Beranda Berita Profil Marash Kumbulla Bek Tangguh Rekrutan Anyar AS Roma

Profil Marash Kumbulla Bek Tangguh Rekrutan Anyar AS Roma

127
0
Profil Marash Kumbulla Bek Tangguh Rekrutan Anyar AS Roma
Profil Marash Kumbulla Bek Tangguh Rekrutan Anyar AS Roma

Profil Marash Kumbulla Bek Tangguh Rekrutan Anyar AS Roma – Seperti tak mau kalah dari sejumlah kompetisi sepakbola lainnya, Serie A, belakangan kerap melahirkan sejumlah talenta muda potensial. Salah satunya adalah pemain berkebangsaan Albania yang lahir di Italia, Marash Kumbulla. Pemain berusia 20 tahun tersebut belakangan tengah menjadi sorotan karena kepindahannya yang mengejutkan ke klub raksasa AS Roma.

Selama bursa transfer kemarin, Marash Kumbulla menjadi salah satu pemain yang paling diminati di seluruh Italia. Pada akhirnya, AS Roma berhasil memenangkan perburuan. Tim asal ibukota ini berhasil mendatangkan Kumbulla dengan status sebagai pemain pinjaman. Selain di level klub, Kumbulla juga sudah pernah memperkuat timnas senior Albania.

Bek Asli Verona yang Cemerlang

Mengutip dari berbagai sumber, Marash Kumbulla diketahui memiliki kebangsaan Albania. Namun, seperti yang telah disebutkan di atas, ia lahir di Italia. Kumbulla dilahirkan pada tanggal 8 Februari 2000. Ia lahir di Peschiera del Garda, sebuah kota yang terletak di provinsi Verona, kawasan Veneto, Italia dan berpopulasi sekitar 9 ribu jiwa.

Sejak kecil, Kumbulla diketahui merupakan didikan asli klub asal Italia, Hellas Verona. Ia memulai debutnya untuk klub ini pada 12 Agustus 2018. Kala itu, ia diturunkan sebagai starter dalam pertandingan Coppa Italia melawan Catania. Sepanjang musim 2018/2019, pemain yang kini berusia 20 tahun telah berhasil catatkan enam penampilan bersama Verona.

Perjalanan karir Kumbulla terus berlanjut hingga musim 2019/2020 ketika Verona promosi ke kasta tertinggi sepakbola Italia, Serie A. Di musim perdananya di Serie A, Kumbulla langsung suguhkan penampilan mengagumkan. Ia bermain 25 kali di Serie A dan sekali di ajang Coppa Italia dengan berhasil catatkan satu gol.

Seperti yang kita ketahui, Serie A adalah sebuah kompetisi yang keras, apalagi bagi para defender. Mungkin, kompetisi ini tak sekeras Premier League. Namun, dengan adanya para defender kelas dunia di sini, sepertinya sulit bagi para defender muda untuk berkembang. Tapi, Kumbulla tetap berhasil tampil mengesankan di usianya yang masih 20 tahunan.

Perjalanan panjang menghias karir Kumbulla untuk bisa sampai di level sekarang. Menurut laman Field Insider, setidaknya, ia sudah tampil 68 kali selama 3 tahun bersama Verona. Musim 2018/2019 lalu, ia mungkin hanya tampil tiga kali. Namun, di musim 2019/2020, Kumbulla sudah berhasil menunjukkan bahwa ia adalah sosok penting bagi tim ini.

Karir Internasional

Masih berusia sangat muda, wajar rasanya jika Kumbulla masih tercatat sebagai pemain baru di timnas Albania. Ia melakoni laga debutnya bersama tim senior Albania pada tanggal 14 Oktober 2019. Kumbulla saat itu masuk sebagai pengganti Ardian Ismajli dalam laga kualifikasi Piala 2020 melawan Moldova.

Sebelum tampil bersama tim senior pada bulan Oktober lalu, Kumbulla juga telah tampil di berbagai level timnas junior. Ia mengawali debut internasionalnya untuk Albania U-17 pada tanggal 25 April 2015. Setelahnya, ia kemudian tampil di level yang lebih senior, yakni timnas Albania U-19 dan Albania U-21.

Muda, Tangguh dan Akurat

Sebagai seorang pesepakbola profesional, usia Marash Kumbulla mungkin masih belum bisa dibilang matang. Namun, dengan kualitas yang ia tawarkan, Kumbulla sudah berhasil menarik minat sejumlah klub raksasa seperti Inter Milan, AS Roma dan Chelsea. Ia merupakan pemain muda yang kuat secara fisik.

Berdiri dengan postur setinggi 185 sentimeter, Kumbulla yang merupakan pemain dengan fisik kuat memiliki sejumlah kemampuan defender kelas dunia. Ia bisa menutup dan membayangi pergerakan setiap pemain lawan. Selain itu, ia juga piawai dalam memenangi setiap duel satu lawan satu melawan para penyerang lawan.

Profil Marash Kumbulla Bek Tangguh Rekrutan Anyar AS Roma
Profil Marash Kumbulla Bek Tangguh Rekrutan Anyar AS Roma

Bukan hanya itu, ia juga termasuk salah satu pemain yang pintar mencari posisi, baik dalam skema penyerangan ataupun bertahan. Ia juga piawai dalam memberikan umpan langsung dari pertahanan, menuju para penyerang di depan. Ditambah dengan stamina dan ketahanan tubuh yang kuat, Kumbulla adalah pemain yang menakutkan bagi lawan-lawannya.

Meski belakangan tengah banjir pujian, Marash Kumbulla tetaplah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Ia mungkin piawai dalam memberi umpan ke para penyerang. Namun, dalam hal membangun serangan, secara teknis, Kumbulla terbilang agak lemah. Kumbulla juga pemain yang cukup sering melakukan pelanggaran-pelanggaran yang tak perlu.

Baca Juga : 4 Wags Baru yang Akan Ramaikan Premier League Musim 2020-2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here