Beranda Berita Profil Moussa Wagué Bek Kanan Barcelona yang Bersinar Bersama Senegal

Profil Moussa Wagué Bek Kanan Barcelona yang Bersinar Bersama Senegal

185
0
Profil Moussa Wagué Bek Kanan Barcelona yang Bersinar Bersama Senegal
Profil Moussa Wagué Bek Kanan Barcelona yang Bersinar Bersama Senegal

Profil Moussa Wagué Bek Kanan Barcelona yang Bersinar Bersama Senegal – Belakangan ini, klub Spanyol, Barcelona, sepertinya lebih suka mendatangkan para pemain dari klub luar dibanding mempromosikan para didikannya sendiri. Seiring dengan itu, para pemain tim junior pun banyak yang hengkang ke tim lain untuk mencari pengalaman. Salah satunya adalah Moussa Wagué yang musim lalu dipinjamkan ke tim Prancis, OGC Nice.

Musim lalu, penampilan Wagué di kompetisi Ligue 1 cukup menarik perhatian, meski secara keseluruhan, ia hanya memainkan lima pertandingan. Dari lima pertandingan tersebut, pemain asal Senegal sukses catatkan dua assist. Ia mencetak assist di laga melawan Girondins de Bordeaux dan AS Monaco di Ligue 1 musim 2019/2020 lalu.

Karir di Level Klub

Moussa Wagué sendiri dilahirkan pada tanggal 4 Oktober 1998 di Bignona, sebuah kota yang terletak di Region Ziguinchor, Senegal. Mengutip laman web resmi Barca, Wagué memulai perjalanannya sebagai pesepakbola dengan langkah tak mudah. Sebelum bergabung dengan akademi Eupen, ia mulai bermain bola di jalanan, bersama rekan-rekannya.

Tak sampai setahun bagi Wagué untuk bergabung ke tim utama Eupen setelah bergabung dengan Aspire Academy, akademi tim ini, pada November 2016. Ia memulai debut pada 27 Januari 2017. Di musim perdananya, Wagué berhasil mencuri perhatian Barcelona setelah di bawah asuhan Claude Makélélé berhasil membuat klub Belgia bertahan di kasta tertinggi.

Pada Agustus 2018, Barcelona resmi mendapatkannya dengan status transfer permanen dan biaya sebesar 5 juta euro. Namun, pada musim 2018/2019, ia ditempatkan di tim B. Wagué mencetak gol perdananya di Barca B pada laga melawan CD Alcoyano. Kemudian, pada 6 Maret 2019, ia mendapat kesempatan tampil di tim utama yang diasuh Ernesto Valverde.

Profil Moussa Wagué Bek Kanan Barcelona yang Bersinar Bersama Senegal
Profil Moussa Wagué Bek Kanan Barcelona yang Bersinar Bersama Senegal

Wagué secara resmi dipromosikan ke tim utama pada musim 2019/2020. Namun, pada pertengahan musim, ia justru dipinjamkan ke OGC Nice untuk setengah musim ke depan. Di sini, ia tampil cukup baik dengan lesatkan dua assist di lima laga. Usai pembatalan Ligue 1 musim 2019/2020, Wagué kembali ke Barca setelah tak dipermanenkan Nice.

Cemerlang Bersama Timnas Senegal

Sebagai seorang pemain yang masih berusia cukup muda, Moussa Wagué juga sebelumnya sudah pernah catatkan prestasi bersama negaranya, Senegal. Ia adalah bagian dari timnas yang sukses duduki peringkat ke-4 kompetisi Piala Dunia U-20 tahun 2015 silam. Barangkali, inilah yang membuatnya dianugerahi kesempatan tampil di tim senior pada Maret 2017.

Masa depan Wagué di timnas Senegal semakin terlihat terang setelah pada Juni 2018, ia dibawa dalam 23 pemain timnas di ajang Piala Dunia. Di ajang ini, Wagué langsung menjadi sorotan setelah mencetak gol di gawang Jepang. Gol tersebut menjadikan pemain yang kini berusia 21 tahun menjadi pencetak gol termuda asal Afrika di ajang Piala Dunia kala itu.

Berlanjut ke tahun 2019, Wagué kembali menjadi bagian dari timnas Senegal yang sukses catatkan prestasi di Benua Hitam. Tampil dua kali di fase grup dan di partai semifinal, Wagué sukses bawa Les Lions de la Téranga sampai ke partai final African Cup of Nations. Sayang, di partai final, Senegal menyerah dengan kekalahan tipis, 0-1 atas sang juara, Aljazair.

Cepat, Serba Bisa, dan Mirip Dani Alves

Berposisi sebagai seorang full-back, baik ketika di klub, maupun di timnas, Wagué dikenal karena memiliki kecepatan. Dirinya juga mampu berikan ancaman terhadap lawan-lawannya. Wagué adalah seorang full-back yang berbahaya dan juga seorang pemain yang sulit dihentikan para defender lawan ketika ia sudah memegang bola.

Wagué adalah pemain yang konsisten menempati posisinya. Bek kanan asal Senegal ini jarang terlihat berada di luar posisi ketika bermain di atas lapangan. Meski begitu, tak jarang juga dirinya melakukan overlapping untuk membantu lini serang. Dengan kematangan yang ia miliki, Wagué juga dapat dimainkan sebagai penyerang sayap, di samping peran utama sebagai full-back.

Laman web resmi Barcelona juga mengatakan bahwa gaya bermain Wagué dapat disejajarkan dengan salah satu bek legendaris mereka, Dani Alves. Sejak Dani Alves meninggalkan Barca, posisi bek kanan memang sepertinya menjadi posisi paling rapuh di tim ini. Namun, dengan adanya Wagué, Barca harusnya punya opsi yang menarik untuk posisi tersebut.

Baca Juga : Yuk Intip Latihan Fitness Ala Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here