Beranda Berita Marcus Rashford Bantu Atasi Kelaparan Di Inggris

Marcus Rashford Bantu Atasi Kelaparan Di Inggris

152
0

Marcus Rashford Bantu Atasi Kelaparan Di Inggris – Salah satu bintang milik Manchester United, Marcus Rashford baru-baru ini menarik perhatian karena memiliki jiwa ke-manusiaan-nya yang tinggi. Dia diketahui baru saja bergabung dengan tim satuan petugas pengentasan kemiskinan di Inggris.

Berpartisipasi Dalam Kampanye Kemanusiaan

Sebelumnya, Marcus Rashford sudah menarik perhatian di luar lapangan setelah dirinya ikut menyuarakan kampanye tentang kemanusiaan, khususnya untuk anak-anak di negaranya, Inggris. Striker berusia 22 tahun tersebut sempat mempertanyakan kebijakan dari pemerintah Inggris mengenai makan gratis.

Hal ini dikarenakan beberapa waktu lalu pihak pemerintah mengumumkan adanya pembagian kupon makan gratis untuk anak-anak disana selama liburan musim panas. Dan Rashford menyentil pemerintah soal komitmen mereka untuk memperpanjang program tersebut.

Marcus Rashford Bantu Atasi Kelaparan Di Inggris
Marcus Rashford Bantu Atasi Kelaparan Di Inggris

Karena kampanye tersebut bersifat jangka pendek, maka Rashford memutuskan untuk bergabung dengan satuan petugas khusus yang mengatasi permasalahan ini. Beberapa pihak juga turut bergabung seperti produsen makanan dan retail swalayan.

Sebagai contoh ada seperti dari Kellogg’s sampai dengan Tesco juga ambil bagian dalam kampanye kemanusiaan tersebut. Mereka akan menyediakan makanan gratis hingga enam bulan mendatang dengan target utama anak-anak dari keluarga yang kurang mampu.

“Saya rasa orang akan berpikir jika mereka meminta bantuan akan diremehkan,” buka Marcus Rashford kepada BBC.

“Namun kamu berhak meminta bantuan dalam hal apapun. Kamu harus tetap percaya diri jika kamu memang butuh bantuan, jadi pergilah dan cari bantuan itu,” tambah striker andalan dari skuad Setan Merah tersebut.

Tiga Rekomendasi Kebijakan

Dari kampanye yang diikuti, ada sebanyak tiga rekomendasi yang diusung Marcus Rashford bersama satuan petugas tersebut. Yang pertama, dia mendesak pihak pemerintah Inggris untuk meningkatkan jumlah makanan yang akan diberikan ke sekolah-sekolah secara gratis dengan jangkauan mencapai 1,5 juta anak.

Kedua, terkait kupon makanan gratis, pemain jebolan dari akademi sepak bola Manchester United ini mendesak pemerintah untuk menaikkan nominal kupon tersebut. Hal ini dikarenakan dalam sepekan nominal kupon yang sudah beredar hanya sebesar kurang dari satu Poundsterling atau sekitar 18 ribu Rupiah.

Ketiga, berkaitan dengan jumlah kupon yang beredar, diharapkan ditambah kuotanya sehingga mampu dinikmati setidaknya satu juta orang bahkan lebih di Inggris.

“Jika kita tidak dengan segera mengambil langkah tindakan secara cepat, maka dampak dari masalah kemiskinan pangan anak akan memperburuk stabilitas negara kita,” tulis Rashford dalam suratnya yang ditujukan kepada para anggota Parlemen di Inggris.

Terngiang Tangisan Ibunya

Salah satu pilar andalan dari lini depan Manchester United ini masih selalu terngiang tangisan ibunya. Ya, Marcus Rashford  dahulu sempat berkubang dalam jerat kemiskinan. Dan sang ibunyalah yang selalu berjuang mengentaskan kehidupan keluarganya ke arah yang lebih baik.

Rashford memang berasal dari keluarga tidak berada, dan ibunya setiap hari banting tulang untuk menghidupi anak-anaknya. Hal ini karena ayah Rashford sendiri meninggalkan ibunya, dan memaksa sang ibu untuk menjadi orang tua tunggal.

Berkat bakat sepak bola yang dimilikinya, lambat laun Rashford mampu mengubah situasi ekonomi keluarga mereka. Kini pemain belia 22 tahun ini sudah menjadi pemain penting di skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Bahkan bersama salah satu klub raksasa kota Manchester tersebut dia mampu menghasilkan uang sebanyak 200 ribu Poundsterling atau setara dengan 3,97 miliar Rupiah. Dan berkat kerja kerasnya kini dia mampu membeli tempat tinggal seharga 1,85 juta Poundsterling atau setara dengan 36,72 miliar Rupiah.

Dari hasil jerih payahnya ini tidak lantas membuat Rashford menikmatinya seorang diri. Dia juga membagikan apa yang dia dapatkan dari bermain bola kepada anak-anak yang hidup dalam keadaan kurang mampu. Dia tidak mau masa pahit yang sudah pernah dia alami kembali dirasakan oleh orang lain.

Bantu 4 Juta Anak

Setelah mendapatkan popularitas dan gaji yang cukup banyak, Marcus Rashford melakukan aksi yang patut dicontoh. Dia bekerjasama dengan badan amal setempat untuk membantu empat juta anak untuk keluar dari kemiskinan.

Dia tidak mau melihat orang lain mengalami kesusahan, maka dari itu dia mengumpulkan dana sebanyak 20 juta Poundsterling atau setara dengan 397,03 miliar Rupiah untuk diperbantukan kepada yang membutuhkan selama lockdown karena pandemi virus corona ini.

“Baru-baru ini saya sempat berbicara dengan seorang ibu yang tinggal bersama kedua putranya. Dia memiliki sebuah roti kemudian direndam dan ditambahkan gula. Setelah menjadi bubur barulah mereka memakannya hingga habis,” ucap Rashford.

“Ada juga satu keluarga yang tidur dalam satu kasur. Bahkan mereka hanya bisa menjual satu barang untuk bisa bertahan hidup,” lanjut Rashford.

Baca Juga : Profil Zlatan Ibrahimovic Dewa yang Tak Kenal Tua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here