Beranda Berita Profil Ciprian Tătărușanu, Sang Kiper Veteran Romania

Profil Ciprian Tătărușanu, Sang Kiper Veteran Romania

221
0

Profil Ciprian Tătărușanu, Sang Kiper Veteran Romania – Meski bukan tergolong sebagai salah satu raksasa dunia sepakbola, Romania tercatat pernah lahirkan sejumlah bakat-bakat terkenal. Bahkan, beberapa pemain yang lahir dari negara ini sudah mendapat cap sebagai salah satu pemain legendaris dunia. Salah satunya adalah, kiper veteran Olympique Lyon, Ciprian Tătărușanu.

Namanya kini mungkin sudah jarang terdengar karena ia kini hanya menjadi kiper pilihan ke-2 setelah Anthony Lopes di Lyon. Namun, belakangan, Tătărușanu kembali jadi perbincangan setelah AC Milan kabarnya berminat mendatangkannya. Kiper 34 tahun ini dikabarkan akan jadi pelapis Antonio Donnarumma di tim asal Kota Mode tersebut.

Kesuksesan di Negeri Kelahiran

Pemain dengan nama lengkap Anton Ciprian Tătărușanu ini lahir pada tanggal 9 Februari 1986 di Bukares. Bukares sendiri adalah ibukota Romania sekaligus kota terluas di negara tersebut. Tătărușanu sudah mengenal dan menyukai sepakbola sejak belia. Hal itu dikarenakan dirinya tumbuh di ibukota.

Tătărușanu memulai perjalanan karir sepakbolanya bersama klub lokal Bukares, Juventus București. Kemudian, ia bergabung dengan klub Romania lain, Gloria Bistrița dan melakoni debutnya pada tanggal 23 Mei 2007 di laga divisi pertama melawan  Unirea Urziceni. Hingga pada tahun 2008, ia bergabung dengan Steaua București.

Setelah tiba untuk pertama kali di FCSB, Tătărușanu lebih dahulu memperkuat klub asalnya, Gloria Bistrița sebagai pemain pinjaman, karena saat itu, FCSB sudah memiliki kiper utama. Hingga pada 16 Juli 2009, ia tampil perdana untuk FCSB di ajang Europa League. Dan pada 2 Agustus di tahun yang sama, ia tampil perdana untuk FCSB di ajang Liga I Romania.

Sekitar lima musim sudah dijalani Tătărușanu bersama klub asal ibukota Romania tersebut. Total, ia juga sudah memainkan 187 pertandingan bersama FCSB, dengan berhasil persembahkan total empat trofi kompetisi domestik. Hingga pada 9 Juni 2014, Tătărușanu bergabung dengan tim Italia, Fiorentina setelah enggan memperpanjang kontraknya.

Perjalanan di Italia dan Prancis

Debut Tătărușanu di Fiorentina terjadi pada laga fase Grup UEFA Europa League melawan tim Prancis, Guingamp. Musim 2014/2015 menjadi musim terakhir Tătărușanu tampil reguler. Namun, di akhir musim ini, ia mendapat penghargaan dari surat kabar Romania, Gazeta Sporturilors sebagai pesepakbola Romania terbaik tahun 2015.

Profil Ciprian Tătărușanu, Sang Kiper Veteran Romania
Profil Ciprian Tătărușanu, Sang Kiper Veteran Romania

Akhir Juli 2017, Tătărușanu mengawali petualangannya di Prancis dengan bergabung bersama Nantes. Di akhir tahun, ia nyaris meraih penghargaan Romanian Footballer of the Year lagi, namun kalah dari Constantin Budescu. Ia menutup karirnya bersama Nantes dengan catatan 21 clean sheets dari total 67 laga yang telah ia mainkan.

Pada 13 Juni 2019, Tătărușanu resmi memperkuat Olympique Lyon setelah sebelumnya menjadi pemain free agent. Ia mengambil peran sebagai pelapis Anthony Lopes di klub ini. Pada musim 2019/2020 kemarin, Tătărușanu hanya tampil sebanyak enam kali bersama Lyon, yakni tiga kali di Coupe de La Ligue, sekali di Coupe France, dan dua kali di Ligue 1.

Karir Internasional

Dengan statusnya sebagai salah satu kiper senior, Tătărușanu kini tercatat telah menjadi pemain timnas Romania selama lebih dari sepuluh tahun. Ia memulai debutnya pada 17 November 2010, di bawah asuhan Răzvan Lucescu. Ia kemudian memperoleh medali perunggu bersama Romania di ajang Cyprus International Football Tournament 2011.

Dalam gelaran UEFA Euro 2016 kemarin, Tătărușanu menjadi satu dari 28 pemain yang ikut terseleksi ke dalam skuad timnas Romania. Teranyar, Tătărușanu juga menjadi bagian dari timnas Romania dalam turnamen UEFA Nations League. Musim ini, ia sudah tampil dua kali di Liga B, dalam laga melawan Irlandia Utara dan Austria.

Kiper dengan Reflek dan Ketenangan Bagus

Setiap orang, termasuk para pemain sepakbola pasti memiliki ciri khas dan kepribadian yang berbeda antara satu sama lain. Tătărușanu juga demikian. Ia dikenal memiliki kualitas dan ketenangan dalam menghadapi setiap laga. Menurut laman Whoscored, Tătărușanu juga memiliki reflek yang baik, serta gemar menghalau bola dengan tinjunya.

Dilansir dari laman web resmi Lyon, Tătărușanu mengatakan bahwa ia adalah tipe pemain yang suka mempelajari segala hal saat latihan. “Saya selalu berusaha belajar sesuatu di setiap sesi latihan, di setiap laga.” Katanya. “Saya tahu bagaimana caranya tetap tenang, saya juga tak mudah kehilangan fokus saat saya melakukan sesuatu, entah baik ataupun buruk.”

Baca Juga : Alex Telles Terbang Ke Inggris Kabarnya Gabung United

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here