Beranda Berita Profil Loris Karius Kiper Liverpool yang Hampir Menjadi Rider Motorcross

Profil Loris Karius Kiper Liverpool yang Hampir Menjadi Rider Motorcross

141
0
Profil Loris Karius Kiper Liverpool yang Hampir Menjadi Rider Motorcross
Profil Loris Karius Kiper Liverpool yang Hampir Menjadi Rider Motorcross

Profil Loris Karius Kiper Liverpool yang Hampir Menjadi Rider Motorcross – Apa yang anda ingat dari final Liga Champions 2018 kemarin di Cardiff? Sebagian besar tentu mengingat kesalahan konyol Loris Karius yang berhujung dua gol untuk Real Madrid. Pertandingan tersebut sepertinya benar-benar mengubah karir kiper Jerman. Pasalnya, sejak musim 2018/2019, Liverpool membawa Alisson dan mendepak Karius dari tim utama.

Kini, Karius kembali dipinjamkan ke klub asal negeri kelahirannya, Union Berlin, setelah sebelumnya dikirim ke Beşiktaş sebagai pemain pinjaman juga. Banyak orang yang mengingat betul apa yang ia lakukan pada final Liga Champions 2018 silam. Namun, siapa sebenarnya penjaga gawang berusia 27 tahun ini?

Antara Motorcross dan Sepakbola

Kiper bernama lengkap, Loris Sven Karius ini lahir pada tanggal 22 Juni 1993 di Biberach an der Riss, sebuah kawasan yang terletak di bagian selatan Jerman. Ia adalah putra dari pasangan Christine Karius (ibu) dan Harald Karius (ayah). Meski kini dikenal sebagai pesepakbola, Karius dulu sempat akan menjadi seorang pembalap motorcross.

Ayah Karius, Harald, kala itu menghendaki putranya untuk menjadi seorang pembalap motorcross. Namun, sang kakek, Karl justru menghendaki cucunya tersebut untuk menjadi seorang pesepakbola. Menurut penuturan Karius, kakeknya inilah yang selalu melatihnya bermain sepakbola hingga akhirnya ia menimba ilmu di Pestalozzi-Gymnasium Biberach.

Perkembangan permainan sepakbolanya semakin menanjak, kala itu. Hingga akhirnya sang ayah melunak dan mengizinkan putranya tersebut berkarir di dunia sepakbola. Pada tahun 2009, ia pindah ke Inggris, tepatnya ke Manchester City. Sebelumnya, ia juga pernah memperkuat sejumlah klub Jerman, seperti SSV Ulm, VfB Stutgart dan SG Mettenberg.

Dari Kiper Terbaik, Hingga Blunder Fatal

Bermain di tim junior U-18 dan U-21 di Manchester City, Karius ternyata tak bisa menembus skuad utama The Citizen kala itu. Ia kemudian dipinjamkan kembali ke negara asalnya, Jerman, atau lebih tepatnya ke Mainz. Karius datang pada 11 Januari 2012 dan mendapat tempat di tim ke-2 Mainz.

Di usianya yang masih 19 tahun, 5 bulan, Karius sudah memulai debutnya bersama Mainz melawan Hannover 96. Ini menjadikannya sebagai kiper termuda Bundesliga kala itu. Ia kemudian mendapat tempat di tim utama. Pada musim 2015/2016, Karius menjadi kiper terbaik di Bundesliga, berada di bawah kiper Bayern München, Manuel Neuer.

Bergabung dengan Liverpool pada 24 Mei 2016 dengan mahar transfer senilai 4,75 juta poundsterling, Karius melakoni debutnya pada 20 September di tahun yang sama. Di musim perdananya, ia langsung menjadi pilihan utama pelatih Jürgen Klopp. Namun, pada musim 2017/2018, ia mungkin menciptakan kesalahan terbesar sepanjang karirnya.

Profil Loris Karius Kiper Liverpool yang Hampir Menjadi Rider Motorcross
Profil Loris Karius Kiper Liverpool yang Hampir Menjadi Rider Motorcross

Tampil di laga final melawan Real Madrid, dua kesalahan yang dilakukan Karius kala itu berhujung dua gol bagi pasukan Zinedine Zidane. Pada akhirnya, Liverpool kalah di partai final tersebut dengan skor 3-1. Semusim berselang, Klopp menebus Alisson dari AS Roma senilai 62 juta euro, sebagai kiper termahal kala itu, untuk menggantikan posisi Karius.

Peminjaman ke Beşiktaş dan Union Berlin

Menyusul kedatangan Alisson ke Liverpool, Karius pindah ke Beşiktaş sebagai pemain pinjaman. Di klub ini, Karius tampil cukup baik dengan catatkan 16 kali clean sheet dari 67 laga yang dimainkan, menurut Transfermarkt. Namun, karena permasalahan gaji yang tak dibayar, Karius mengakhiri kontraknya bersama klub Turki.

Selanjutnya, ia pulang ke Jerman untuk memperkuat Union Berlin di musim 2020/2021 ini. “Loris Karius telah merampungkan kepindahannya sebagai pemain pinjaman ke tim Bundesliga, Union Berlin untuk musim 2020/2021.” Tulis The Reds dalam laman resminya. “Kiper Liverpool akan kembali ke kampung halamannya dan kasta tertinggi Jerman.”

Penjaga Gawang Berbakat dan Pemberani

Meski dikenal karena blunder fatal yang ia lakukan sekitar dua tahun silam, tak dapat dipungkiri bahwa Karius adalah seorang kiper yang berbakat. Buktinya, sebelum ia bergabung dengan The Reds, ia mampu duduk sebagai kiper terbaik ke-2 Bundesliga. Reflek yang ia miliki ketika menghadapi tendangan jarak dekat juga terlihat cukup bagus.

Sebagai seorang goalkeeper, Karius dikenal memiliki tipe offensive goalkeeper. Artinya, ia lebih suka menghalau bola dari situasi satu lawan satu. Ketika para defender gagal menghadang penyerang lawan, maka saat itulah Karius datang. Ia tak segan-segan untuk keluar dari sarangnya guna menghadang ruang tembak dari lawannya tersebut.

Baca Juga : Deretan Restoran Terbaik di Spanyol Milik Bintang La Liga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here