Beranda Berita Samuel Umtiti Pahlawan Timnas Perancis yang Terbuang di Spanyol

Samuel Umtiti Pahlawan Timnas Perancis yang Terbuang di Spanyol

177
0

Samuel Umtiti Pahlawan Timnas Perancis yang Terbuang di Spanyol – Perancis menjadi salah satu negara di Eropa yang banyak mencetak pemain-pemain hebat kelas wahid. Mereka tak hanya punya Zinedine Zidane atau Thiery Henry, melainkan deretan nama lain yang sukses tunjukkan kualitasnya di panggung dunia.

Salah satu yang terbaik adalah Samuel Umtiti. Bek Barcelona tersebut sempat menjadi tulang punggung Timnas Perancis di gelaran Euro 2016 dan Piala Dunia 2018. Namun, cedera panjang membuat namanya seakan tenggelam dan jarang dijumpai. Kini, Umtiti dikabarkan akan segera meninggalkan Blaugrana karena tidak masuk dalam rencana strategi pelatih.

Suksesor Lilian Thuram

Samuel Umtiti merupakan salah satu pemain Timnas Perancis yang merupakan imigran dari benua Afrika. Ia lahir di Kota Yaounde, Kamerun pada 14 November 1993. Kedua orangtua Umtiti berasal dari kalangan masyarakat miskin. Oleh sebab itu, sang ibu menyerahkan Umtiti kepada kerabatnya yang pergi ke Perancis demi kehidupan yang lebih layak.

Sejak kecil, Umtiti telah cinta mati dengan sepak bola. Ia sangat terobsesi dengan kesuksesan Timnas Kamerun di berbagai ajang internasional di era 90-an.

Pada akhir era 90-an, cukup banyak anak-anak imigran Afrika yang bergabung dengan klub lokal di Perancis. Umtiti pun tak ingin ketinggalan untuk menimba ilmu bersama klub lokal, Menival FC, di kota Lyon.

Pada usia 8 tahun, Umtiti bergabung dengan tim akademi Lyon. Awalnya, ia dipercaya sebagai seorang penyerang. Namun, sang pelatih perlahan menggesernya ke tengah, hingga akhirnya Umtiti menemukan performa terbaiknya sebagai pemain bertahan.

Butuh waktu sekitar 10 tahun bagi Umtiti untuk menembus tim utama Lyon. Ia mencatatkan debut profesionalnya sebagai pesepak bola di ajang Coupe de France menghadapi Lyon-Duchère, 8 Januari 2012.

Hanya berselang sekitar seminggu, Umtiti untuk pertama kalinya tampil di Ligue 1 saat Lyon berhadapan dengan Montpellier. Umtiti bermain selama 90 menit penuh di laga itu dan membawa Lyon menang tipis 1-0.

Potensi Umtiti terus berkembang bersama Lyon. Ia bahkan disebut sebagai suksesor Lilian Thuram sebagai imigran Afrika yang berjaya bersama Timnas Perancis.

Selama 4 musim berada di tim utama Lyon, Umtiti berhasil mempersembahkan 1 gelar Coupe de France. Selain itu, ia juga sempat mengantarkan Lyon bertengger sebagai runner-up Ligue 1 musim 2014/2015 dan 2015/2016.

Pahlawan Timnas Perancis

Samuel Umtiti Pahlawan Timnas Perancis yang Terbuang di Spanyol
Samuel Umtiti Pahlawan Timnas Perancis yang Terbuang di Spanyol

Pada tahun 2016, Umtiti untuk pertama kalinya dipanggil ke Timnas Perancis. Ia kemudian masuk dalam skuad Ayam Jantan di bawah asuhan Didier Deschamps untuk Euro 2016.

Sejatinya, Umtiti bukan pilihan utama di lini belakang. Deschamps lebih memilih Adil Rami dan Laurent Koscielny untuk berduet di sektor pertahanan. Namun, Umtiti sempat merasakan 3 kali tampil sebagai starter di ajang tersebut.

Sayangnya, Perancis yang tampil apik sejak awal kompetisi gagal keluar sebagai jawara. Mereka ditumbangkan oleh Portugal di partai final dengan skor 0-1.

Performa apik Umtiti membuat Deschamps tak ragu untuk kembali membawanya ke Piala Dunia 2018. Kompetisi ini menjadi panggung utama bagi Umtiti. Ia tampil penuh dalam 6 laga Timnas Perancis dengan sumbangan satu gol.

Kemampuannya dalam membaca alur bola serta kuat dalam duel udara membuat sektor pertahanan Perancis tampak kokoh. Pada akhirnya, Umtiti berhasil mempersembahkan gelar Piala Dunia untuk kali kedua bagi Timnas Perancis. Ini menjadi gelar mayor tertinggi bagi Umtiti sepanjang karirnya sebagai pemain sepak bola.

Gagal Bersinar di Barcelona

Tampil ciamik bersama Lyon, membuat Barcelona tertarik untuk merekrut Umtiti. Pada musim panas 2016, Blaugrana rela menggelontorkan dana 25 juta euro untuk memboyong Umtiti ke Camp Nou.

Umtiti langsung nyetel dengan permainan Barcelona di musim pertamanya. Ia menjadi pilihan utama pelatih El Barca dan tampil dalam 25 pertandingan La Liga.

Musim 2017/2018 bisa dikatakan sebagai musim terbaik Umtiti bersama Barcelona. Ia tampil cemerlang dalam 40 laga di semua kompetisi. Di akhir musim, Umtiti sukses mempersembahkan gelar La Liga dan Copa Del Rey untuk klub Catalan tersebut.

Sayangnya, Umtiti hanya bersinar sesaat di Barcelona. Ia mulai mengalami berbagai masalah dengan kebugarannya. Umtiti bahkan berkali-kali naik meja operasi untuk memulihkan cederanya.

Absen cukup lama membuat posisi Umtiti perlahan tersingkir sebagai bek utama Barcelona. Musim lalu, ia hanya mencatatkan 13 penampilan di La Liga tanpa torehan satu gol pun. Yang lebih disayangkan lagi, Barcelona memasukkan Umtiti ke dalam daftar pemain yang akan dilepas pada musim panas ini.

Baca Juga : Prediksi Sheffield United vs Wolverhampton Wanderers Tim Mana yang Akan Berikan Kejutan di Pekan Pertama 15 September 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here