Beranda Berita Profil Nicolás Otamendi Bek Tangguh Argentina yang Baru Gabung Benfica

Profil Nicolás Otamendi Bek Tangguh Argentina yang Baru Gabung Benfica

128
0
Profil Nicolás Otamendi Bek Tangguh Argentina yang Baru Gabung Benfica
Profil Nicolás Otamendi Bek Tangguh Argentina yang Baru Gabung Benfica

Profil Nicolás Otamendi Bek Tangguh Argentina yang Baru Gabung Benfica – Kabar mengejutkan kali ini kembali datang dari Inggris, tepatnya dari Manchester City, setelah mereka berhasil menuntaskan transfer Rúben Dias. Dengan memasukkan Dias dalam skuadnya, City, kini juga telah sepakat melepas Nicolás Otamendi ke sisi seberang. Otamendi kini dilepas ke klub asal Dias, yakni Benfica.

Bicara soal Otamendi, bek berusia 32 tahun ini tentu merupakan pemain yang sudah begitu berpengalaman di City. Bukan hanya itu, ia juga tercatat sudah pernah memperkuat klub-klub elit Eropa lain, seperti Porto, hingga Valencia. Otamendi juga merupakan pemain senior timnas Argentina, yang saat ini sudah catatkan sekitar 70 caps bersama Tim Tango.

Awal Karir, Latihan Tinju Hingga Olahraga di Gym

Memiliki nama lengkap Nicolás Hernán Gonzalo Otamendi, Otamendi dilahirkan pada tanggal 12 Februari 1988 di Buenos Aires, Argentina. Saat ini, Otamendi dikenal sebagai bek yang memiliki fisik begitu tangguh. Mungkin, ini ia peroleh berkat latihan yang ia jalani ketika masih kecil di Buenos Aires, dahulu.

Otamendi yang tumbuh di El Talar dulu begitu gemar berlatih tinju. Ia membagi waktu antara berlatih sepakbola, dengan olahraga bela diri tersebut. Bahkan, guna membentuk fisik yang ideal, ia rutin mengunjungi gym setempat. Namun, pada akhirnya, ia tak sering lagi membentuk fisik di gym dan memilih fokus menggeluti dunia sepakbola.

Dari Argentina Hingga ke Eropa

Lahir di Buenos Aires, Otamendi memulai karirnya dari klub asal Argentina, Club Atlético Vélez Sarsfield. Ia melakoni debutnya bersama tim ini pada tanggal 10 Mei 2008 dalam pertandingan melawan Rosario Central. Hingga pada 23 Agustus, ia memulai petualangan baru di Eropa bersama klub Portugal, Porto.

Di Porto, Otamendi lesatkan gol pertamanya di laga melawan Olhanense, pada September 2011. Ita tampil 15 kali di musim perdananya bersama Porto dengan catatan lima gol, serta berhasil antarkan tim ini meraih gelar Primeria Liga. Beberapa musim berselang, ia berhasil persembahkan sejumlah gelar, termasuk gelar back-to-back liga pada 2012 dan 2013.

Pada 5 Februari 2014, Otamendi menandatangani kontrak lima tahun bersama raksasa Spanyol, Valencia dengan mahar transfer sebesar 12 juta euro. Sempat dipinjamkan ke Atlético Mineiro, Otamendi kembali ke Los Che dengan membawa catatan gemilang. Di akhir musim 2014/2015, ia berhasil bawa Los Che lolos ke fase grup Liga Champions.

Masih di musim yang sama, Otamendi berhasil catatkan 35 penampilan bersama Valencia di La Liga, serta 38 kali di semua ajang, dengan catatkan enam gol dalam perjalanannya. Capaian ini berhasil membuatnya masuk dalam Team of the Year La Liga di musim tersebut, dan membuatnya menjadi satu-satunya pemain Valencia dalam tim tersebut.

Manchester City dan Timnas Argentina

Melalui berbagai drama yang terjadi, Otamendi akhirnya menyepakati kontrak berdurasi lima tahun senilai 32 juta poundsterling bersama klub Inggris, Manchester City. Siapa sangka, di tim ini, karirnya bertahan cukup lama. Selama sekitar lima musim memperkuat City, Otamendi berhasil persembahkan beragam gelar untuk The Citizen.

Profil Nicolás Otamendi Bek Tangguh Argentina yang Baru Gabung Benfica
Profil Nicolás Otamendi Bek Tangguh Argentina yang Baru Gabung Benfica

Dua musim beruntun, ia berhasil menjuarai Premier League, yakni pada musim 2017/2018 dan musim 2018/2019. Di musim yang sama, ia juga berhasil merengkuh gelar EFL Cup, Community Shield, serta FA Cup. Sayang, per tanggal 29 September 2020, ia harus meninggalkan City, untuk menuju Benfica.

Selain berpengalaman di level klub, Otamendi juga memiliki segudang pengalaman dalam urusan memperkuat timnas Argentina. Ia pertama kali tampil di tim senior pada 20 Mei 2009, menurut Transfermarkt, di bawah asuhan Diego Maradona. Sejak saat itu, Otamendi sudah catatkan total 70 penampilan bersama Tim Tango di semua ajang.

Superman dari Manchester City

Dengan fisik yang kuat, serta jiwa kepemimpinan yang ia miliki, beberapa orang menyebutnya, sebagai ‘Sang Jenderal’. Bahkan, pelatih City, Pep Guardiola, pernah memberinya julukan, ‘Superman’, ketika ia masih memperkuat City. Sebagai seorang defender, Otamendi adalah sosok yang begitu sulit untuk dilewati.

“Nico adalah pemain luar biasa, karena ia adalah orang yang meski merasa sakit, meski punya masalah, di lutut, di punggung, dia akan selalu berjuang.” Tutur mantan pelatih Barcelona tersebut. “Dia adalah salah satu pesaing terberat yang pernah saya lihat dalam karir saya, dia adalah pemain yang sangat penting bagi tim.”

Baca Juga : Pesan Totti Berhasil Sadarkan Fans Roma Dari Koma 9 Bulan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here