Beranda Berita Profil Ansu Fati Penerus Masa Keemasan Barcelona Selanjutnya

Profil Ansu Fati Penerus Masa Keemasan Barcelona Selanjutnya

131
0
Profil Ansu Fati Penerus Masa Keemasan Barcelona Selanjutnya
Profil Ansu Fati Penerus Masa Keemasan Barcelona Selanjutnya

Profil Ansu Fati Penerus Masa Keemasan Barcelona Selanjutnya – Barcelona yang dikenal sebagai salah satu klub raksasa Eropa belakangan dikenal sudah mulai jarang mengorbitkan para pemain akademinya. Padahal, La Masia, akademi Barca, merupakan salah satu akademi sepakbola terbaik di Eropa, bahkan dunia. Namun, setidaknya dalam dua musim terakhir, ada satu nama jebolan asli klub ini yang tengah naik daun.

Dia adalah Anssumane Fati Vieira, atau yang biasa kita kenal sebagai Ansu Fati. Ansu Fati merupakan salah satu pemain muda Barca yang belakangan tengah bersinar. Musim lalu, ia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Barca. Di musim yang sama, ia berhasil menjadi debutan termuda ke-2 yang pernah memperkuat klub asal Catalan ini.

Pernah Menjadi Penggemar Real Madrid

Anssumane Fati Vieira, lahir pada tanggal 31 Oktober 2002 di Bissau, ibukota negara Guinea-Bissau. Sejak kecil, Fati sudah terbiasa dengan sepakbola karena ayahnya, Bori Fati, merupakan seorang pesepakbola di Guinea-Bissau. Saudara-saudara Fati juga memilih untuk mengikuti jejak ayahnya tersebut.

Di usia enam tahun, Fati dan keluarganya pindah ke Herrera, Sevilla, Spanyol. Pada tahun 2009, Cristiano Ronaldo pertama kali hijrah ke Spanyol bersama Real Madrid. Menariknya, Fati dahulu merupakan penggemar klub asal ibukota tersebut. Ia mengikuti segala aktivitas klub, sembari menimba ilmu di akademi Sevilla.

Ketika di Sevilla, Fati mengaku pernah dibujuk untuk bergabung dengan akademi Real Madrid dan Barcelona. Namun, ia memilih untuk bertahan. Hingga pada 2012, Barcelona berhasil membawanya ke La Masia. Berkat penampilan gemilangnya di sektor junior, Barca akhirnya membawa Fati ke tim utama.

Berbagai Rekor Bersama Tim Utama Barcelona

Pada 24 Juli 2019, ia menandatangani kontrak profesional pertamanya sebelum akhirnya melakoni debut pada 25 Agustus di tahun yang sama. Kala itu, Fati mencetak rekor sebagai debutan termuda ke-2 Barca setelah Vicenç Martínez dengan usia 16 tahun, 298 hari. Enam hari berselang, ia kembali mencetak rekor sebagai pencetak gol termuda Barca.

Rekor demi rekor berhasil ia toreh bersama tim senior Barca. Seperti pada 14 September 2019, ketika ia mencetak rekor sebagai pemain termuda La Liga yang mencetak gol dan assist. 17 September 2019, penampilannya di Liga Champions membuatnya menjadi pemain termuda tim Catalan yang tampil di kompetisi tertinggi antarklub Benua Biru ini.

Profil Ansu Fati Penerus Masa Keemasan Barcelona Selanjutnya
Profil Ansu Fati Penerus Masa Keemasan Barcelona Selanjutnya

Akhirnya, berkat penampilan gemilang tersebut, Fati mendapat kesempatan promosi secara penuh untuk tim utama Barca, sejak 23 September 2020. Di laga pembuka La Liga musim 2020/2021, ia mencetak brace di laga melawan Villarreal. Pelatih anyar Barca, Ronald Koeman, menilai bahwa Fati punya masa depan cerah dalam karirnya.

Cemerlang Bersama Timnas Spanyol

Cukup lama menetap di Spanyol, federasi sepakbola Negeri Matador, Royal Spanish Football Federation atau RFEF sempat tertarik dengan bakat Fati. Pada 2019 lalu, pemerintah Spanyol diketahui tengah mencari cara untuk memberikan kewarganegaraan Spanyol. Hingga akhirnya, keinginan itu terwujud pada 20 September 2019.

Setelah mendapat kewarganegaraan Spanyol, Fati mulai membela timnas Spanyol di sektor U-21, dengan melakoni debut melawan Montenegro. Fati kemudian mendapat panggilan untuk timnas senior pada 20 Agustus 2020. Ia melakoni debutnya untuk La Furia Roja, pada 3 September melawan Jerman di UEFA Nations League musim 2020/2021.

Lagi-lagi, rekor berhasil diciptakan Fati di timnas dengan golnya yang lahir ke gawang Ukraina pada 6 September 2020. Gol tersebut menjadikannya sebagai pemain termuda Spanyol yang mencetak gol di tim senior dengan usia 17 tahun 311 hari. Ia sukses mematahkan rekor Juan Errazquin Tomás yang sebelumnya bertahan selama 95 tahun.

Gaya Bermain

Bermain sebagai seorang winger, atau bisa juga sebagai gelandang serang, Fati memiliki sejumlah kemampuan luar biasa. Kecepatan berlarinya begitu sulit untuk ditandingi, akurasi tembakannya juga tak boleh dianggap enteng. Dengan segala kemampuan yang ia miliki, Fati juga merupakan pemain yang suka berduel satu lawan satu melawan pemain lawan.

Namun, dari segi kelemahan, Fati, dianggap oleh beberapa orang sebagai pemain yang sedikit egois. Ia adalah tipe pemain yang sepertinya ingin mencetak gol untuk dirinya sendiri. Akan tetapi, ini sepertinya merupakan hal wajar bagi setiap pemain muda. Mungkin, seiring bertambahnya usia, ia akan lebih matang setiap kali bermain di atas lapangan.

Baca Juga : Roberto Firmino False Nine Terbaik Dunia yang Dulu Pernah Disepelekan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here