona bertanding.

Manchester United – Inggris

Rekor tim peraih gelar Liga Inggris terbanyak saat ini masih dipegang oleh Manchester United dengan koleksi 20 trofi. Dengan segudang prestasi yang mereka raih, The Red Devils menjadi salah satu klub sepak bola dengan jumlah supporter terbanyak di dunia.

Klub Terbaik di Lima Liga Top Eropa Dengan Supporter Paling Loyal
Klub Terbaik di Lima Liga Top Eropa Dengan Supporter Paling Loyal

Tak hanya jumlahnya yang banyak, supporter MU juga terkenal setia. Mereka rela mengorbankan segala hal dalam hidupnya hanya untuk melihat klub kesayangannya berjaya di level domestik dan internasional. Bahkan, di saat klub sedang terpuruk seperti yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir, supporter MU masih setia menemani.

Buktinya, stadion Old Trafford selalu tampak riuh dan hampir penuh setiap kali MU berlaga. Musim lalu, rata-rata sekitar 72.569 penonton hadir dalam setiap pertandingan untuk menyaksikan tim besutan Ole Gunnar Solskjaer bertanding.

Juventus – Italia

Hampir semua orang sepakat bahwa Juventus merupakan klub terbaik Italia dalam beberapa tahun terakhir. Selain prestasi klub yang gemilang, Juve juga memiliki ratusan ribu fans setia yang tersebar di seluruh negara di dunia.

Fans Juventus terkenal loyal dan setia. Hal tersebut terbukti saat Si Nyonya Tua tersandung skandal Calciopoli pada tahun 2006. Akibat insiden tersebut, gelar juara Serie A Juventus terpaksa dicabut dan mereka diturunkan ke Serie B.

Bermain di kasta kedua liga Italia tak membuat para supporter Juventus pergi meninggalkan klub kesayangannya. Mereka tetap setia mendukung Bianconeri hingga akhirnya kembali menemukan kejayaan pada musim 2011/2012.

Paris Saint Germain – Perancis

Paris Saint Germain menjadi salah satu klub yang tengah naik daun dalam satu dekade terakhir. Kekuatan dana dari sultan Timur Tengah mengubah nasib klub Ibukota Perancis tersebut.

Tak hanya meningkat dari segi prestasi dan pendapatan, jumlah supporter PSG juga meningkat drastis dalam beberapa tahun belakangan ini. Penggemar PSG muali tersebar di beberapa negara di dunia.

Jumlah supporter PSG yang hadir di stadion juga terbilang cukup tinggi. Rata-rata sebanyak 39.601 penonton hadir di Parc de Princes setiap kali PSG berlaga.

Baca Juga : Manchester United Dirumorkan Datangkan Pemain Baru Lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here