Beranda Berita Marc Andre Ter Stegen Jadi Tumbal Krisis Keuangan Barcelona

Marc Andre Ter Stegen Jadi Tumbal Krisis Keuangan Barcelona

138
0
Marc Andre Ter Stegen Jadi Tumbal Krisis Keuangan Barcelona
Marc Andre Ter Stegen Jadi Tumbal Krisis Keuangan Barcelona

Marc Andre Ter Stegen Jadi Tumbal Krisis Keuangan Barcelona – Situasi pelik sedang dialami oleh klub raksasa Spanyol, Barcelona. Setelah ditinggal oleh Presiden Josep Maria Bartomeu beberapa waktu lalu, kini klub asal Catalan tersebut di ambang kebangkrutan. Krisis ekonomi yang melanda Barcelona sudah mulai memasuki fase yang paling parah. Mereka pun berniat untuk menjual beberapa pemain bintangnya demi mempertahankan eksistensinya.

Marc Andre Ter Stegen menjadi salah satu pemain yang akan dijual Barcelona dalam waktu dekat. Kiper berusia 28 tahun tersebut menjadi prioritas utama Blaugrana untuk dilepas pada Januari nanti, sebelum kontraknya habis di akhir musim.

Tak Punya Pilihan Lain

Keputusan Barcelona menempatkan Ter Stegen ke dalam daftar pemain yang akan dijual tak lepas dari kondisi finansial klub yang memburuk. Barcelona mau tak mau harus menjual para pemain bintangnya dengan harga mahal untuk tetap menjaga stabilitas keuangan klub.

Lalu mengapa harus Ter Stegen? Jika melihat kondisi skuad Barcelona saat ini, Ter Stegen memang menjadi pemain yang paling mungkin dijual. Bahkan, bisa dibilang Barcelona harus segera menjualnya agar tidak mengalami kerugian besar.

Pasalnya, kontrak Ter Stegen di Camp Nou hanya menyisakan beberapa bulan lagi. Dalam Kontrak tersebut tertulis bahwa Ter Stegen menjadi bagian dari Barcelona hingga Juni 2021 mendatang. Sedangkan, hingga saat ini upaya Barcelona untuk memperpanjang kontraknya masih belum menemui titik terang.

Apabila kondisi ini dibiarkan terus menerus, Barcelona bisa saja kehilangan Ter Stegen secara cuma-cuma. Sebab, pada putaran kedua nanti, klub lain sudah bisa menggaet Ter Stegen tanpa harus membayar sepeser pun kepada Barcelona.

Oleh sebab itu, Barcelona tak punya pilihan lain selain menjual kiper Timnas Jerman tersebut. Namun, hal tersebut tidak akan mudah karena Blaugrana harus segera mendapatkan klub peminat sebelum bursa transfer musim dingin 2021 berakhir.

Kembali ke Negara Asal

Musim ini, Ter Stegen masih belum mencatatkan satu penampilan pun bersama Barcelona. Hal itu dikarenakan Stegen mendapatkan Cedera lutut  dalam sebuah sesi latihan, sehingga memaksanya absen selama kurang lebih 3 bulan.

Saat ini kondisi Ter Stegen mulai membaik. Ia telah menjalani latihan reguler bersama rekan-rekannya di Barcelona dalam beberapa hari terakhir dan berpeluang untuk tampil dalam waktu dekat. Namun, kabar tentang dirinya yang akan dijual membuat kesempatannya berprestasi bersama Barcelona musim ini semakin menipis.

Ter Stegen kabarnya akan kembali ke negara asalnya setelah pergi dari Barcelona. Bayern Munchen disinyalir menjadi peminat utama sang pemain.

Marc Andre Ter Stegen Jadi Tumbal Krisis Keuangan Barcelona
Marc Andre Ter Stegen Jadi Tumbal Krisis Keuangan Barcelona

Berita tentang ketertarikan Bayern terhadap Ter Stegen sebenarnya telah lama berhembus sejak musim lalu. Namun, pada musim panas kemarin, Die Roten batal merekrutnya karena masih percaya dengan kualitas Manuel Neuer di bawah mistar gawang.

Namun, kini Neuer semakin menua dengan usianya yang menginjak 34 tahun. Penampilannya juga dinilai tak sehebat dulu lagi. Oleh sebab itu, Bayern berencana untuk mendatangkan Ter Stegen untuk menggantikan peran seniornya tersebut.

Bayern dikabarkan telah memulai pembicaraan dengan pihak Barcelona terkait transfer ini. Sang penguasa sepak bola Jerman kabarnya siap menebus Ter Stegen dengan mahar 80 juta euro.

Semakin Terpuruk

Kabar tentang Barcelona yang akan menjual Ter Stegen sontak menyita banyak perhatian publik. Tak sedikit yang heran dan terkejut dengan keputusan tersebut. Namun, Barcelona sekali lagi menegaskan bahwa keputusan tersebut harus segera diambil demi menyelamatkan hidup klub yang mulai sekarat.

Kondisi internal Barcelona mulai memburuk sejak datangnya pandemi Covid-19 yang memaksa kompetisi sempat terhenti. Hal itu membuat kondisi keuangan klub berantakan. Manajemen Barcelona bahkan sempat mengusulkan pemotongan gaji karyawan yang kemudian menimbulkan cekcok antara pemain, pelatih dan jajaran pengurus klub.

Situasi semakin tak terkendali saat sang mega bintang, Lionel Messi, secara terang-terangan mengungkapkan keinginannya untuk hengkang. Kapten Barcelona dan Timnas Argentina itu merasa kecewa dengan kepemimpinan Presiden Bartomeu yang dinilai kerap mengambil keputusan yang keliru.

Beruntung, manajemen Barcelona mampu meredam emosi Messi dan berhasil membujuknya untuk tetap bertahan. Namun, di samping itu Barcelona harus kehilangan sejumlah pemain bintangnya pada bursa transfer musim panas kemarin.

Upaya Barcelona untuk menjaga kestabilan finansial tampak gagal sehingga Bartomeu mundur dari jabatannya sebagai Presiden klub pada akhir Oktober lalu. Kondisi Barcelona terus melemah, terpuruk, dan terancam bangkrut jika tidak ditangani dengan baik.

Baca Juga : Prediksi Real Sociedad vs AZ Alkmaar 6 November 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here