Beranda Berita Profil Felipe Anderson Sang Peraih Medali Emas Olimpiade Pertama Brazil

Profil Felipe Anderson Sang Peraih Medali Emas Olimpiade Pertama Brazil

140
0
Profil Felipe Anderson Sang Peraih Medali Emas Olimpiade Pertama Brazil
Profil Felipe Anderson Sang Peraih Medali Emas Olimpiade Pertama Brazil

Profil Felipe Anderson Sang Peraih Medali Emas Olimpiade Pertama Brazil – Nama Felipe Anderson sepertinya memasuki era keemasannya ketika ia memperkuat Lazio, selama sekitar lima tahun. Kini, tepatnya di musim 2020/2021, bersama West Ham, menit bermain Anderson dikabarkan sudah mulai menurun. Inilah yang menjadi penyebab ia hengkang ke Porto, dengan status sebagai pemain pinjaman.

Pemain bernama lengkap Felipe Anderson Pereira Gomes sendiri merupakan seorang pemain yang berasal dari Brazil. Ia biasa dimainkan sebagai gelandang serang. Sepanjang karirnya, Anderson telah membela sejumlah klub, seperti Santos, Lazio, dan West Ham. Ia juga menjadi salah satu pemain timnas Brazil, sejak tahun 2015 silam.

Kesulitan Masa Kecil

Felipe Anderson, lahir pada tanggal 15 April 1993 di Santa Maria, Brazil. Kepada BBC, ia menyebut bahwa masa kecilnya adalah masa-masa yang sulit. Terkadang, ia dan keluarganya tak punya cukup uang untuk menghidangkan makanan. Bahkan, untuk urusan sepakbola, ia harus meminjam sepatu dari rekan-rekannya.

“Sebuah masa kecil yang sulit, tapi juga menyenangkan.” Kata Anderson, menggambarkan seperti apa masa kecilnya. “Terkadang, kami tak punya cukup makanan di meja makan. Ketika itu terjadi di akhir bulan, saya melihat orangtua saya sedih karena tak bisa memberikan yang terbaik untuk kami, mereka punya banyak hutang.”

“Tapi, saya tak berpikir bahwa semua itu adalah rintangan (untuk menjadi pesepakbola). Jika itu artinya saya harus meminjam sepatu dari teman-teman, maka akan saya lakukan. Saya mendapat kekuatan dari itu semua sekarang. Itu membantu saya lebih kuat dan tetap ramah, serta membuat saya membantu orang lain.”

Bersinar Bersama Santos dan Lazio

Semua kesulitan yang dihadapi Anderson semasa kecil, sepertinya berubah ketika ia bergabung dengan Santos. Sebelumnya, ia pernah bermain bersama sejumlah klub di level junior, seperti Coritiba, CPMIND dari Santa Maria, serta Federal FC. Hingga pada Oktober 2010, ia memutuskan bergabung dengan Santos.

Bersama dengan Neymar, Anderson yang melakoni debut pada 6 Oktober 2010 menjadi pemain yang bersinar bersama tim asal Brazil tersebut. Anderson berhasil mengemas total tujuh gol dan 13 assist dari 68 penampilannya bersama Santos. Ia akhirnya hijrah menuju Lazio pada Juni 2013, dengan biaya transfer sekitar 7,8 juta euro.

Waktu empat musim bersama Elang Ibukota, barangkali menjadi waktu terbaik dalam karirnya. Selama empat musim tersebut, Anderson tercatat telah mengemas 34 gol dan 39 assist dari 177 penampilannya bersama Biancocelesti. Ia mengakhiri karirnya bersama Lazio setelah persembahkan gelar Supercoppa Italiana untuk tim ini.

Karir di West Ham

Pada 15 Juli 2018, Anderson memulai petualangan baru bersama West Ham United. Di musim pertamanya, bersama pelatih Manuel Pellegrini, Anderson menikmati masa-masa indah. Ia berhasil bukukan sepuluh gol, dengan mencetak lima assist pula, dari 40 penampilannya bersama The Hammers.

Profil Felipe Anderson Sang Peraih Medali Emas Olimpiade Pertama Brazil
Profil Felipe Anderson Sang Peraih Medali Emas Olimpiade Pertama Brazil

Namun, semua berubah ketika David Moyes mengambil alih kursi kepelatihan West Ham. Kedatangan David Moyes memang berarti bagus bagi West Ham. Tapi bagi Anderson, tidak demikian. Seiring menit bermain yang semakin berkurang, ia kini memutuskan untuk hengkang ke klub Portugal, FC Porto di musim 2020/2021 sebagai pemain pinjaman.

Peraih Medali Emas Pertama Brazil

Di timnas Brazil, Anderson mengawali karirnya pada tahun 2015, tepatnya jelang ajang 2015 Copa América, di bawah asuhan Dunga. Setahun berselang, tepatnya pada tahun 2016, Anderson ikut dalam skuad Brazil menghadapi Olimpiade. Ia tampil di partai final melawan Jerman, dan akhirnya berhasil persembahkan gelar bagi Tim Samba.

Berkat kemenangan 5-4 di babak adu penalti kontra Jerman, Anderson, yang kali ini juga bermain bersama mantan rekan setimnya di Santos, Neymar sukses bawa medali emas. Ini menjadi kali pertama bagi timnas pria Brazil di ajang Olimpiade. Sayangnya, Anderson absen dari skuad timnas, hingga pada Februari 2019.

Gelandang Serba Bisa, dengan Berbagai Anugerah

Dikenal sebagai pemain yang berposisi sebagai gelandang serang, Filipe Anderson, bisa dibilang merupakan pemain yang memiliki segudang anugerah. Dalam hal kecepatan, ia disebut sebagai pemain tercepat di era sepakbola modern. Ia juga bisa dimainkan di sejumlah posisi, pekerja keras, dan punya insting mencetak gol tinggi.

Selain sebagai gelandang serang, gelandang tengah, maupun penyerang, Anderson, dengan kecepatan yang ia miliki, juga bisa dimainkan sebagai winger. Sejumlah skill yang ia miliki memungkinkannya menusuk dari sisi sayap pertahanan lawan. Akurasi yang ia miliki juga membuatnya kerap dipilih sebagai penendang bebas, atau eksekutor titik putih.

Baca Juga : Prediksi Inggris vs Belgia 11 Oktober 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here