Beranda Berita Profil Dusan Tadic Pemain Yang Betah Tampil Di Eredivisie

Profil Dusan Tadic Pemain Yang Betah Tampil Di Eredivisie

155
0
Profil Dusan Tadic Pemain Yang Betah Tampil Di Eredivisie
Profil Dusan Tadic Pemain Yang Betah Tampil Di Eredivisie

Profil Dusan Tadic Pemain Yang Betah Tampil Di Eredivisie – Dusan Tadic saat ini masih aktif sebagai pemain dengan berseragam Ajax sejak tahun 2008 lalu. Sebelum itu, pemain asal Serbia tersebut pernah bermain di Southampton selama kurang lebih empat tahun.

Selain bermain untuk kedua tim tersebut, Dusan Tadic juga telah dipanggil oleh Timnas Serbia beberapa kali sejak menjalani debut pada 2008 lalu. Kini di usianya yang sudah menginjak 31 tahun, pemain tersebut tengah fokus bermain di Eredivisie hingga kontraknya berakhir pada tahun 2023 nanti.

Awal Karir Dusan Tadic

Dusan Tadic mengawali karirnya sebagai pesepakbola dengan bergabung ke akademi yang ada di kampung halamannya yaitu AIK Backa Topola. Kemudian pada 2002, dia memutuskan untuk bergabung dengan Vojvodina dan menjalani laga debut sebagai pemain sepakbola profesional.

Saat itu Dusan Tadic menjalani laga debut ketika masih berusia 18 tahun dan berkompetisi di Liga Serbia dan melawan tim-tim hebat. Selama berseragam Vojvodina, Dusan Tadic telah memainkan 107 pertandingan dan mencetak 29 gol dalam kurun waktu empat tahun.

Lalu pada tahun 2010 lalu, Dusan Tadic bergabung ke klub asal Belanda yaitu Groningen dengan biaya transfer sebesar 1.23 juta euro. Di pertandingan debutnya berseragam Groningen, Dusan Tadic langsung melawan tim besar Ajax di Eredivisie saat itu.

Namun meski melawan Ajax, Dusan Tadic berhasil membawa timnya meraih satu poin setelah menahan imbang klub tersebut dengan skor 2-2. Bahkan pemain asal Serbia itu mencatatkan sebuah assist untuk Tim Matavz yang berhasil mencetak gol ke gawang Ajax.

Konsistensi Dusan Tadic di Eredivisie

Dusan Tadic bisa dibilang menjalani debut yang mengesankan di Groningen dengan catatan 22 assist dan tujuh gol dalam 41 pertandingan. Bahkan pemain asal Serbia tersebut saat itu menjadi peraih assist ketiga terbanyak setelah Lionel Messi dan Mesut Ozil di liga top Eropa.

Di musim keduanya, catatan assist Dusan Tadic memang menurun karena hanya meraih sepuluh assist saja pada musim 2011-2012. Namun dirinya tetap mencetak tujuh gol seperti di musim sebelumnya dan membawa Groningen lolos dari zona degradasi.

Profil Dusan Tadic Pemain Yang Betah Tampil Di Eredivisie
Profil Dusan Tadic Pemain Yang Betah Tampil Di Eredivisie

Pada musim 2012-2013, Twente memutuskan untuk membawa Dusan Tadic dari Groningen dengan biaya sebesar 7.7 juta euro. Kali ini, dirinya menjalani debut Groningen yang merupakan bekas timnya dan mencetak dua gol.

Performa Dusan Tadic tetap bagus meskipun sudah berpindah klub setelah menjadi topskorer kedua Twente dengan catatan 16 golnya di bawah Nacer Chadli saat itu. Kemudian di musim berikutnya, dia menjadi topskorer klub dengan perolehan gol yang sama seperti sebelumnya.

Mulai Dikenal Publik Dengan Bergabung ke Southampton

Di tahun 2014, Ronald Koeman yang saat itu menjadi manajer Southampton mendatangkannya dengan biaya 10.9 juta pounds dari Twente. Dusan Tadic menyetujui kontrak empat tahun bersama The Saints dan akhirnya mulai dikenal oleh publik sepakbola dengan bermain di Liga Primer Inggris.

Namun sayang, di Liga Primer Inggris dirinya kurang dapat tampil maksimal karena kalah bersaing dengan pemain-pemain lain. Selama berseragam Southampton, pemain asal Serbia ini hanya mencetak 24 gol dan 35 assist dalam kurun waktu empat tahun.

Kemudian pada tahun 2018, Ajax membawanya kembali ke Eredivisie setelah membeli pemain tersebut seharga 11.4 juta euro. Terbukti setelah kembali ke Belanda, Dusan Tadic kembali menunjukkan kemampuan terbaik yang dimiliki.

Sebanyak 38 gol berhasil diraihnya hanya dalam musim 2018-2019 dalam 56 pertandingan di berbagai kompetisi. Bahkan saat itu dirinya berhasil membantu Ajax mencapai semifinal Liga Champions Eropa sebelum akhirnya dikalahkan Tottenham.

Di musim 2019-2020 lalu, performa Dusan Tadic telah menurun mengingat usianya yang telah menginjak 30 tahun lebih. Namun masih dapat mencetak 16 gol dalam 41 pertandingan di berbagai kompetisi.

Dusan Tadic Bersama Timnas Serbia

Dusan Tadic memulai karirnya di Timnas Serbia sejak tahun 2008 dan saat itu dirinya masih berusia 20 tahun. Namun dia baru sering dipanggil dan dimainkan pada tahun 2011 dan sejauh ini telah mencatatkan 67 caps bersama Timnas Serbia.

Selain itu, Dusan Tadic juga menjadi salah satu pemain yang mengikuti dua edisi Piala Dunia yaitu pada 2014 dan 2018 lalu. Momen yang paling diingatnya tentu di Piala Dunia 2018 lalu sebab Dusan Tadic berhasil mencetak empat gol dan menjadi juara grup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here