Beranda Berita Profil Rúben Dias Bek Muda Portugal yang Tangguh dan Berjiwa Pemimpin

Profil Rúben Dias Bek Muda Portugal yang Tangguh dan Berjiwa Pemimpin

130
0
Profil Rúben Dias Bek Muda Portugal yang Tangguh dan Berjiwa Pemimpin
Profil Rúben Dias Bek Muda Portugal yang Tangguh dan Berjiwa Pemimpin

Profil Rúben Dias Bek Muda Portugal yang Tangguh dan Berjiwa Pemimpin – Nama defender Benfica, Rúben Dias, belakangan menjadi sorotan setelah dirinya dikait-kaitkan dengan dua tim asal Manchester, Manchester City dan Manchester United. Dias menjadi buruan kedua klub ini karena penampilan apiknya bersama Portugal. Musim lalu, dari 33 penampilan bersama Benfica, Dias telah berhasil catatkan dua gol dan tiga assist.

Dias sendiri merupakan salah satu jebolan akademi Benfica yang kini mendapat kesempatan bermain di tim utama. Ia menghabiskan hampir seluruh hidupnya untuk memperkuat tim asal Portugal tersebut. Selain itu, sejak tahun 2018 kemarin, Dias juga merupakan salah satu punggawa timnas Portugal senior.

Karir Cemerlang Bersama Benfica

Rúben Dias adalah seorang pemain yang lahir pada tanggal 14 Mei 1997. Ia lahir di Amadora, sebuah kota yang terletak sekitar 10 kilometer di sebelah barat daya Lisbon. Dia memulai karir sepakbolanya di klub lokal, Estrela da Amadora. Hingga pada tahun 2008, ia memilih untuk bergabung dengan akademi Benfica.

Butuh waktu sekitar tujuh tahun bagi Dias untuk akhirnya bisa memainkan pertandingan profesional pertamanya. Pada tahun 2015, Dias memulai pertandingan profesional pertamanya dalam laga Benfica B melawan Chaves di ajang LigaPro. Pelatih Benfica kala itu, Rui Vitória kemudian memanggilnya untuk skuad Liga Champions babak 16 besar.

Musim 2016/2017, Dias berhasil membawa Benfica B raih pencapaian gemilang. Pertama, ia berhasil membawa Benfica duduki peringkat ke-4 klasemen akhir kasta ke-2. Ia juga membantu tim ini mencapai final ajang UEFA Youth League musim 2016/2017. Musim berikutnya, ia mulai mendapat kesempatan untuk bermain di tim utama.

Sejak melakoni debut untuk tim utama pada 16 September 2017, penampilan Rúben Dias pun semakin cemerlang. Di musim 2017/2018, Dias catatkan performa apik dengan mengemas tiga gol dari 24 laga yang dimainkan. Atas performa gemilangnya tersebut, ia dianugerahi gelar Primeira Liga’s Best Young Player of the Year.

Masa Depan Timnas Portugal

Selain menjadi bagian penting dalam skuad Benfica sejak berada di level junior, Rúben Dias juga merupakan talenta muda emas milik timnas Portugal. Tugas internasional pertamanya datang pada 20 November 2012 di level timnas U-16. Mulai hari itu, ia mendapat kepercayaan tampil di berbagai level, hingga tim junior.

Pada tahun 2014, Dias menjadi salah satu pemain yang dibawa dalam turnamen Piala Eropa U-17 yang berlangsung di Malta. Kemudian, ia ditunjuk menjadi kapten timnas U-19 dan U-20 Portugal di ajang Piala Eropa U-19 tahun 2016 dan Piala Dunia U-20 tahun 2017. Mungkin, penampilan apiknya di level junior lah yang berhasil membawanya ke tim senior

Profil Rúben Dias Bek Muda Portugal yang Tangguh dan Berjiwa Pemimpin
Profil Rúben Dias Bek Muda Portugal yang Tangguh dan Berjiwa Pemimpin

Pelatih Fernando Santos, pertama kali memanggil Dias ke dalam skuad Seleção das Quinas pada 15 Maret 2018. Sempat dibawa Fernando Santos ke Piala Dunia 2018, Dias memulai debutnya pada bulan Mei 2018. Musim ini, ia mendapat kesempatan bermain reguler di dua laga pembuka UEFA Nations League Liga A melawan Kroasia dan Swedia.

Target Utama Duo Manchester

Sebagai salah satu defender dengan penampilan cemerlang, tak heran Rúben Dias diminati banyak raksasa. Belakangan, dua yang dikabarkan menjadi terdepan adalah duo Manchester, Manchester United dan Manchester City. Kedua tim yang tengah ingin menambal lini belakangnya diketahui memang tengah memburu pemain ini.

Dengan usianya yang masih cukup muda, Dias sepertinya punya masa depan yang masih cukup panjang. Jika nantinya ia akan bermain dengan City, maka, gaya mainnya dirasa akan cocok untuk tim ini. Pasalnya, secara akurasi umpan, Dias punya statistik bagus, yakni mampu selesaikan 1.934 umpan dari 2.184, menurut catatan dari laman AS.

Beberapa orang juga berpendapat bahwa Dias punya gaya main yang mirip dengan Virgil van Dijk, dan target City lainnya, Kalidou Koulibaly. Sebagai seorang bek, ia adalah pemain yang sangat tangguh dan sulit untuk dilewati. Ban kapten yang pernah ia pegang ketika bermain di tim junior Portugal juga agaknya memberi bukti bahwa ia punya jiwa kepemimpinan.

Menurut berbagai sumber, Manchester City, menjadi tim terdepan yang akan mengamankan jasa Dias. Namun, dari sisi lain, ia juga bisa saja bergabung dengan tim ‘sebelah’, Manchester United, karena Benfica dikabarkan tengah berminat memulangkan Victor Lindelöf. Dengan bursa transfer yang akan segera berakhir, ke manakah Dias akan pergi?

Baca Juga : 5 WAGs Baru yang Akan Menemani Para Bintang Lapangan di Serie A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here