Beranda Berita Profil Alphonse Areola Kiper Berbakat yang Cinta PSG

Profil Alphonse Areola Kiper Berbakat yang Cinta PSG

160
0

Profil Alphonse Areola Kiper Berbakat yang Cinta PSG – Setelah cukup lama berkiprah di negeri kelahiran, kiper Paris Saint-Germain, Alphonse Areola akhirnya akan memulai petualangan baru di Inggris. Ia akan bergabung bersama tim Premier League, Fulham dengan status sebagai pemain pinjaman. Sejak datang ke Fulham, nama Areola sepertinya terus jadi bahan perbincangan.

Alphonse Areola sendiri merupakan seorang penjaga gawang asal Prancis yang kini telah bermain di dua negara berbeda. Ia pernah memperkuat beberapa tim Spanyol, dan juga berkarir bersama klub yang ia sebut sebagai klub impian masa kecilnya, PSG. Sepanjang karirnya, Areola telah bermain 229 dengan catatan 98 kali clean sheet.

Perjalanan Karir di Level Klub

Memiliki darah Filipina, Alphonse Areola dilahirkan di Paris, Prancis pada tanggal 27 Februari 1993. Sejak usia enam tahun, Areola telah menyukai sepakbola dan sudah mulai bermain untuk klub lokal, Entente Sportive des Petits Anges. Tujuh tahun kemudian, ia baru bergabung dengan PSG.

Pada bulan Juli 2009, setelah mendapat pelatihan lebih lanjut di Clairefontaine, pusat latihan timnas Prancis, Areola menandatangani kontrak profesional pertamanya. Kemudian pada Mei 2013, ia melakoni debutnya bersama Les Parisiens. Sepanjang periode tahun 2013 hingga 2016, Areola sempat dipinjamkan ke sejumlah klub Eropa.

Mantan manajer PSG, Antoine Kombouaré mendatangkan Areola ke klub yang ia bina, RC Lens, pada 23 Juli 2013 sebagai pemain pinjaman. Di tim ini, ia berhasil tampil cemerlang dengan membawa Lens finish sebagai runner-up Ligue 2 dan promosi ke Ligue 1. Ia juga berhasil dapatkan penghargaan Eurosport Revelation of the Year 2014.

Karirnya kemudian berlanjut di Bastia dan berhasil membawa tim ini finish sebagai peringkat ke-12 Ligue 1 musim 2014/2015 serta finish sebagai runner-up Coupe de la Ligue. Pada 17 Juni 2015, petualangannya berlanjut ke Spanyol, tepatnya bersama Villarreal. Penampilan apiknya bersama tim ini, Areola kemudian dipulangkan ke PSG pada musim 2016/2017.

Sejak saat itu, Areola mendapat kesempatan bermain secara reguler bersama tim asal Prancis. Bersamaan dengan itu, Areola mengaku bangga bisa memperkuat tim yang sejak kecil menjadi favoritnya. Bersama PSG, ia telah memenangkan sejumlah gelar, seperti Ligue 1, Coupe de France, Coupe de la Ligue dan Trophée des Champions.

Profil Alphonse Areola Kiper Berbakat yang Cinta PSG
Profil Alphonse Areola Kiper Berbakat yang Cinta PSG

Menyusul kepindahan Keylor Navas ke PSG, Areola menjadi bagian kesepakatan dan dipinjamkan ke Real Madrid. Di klub ini, ia hanya tampil empat kali di kompetisi La Liga musim 2019/2020. Namun, di musim yang sama, Areola berhasil menjuarai La Liga bersama klubnya tersebut.

Karir Internasional

Terlahir di Prancis, Areola tercatat pernah memperkuat timnas junior Prancis di semua level. Sepanjang tahun 2008 hingga 2014, ia tampil di berbagai level timnas junior Prancis, mulai dari U-16, hingga U-21. Ia juga menjadi pahlawan Prancis dalam kesuksesan Les Bleus junior menjuarai FIFA U-20 World Cup 2013.

Barangkali, penampilan cemerlangnya di timnas junior Prancis inilah yang membawa Areola menuju timnas senior Prancis. Pada 2018 lalu, Areola menjadi kiper pilihan ke-3 Prancis setelah Hugo Lloris dan Steve Mandanda di ajang Piala Dunia 2018. Ia juga berhasil menjadi pemain pertama yang juarai Piala Dunia tanpa sekalipun tampil, sejak 1986.

Cederanya Hugo Lloris pada akhir 2018 kemarin, akhirnya membuat Areola tampil sebagai kiper utama Prancis di ajang UEFA Nations League. Ia tampil di dua laga, yakni saat Prancis imbang kontra Jerman, dan menang atas Belanda. Hingga saat ini, Areola sudah berhasil catatkan total tiga penampilan bersama Les Bleus.

Kiper Agresif yang Setia Pada PSG

Sebagai seorang penjaga gawang, Alphonse Areola adalah tipe penjaga gawang yang bermain lebih offensive. Artinya, jika ia dihadapkan dengan situasi satu lawan satu dengan penyerang lawan, maka ia tak segan untuk maju demi menghentikan serangan penyerang tersebut. Di PSG, ia memegang peranan penting sebagai palang pintu pertahanan terakhir tim.

Soal kesetiaan kepada PSG, Areola juga hendaknya tak perlu diragukan. Ia pernah mengatakan bahwa PSG adalah klub impian masa kecilnya. Dan ia beruntung bisa mewujudkan impian masa kecilnya tersebut. Sementara itu, pelatih Thomas Tuchel juga pernah memuji kesetiaan Areola kepada PSG.

Seperti dilansir dari laman Goal, Tuchel mengatakan, “Alphonse datang setiap hari ke pusat pelatihan. PSG adalah hidupnya, klub ini berarti segalanya baginya. Saya tegaskan, kami (PSG) butuh pemain seperti ini. Pemain sepertinya adalah hati dan jiwa permainan PSG. Mereka mewakili setiap permainan PSG.”

Baca Juga : Skandal Timnas Inggris Phil Foden Minta Maaf Mason Green Wood Masih Bungkam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here