Beranda Berita Profil Cengiz Ünder Winger Mungil Nan Lincah Rekrutan Anyar Leicester City

Profil Cengiz Ünder Winger Mungil Nan Lincah Rekrutan Anyar Leicester City

147
0
Profil Cengiz Ünder Winger Mungil Nan Lincah Rekrutan Anyar Leicester City
Profil Cengiz Ünder Winger Mungil Nan Lincah Rekrutan Anyar Leicester City

Profil Cengiz Ünder Winger Mungil Nan Lincah Rekrutan Anyar Leicester City – Sejak didatangkan ke AS Roma, sekitar tahun 2017 silam, nama Cengiz Ünder sepertinya sudah tumbuh menjadi idola para penggemar Serigala Ibukota. Kala itu, namanya kerap mendapat pujian sebagai salah satu pemain muda terbaik. Kini, jelang ditutupnya jendela transfer musim panas 2020, winger berpaspor Turki kembali ciptakan sensasi.

Berkat penampilan impresifnya bersama Roma, Ünder menarik perhatian salah satu klub Inggris, Leicester City. Klub inilah yang pada akhirnya mendatangkan Ünder di musim 2020/2021 ini dengan status sebagai pemain pinjaman. Ünder akan berkiprah di EPL selama setahun ke depan bersama tim berjuluk The Foxes ini.

Masa Sulit Hingga Bersinar Pertama Kali

Cengiz Ünder merupakan pemain yang lahir pada tanggal 14 Juli 1997 silam, di Sındırgı, kota di distrik Balıkesir, Turki. Tak ada yang menyangka bahwa Ünder akan menjadi populer seperti sekarang, termasuk dirinya sendiri. Semasa kecil, Ünder tumbuh di kota kecil, kota di mana mimpi dan harapannya sulit untuk dikembangkan.

Beberapa anak yang berasal dari kota kelahiran Ünder terpaksa mundur dan tak bisa melanjutkan karir sepakbolanya lebih jauh. Namun, Ünder diberi anugerah istimewa. Di usianya yang baru menginjak sepuluh tahun, ia pindah ke İzmir. Ia tampil bersama klub lokal Bucaspor dan mulai menunjukkan sinarnya di sini.

Ünder kemudian melanjutkan karirnya sebagai pemain profesional ke klub asal İzmir lainnya, Altinordu, sebelum akhirnya bergabung dengan İstanbul Başakşehir pada 2016. Di klub inilah, ia mulai mencuri perhatian seluruh penjuru Eropa. Ia dilabeli sebagai salah satu pemain terbaik Süper Lig Turki dengan mencetak tujuh gol di musim debutnya.

Mimpi Jadi Kenyataan

Penampilan gemilang bersama Başakşehir adalah salah satu alasan mengapa raksasa Serie A, AS Roma tertarik untuk memboyongnya. Pada 16 Juli 2017, Ünder bergabung dengan AS Roma dengan nilai transfer sebesar 13,4 juta euro. Ia kemudian mencetak gol perdananya untuk tim ibukota pada bulan Februari tahun 2018 ke gawang Hellas Verona.

Beberapa hari berselang, tepatnya pada 21 Februari 2018, Ünder tampil perdana di ajang Liga Champions dalam laga babak 16 besar melawan Shakhtar Donetsk. Lagi-lagi, ia mencetak gol yang sangat krusial bagi I Lupi di laga ini. Satu golnya ke gawang Shakhtar akhirnya menjadi penentu langkah Roma setelah di leg ke-2 mereka menang 1-0 di Olimpico.

Profil Cengiz Ünder Winger Mungil Nan Lincah Rekrutan Anyar Leicester City
Profil Cengiz Ünder Winger Mungil Nan Lincah Rekrutan Anyar Leicester City

Mulai musim 2020/2021 ini, Ünder akan memulai petualangan barunya di Inggris, negeri yang selama ini ia idam-idamkan. Adalah juara Liga Primer Inggris musim 2015/2016, Leicester City yang berhasil membawanya ke Negeri Ratu Elizabeth. Mereka membawa Ünder dengan biaya transfer sebesar 2,7 juta poundsterling sebagai pemain pinjaman.

Bermain di Inggris selalu menjadi idaman pemain asal Turki tersebut.“Saya sudah tak sabar bergabung dengan Leicester dan memulai latihan.” Katanya. “Selama ini, saya selalu ingin bermain di Inggris. Dan ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk dapat bermain di kompetisi Liga Primer Inggris.”

Karir Internasional

Sebagai salah satu pemain muda paling bersinar kala itu, Ünder akhirnya mendapat kesempatan membela timnas Turki ketika baru berusia 17 tahun. Pelatih Turki U-18 Mehmet Hacıoğlu kala itu memasukkan Ünder dalam skuadnya. Sejak saat itu, winger Roma sukses temukan jalannya sendiri menuju tim senior Turki.

Pelatih Fatih Terim adalah orang pertama yang membawa Ünder pertama kali tampil untuk tim senior Turki pada 12 November 2016. Sejak saat itu, ia hampir selalu ikut serta dalam setiap pertandingan yang dilakoni Turki. Musim ini, ia juga sudah tampil sekali bersama Turki di ajang UEFA Nations League melawan Serbia.

Winger Mungil Penuh Ancaman

Berdiri dengan postur 1,73 meter, Ünder termasuk salah satu pemain berpostur mungil di Eropa. Ini tentu membuatnya memiliki gerakan yang lebih lincah dibanding para pemain lain yang memiliki postur lebih besar. Dalam skema 4-2-3-1 Roma, Ünder berperan sebagai seorang sayap kanan yang suka tebar ancaman di sisi pertahanan lawan.

Dari segi permainannya, Ünder juga bisa bermain sebagai seorang gelandang serang. Awalnya, Ünder memang diberi tugas sebagai pengganti Mohamed Salah yang kala itu memilih hijrah menuju Liverpool. Ünder juga memiliki sejumlah kemampuan lain, seperti, pandai membuat keputusan, punya akurasi tajam dan pandai berikan umpan.

Baca Juga : Profil Sergio Reguilón Full-Back Madrid yang Kini Hijrah ke London

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here