Beranda Berita Yuk Intip Latihan Fitness Ala Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Yuk Intip Latihan Fitness Ala Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

704
0
Yuk Intip Latihan Fitness Ala Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo
Yuk Intip Latihan Fitness Ala Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Yuk Intip Latihan Fitness Ala Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo – Kebugaran tubuh atau fitness merupakan salah satu hal paling penting yang perlu dijaga oleh setiap orang yang beraktivitas setiap hari. Terlebih lagi bagi seorang atlet, termasuk pemain sepak bola profesional.

Setiap orang punya cara tersendiri untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap bugar. Begitu pula dengan dua mega bintang sepak bola dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kedua pemain tersebut memiliki menu latihan khusus yang dilakukan secara rutin untuk menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Latihan Gerakan Lurus

Lionel Messi biasa rutin melakukan latihan fitness dua sesi dalam sehari. Pada sesi pertama, ia fokus pada gerakan dan kecepatan satu arah. Menu latihan ini dibuka dengan pemanasan dan peregangan otot.

Setelah merasa cukup melakukan pemanasan, ia kemudian melakukan skipping, dilanjutkan dengan lompat rintang atau lompat jongkok. Gerakan-gerakan tersebut dimaksudkan untuk melatih otot tumit guna meningkatkan daya dorong saat di lapangan.

Setelah itu, Messi melanjutkannya dengan sprint sebanyak beberapa kali dan ditutup dengan jalan santai selama 5 menit untuk proses pendinginan. Serangkaian latihan tersebut dilakukan Messi untuk melatih kekuatan dan kecepatannya dalam bergerak lurus ke depan.

Melatih Gerakan Menyamping

Selain melatih gerakan lurus, Messi juga melakukan latihan guna meningkatkan kekuatan dan kecepatan multi directional atau ke segala arah.

Messi memulainya dengan gerakan Multi Directional Lunge and Forward Lunge. Setelah itu dilanjut dengan gerakan Pillar skip. Serangkaian gerakan tersebut dilakukan berulang kali selama kurang lebih 15 menit dengan diselingi istirahat selama 1 menit.

Gerakan tersebut dianggap mampu meningkatkan kinerja otot kaki untuk melakukan gerakan menyamping atau memutar. Kelebihan melakukan latihan ini adalah tak perlu tempat yang begitu luas karena lebih banyak gerakan yang dilakukan di tempat.

Upper Body

Jika Lionel Messi lebih banyak berlatih untuk meningkatkan kelincahan dan kecepatan dalam bergerak di lapangan, lain halnya dengan Cristiano Ronaldo. Mega bintang asal Portugal ini lebih banyak melakukan latihan untuk membentuk otot di sekujur tubuhnya.

Menu latihan pertama yang kerap dilakukan oleh Ronaldo adalah melatih otot tubuh bagian atas atau upper body. Ia biasa melakukannya dengan bantuan dumbell atau botol air mineral yang diisi dengan air yang digunakan sebagai beban.

Dengan beban tersebut, Ronaldo melakukan gerakan yang dinamakan flat dumbell. Untuk melakukan gerakan ini, ia hanya perlu tidur telentang di atas matrass. Dengan menggenggam beban di tangan, Ronaldo kemudian mengangkat dan menurunkannya sebanyak 4 kali dengan pengulangan 10 sampai 12 hitungan.

Setelah itu, Ronaldo mengistirahatkan tubuhnya selama 2 hingga 3 menit. Setelah merasa siap, ia melanjutkannya dengan gerakan plank untuk membentuk otot perut, dada, dan lengannya.

Gerakan ini bisa dilakukan tanpa menggunakan beban atau dengan tambahan beban. Ia melakukannya dengan posisi menyerupai push-up namun bertumpu pada kedua siku dan ujung kaki. Ronaldo menahan gerakan ini hingga 30 detik. Kemudian melanjutkannya lagi hingga 60 detik. Dan yang terakhir hingga 90 detik.

Jaga Stamina

Yuk Intip Latihan Fitness Ala Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo
Yuk Intip Latihan Fitness Ala Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Stamina menjadi komponen yang cukup penting bagi pesepak bola yang diwajibkan untuk terus bergerak di atas lapangan selama 90 menit. Oleh sebab itu, Ronaldo biasa meningkatkan staminanya dengan latihan Cardio HIT (High Intensity Interval Training).

Latihan ini terbilang cukup berat karena harus dilakukan secara teratur, berulang dan dalam waktu secepat mungkin. Ronaldo melakukannya dengan lebih dari satu macam gerakan. Ia biasa memadukan gerakan push-up, squat, dan plank dengan lari jarak pendek dan lompat rintang.

Lower Body

Latihan rutin terakhir yang dilakukan Ronaldo demi menjaga kebugaran tubuhnya adalah dengan melatih otot bagian bawah atau lower body. Dalam latihan ini, Ronaldo fokus untuk membentuk dan menguatkan otot sekitar paha dan betis.

Beberapa gerakan yang ia lakukan meliputi; Hack Squat, Barbell Back Squat, Romanian Deadlift, dan Bulgarian Split Squat. Gerakan-gerakan tersebut dilakukan Ronaldo dengan bantuan beban berupa barbell, dumbell, atau kettlebell. Jenis latihan ini juga bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan alat-alat sederhana.

Untuk menjaga ketahanan tubuh dan membentuk otot-otot tubuhnya, Ronaldo biasa melakukan serangkaian latihan tersebut sebanyak 2 kali dalam seminggu. Selain itu, ia juga menjaga pola makannnya setiap hari agar mendapat hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga : AC Milan Menang Atas Shamrock Rovers Calhanoglu Hadirkan Chemistry dengan Ibrahimovic

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here