Beranda Berita Profil Ki-Jana Hoever Defender Tangguh Masa Depan Timnas Belanda

Profil Ki-Jana Hoever Defender Tangguh Masa Depan Timnas Belanda

156
0
Profil Ki-Jana Hoever Defender Tangguh, Masa Depan Timnas Belanda
Profil Ki-Jana Hoever Defender Tangguh, Masa Depan Timnas Belanda

Profil Ki-Jana Hoever Defender Tangguh Masa Depan Timnas Belanda – Klub asal Inggris, Liverpool, dikenal sebagai salah satu klub asal Negeri Ratu Elizabeth yang sukses menelurkan sejumlah bakat-bakat berkualitas di dunia sepakbola. Belakangan, ada satu nama yang tengah jadi pusat perhatian. Dia adalah pemain muda asal Belanda, Ki-Jana Hoever.

Sedikit perkenalan, pemain bernama lengkap Ki-Jana Delano Hoever ini lahir pada tanggal 18 Januari 2002 di Amsterdam, Belanda. Ia mengawali karir bersama tim junior Ajax, sebelum akhirnya bergabung dengan Liverpool pada tahun 2018. Hoever kemudian pindah ke Wolverhampton di bursa transfer musim panas 2020 dengan biaya 13,5 juta poundsterling.

Nama yang Terinspirasi Bintang NFL

Terlahir di Amsterdam, Belanda, Hoever sejatinya bukan orang asli Belanda, melainkan seorang keturunan Suriname. Ada kisah unik terselip di balik pemberian nama pemain berusia 18 tahun tersebut. Ayahnya, memberi nama Ki-Jana karena terinspirasi dari mantan pemain American Football, yang bermain di National Football League, Ki-Jana Carter.

Hal ini diungkapkan Hoever dalam sesi tanya jawab bersama para penggemar yang dipublikasikan Bleacher Report. Ketika ditanya olahraga mana yang mungkin akan ia mainkan selain sepakbola, Hoever menjawab, “Ayah saya bermain American Football. Dia adalah penggemar 49ers dan memberi nama saya karena terinspirasi Ki-Jana Carter.”

Karir di Level Klub

Meski terlahir di Amsterdam, klub pertama yang dibela Hoever bukanlah Ajax, melainkan AZ Alkmaar. Ia kemudian pindah ke Ajax pada tahun 2014. Menyusul performa mengagumkannya bersama tim U-17 Ajax, Liverpool pun memboyongnya. Saat pertama kali tiba, ia diberi kesempatan untuk bermain di level U-18 klub asal Merseyside.

Setelah tampil mengesankan di tim U-23, pelatih tim utama Liverpool, Jürgen Klopp memberi kesempatan pada Hoever untuk berlatih bersama tim utama asuhannya. Klopp menyebut bahwa Hoever adalah pemain yang penuh percaya diri. Selain itu, ia juga merupakan tipe yang menarik untuk disaksikan ketika ia tengah berlaga.

Mendapat nomor punggung 51, Hoever tampil di ajang FA Cup melawan Wolverhampton Wanderers. Saat itu, Hoever yang tampil sebagai pengganti Dejan Lovren berhasil catatkan rekor sebagai pemain termuda Liverpool yang tampil di ajang Piala FA. Ia juga menjadi pemain termuda ke-3 yang tampil untuk The Reds di semua kompetisi.

Setelah menandatangani kontrak pada 31 Juli 2019, Hoever mencetak gol pada laga melawan MK Dons di ajang Carabao Cup pada 25 September 2019. Kala itu, ia mencetak gol di usia 17 tahun, 8 bulan dan 10 hari. Ia lagi-lagi catatkan rekor sebagai pemain termuda yang berhasil cetak gol untuk Merseyside Merah.

Belum lama ini, tepatnya pada 19 September lalu, Hoever bergabung dengan salah satu tim kuat Inggris, Wolverhampton. Datang dengan biaya transfer sebesar 13,5 juta poundsterling, ia sudah mendapat peran penting dalam skuad asuhan Nuno Espírito Santo. Hoever akan diplot sebagai pengganti Matt Doherty yang sebelumnya telah pindah ke Tottenham Hotspur.

Profil Ki-Jana Hoever Defender Tangguh, Masa Depan Timnas Belanda
Profil Ki-Jana Hoever Defender Tangguh, Masa Depan Timnas Belanda

Andalan Peter van der Veen di Timnas Belanda

Sejak berusia 15 tahun, Hoever telah dipercaya memperkuat timnas Belanda. Ia menunaikan tugas internasional pertamanya d level U-15 di bawah asuhan Peter van der Veen. Sekarang, Van der Veen juga membawa Hoever ke tim U-18 asuhannya. Sebelumnya, Hoever sudah berhasil lesatkan lima gol dari 18 laga bersama tim U-17 asuhan pelatih yang sama.

Penampilannya bersama timnas U-17 Belanda, mungkin menjadi penampilan terbaiknya di level internasional. Pasalnya, di level ini, Hoever yang ikut serta dalam skuad Piala Eropa U-17 sukses persembahkan gelar juara untuk Belanda. Tampil lima kali di turnamen yang digelar di Republik Irlandia tersebut, Hoever sukses bukukan satu gol.

Dipuji Dua Pelatih, Hingga Disandingkan dengan Van Dijk

Berkat penampilan cemerlangnya di lini belakang, Hoever sempat disandingkan dengan seniornya dari Belanda, Virgil van Dijk oleh laman talkSPORT. Menurut media Inggris, Hoever dan Van Dijk sama-sama punya konsistensi. Meski berposisi sebagai defender, pemain 18 tahun ini juga bisa ditempatkan di sisi kiri maupun kanan pertahanan.

Dua pelatih Liverpool, yakni pelatih tim senior, Jürgen Klopp dan mantan pelatih tim junior The Reds, Neil Critchley juga pernah lontarkan pujian. Seperti yang telah disebut, Klopp melabeli Hoever sebagai pemain yang selalu percaya diri dan enak ditonton. Sementara Critchley mengaku kagum akan ketenangan sang pemain kala masih diasuh olehnya.

Baca Juga : Prediksi Wolverhampton Wanderers vs Manchester City 22 September 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here