Beranda Berita Profil Ousmane Dembélé Bintang Muda yang Sinarnya Tengah Redup

Profil Ousmane Dembélé Bintang Muda yang Sinarnya Tengah Redup

184
0
Profil Ousmane Dembélé Bintang Muda yang Sinarnya Tengah Redup
Profil Ousmane Dembélé Bintang Muda yang Sinarnya Tengah Redup

Profil Ousmane Dembélé Bintang Muda yang Sinarnya Tengah Redup – Sejak dibekap cedera berkepanjangan bersama Barcelona, Ousmane Dembélé, sepertinya sudah mulai jarang menjadi sorotan media pemberitaan. Namun, belakangan, nama Dembélé kembali mencuat setelah ia dikabarkan akan dilepas Barcelona. Manchester United kini dikabarkan menjadi peminat terdepan talenta berusia 23 tahun tersebut.

Karir Dembélé sejatinya berada dalam puncaknya ketika memperkuat Borussia Dortmund. Namun, karirnya sepertinya sudah hampir berakhir kala ia memutuskan untuk memperkuat Barcelona dan akhirnya dibekap cedera berkepanjangan. Lalu, seperti apa perjalanan yang telah dilalui pemain asal Prancis ini sepanjang karirnya?

Awal Karir di Évreux dan Rennes

Ousmane Dembélé, lahir pada tanggal 15 Mei 1997 di Vernon, Normandy, yang terletak di sebelah barat laut negara Prancis. Ia berasal dari pasangan berdarah Mauritania yang pindah ke Prancis demi mencari kehidupan yang lebih layak. Sejak kecil, satu hal yang selalu dipikirkan Dembélé adalah sepakbola, karena ia sangat menyukai olahraga ini.

Mengawali pendidikan sepakbolanya bersama ALM Évreux, Dembélé memulai petualangannya bersama tim junior Évreux FC 27 di usia junior. Saat berusia 13 tahun, ia kemudian bergabung dengan Stade Rennais. Setelah memperkuat Rennes junior selama lima tahun, Dembélé tampil perdana di tim senior pada musim 2015/2016.

Puncak Karir di Dortmund dan Mimpi Buruk di Barca

Setelah lakoni debut gemilang bersama Rennes, Dembélé melanjutkan karirnya di Jerman bersama Borussia Dortmund sejak Mei 2016. Ia melakoni debut pada 14 Agustus 2016 dan sejak saat itu, ia tampil semakin gemilang bersama Die Borussen. Dembélé berhasil menjadi sosok kunci Dortmund dan persembahkan gelar DFB-Pokal, serta beragam gelar individual.

Petualangan baru Dembélé menanti ketika Barcelona merekrutnya dengan harga 105 juta euro dan berhasil menjadi pemain termahal ke-2 kala itu. Sayang, sejak melakoni debut pada 9 September 2017, karir Dembélé mulai mengalami penurunan. Beberapa cedera yang ia alami terpaksa membuatnya menepi selama beberapa pekan, bahkan hingga beberapa bulan.

Musim lalu, sepertinya menjadi cedera terparah pria Prancis. Pasalnya, cedera hamstring yang ia alami ternyata membuatnya absen hingga sepanjang musim. Atas hal ini, Dembélé kemudian diisukan akan segera angkat kaki dari Camp Nou di bursa transfer ini. Dan klub Inggris, Manchester United, dikabarkan menjadi peminat yang paling serius.

Karir Internasional

Di level internasional, Dembélé mengawali karirnya bersama timnas senior Prancis jelang pertandingan melawan Italia dan Belarus, bulan Agustus 2016 silam. Kala itu, Alexandre Lacazette dan Nabil Fekir yang cedera harus digantikan oleh Dembélé. Namun, Dembélé baru melakoni debutnya bersama timnas Prancis pada 1 September saat melawan Italia.

Pada 17 Mei 2018, Dembélé ikut serta dalam skuad asuhan Didier Deschamps di gelaran Piala Dunia tahun 2018 di Rusia. Menurut Transfermarkt, ia dimainkan empat kali dalam turnamen ini. Di akhir turnamen, Dembélé berhasil meraih momen manis ketika ia berhasil menjuarai Piala Dunia bersama negaranya, Prancis.

Gaya Bermain dan Pujian dari Messi

Profil Ousmane Dembélé Bintang Muda yang Sinarnya Tengah Redup
Profil Ousmane Dembélé Bintang Muda yang Sinarnya Tengah Redup

Meski kini diterpa masalah cedera, Dembélé sejatinya merupakan seorang pemain yang berbakat. Bahkan, kapten Barcelona, Lionel Messi, pernah memberikan pujian khusus untuk rekan setimnya tersebut. La Pulga menyebut, di awal kedatangan Dembélé ke Barca, bahwa pemain asal Prancis adalah sebuah fenomena dan punya potensi menjadi pemain terbaik.

“Ketika berada di lapangan, dia adalah fenomena.” Kata Messi, mengutip dari laman SPORT. “Dia yang menentukan ke mana dia akan melangkah, dia punya potensi untuk menjadi yang terbaik. Sekarang dia masih muda dan masih harus beradaptasi. Dia adalah anak yang sangat baik.”

Berbicara soal gaya bermain, Dembélé sendiri merupakan seorang winger yang bisa dimainkan di berbagai sisi. Entah itu di sisi kanan, maupun di sisi kiri. Dengan kecepatan, kelincahan dan kemampuannya, Dembélé bisa dengan mudah lewati pertahanan lawan. Ia juga bisa ditempatkan sebagai gelandang kanan maupun kiri.

Sebagai seorang pemain yang cepat dan lincah, Dembélé bisa menusuk dari sisi pertahanan sebelah manapun. Lebih lanjut, pria Prancis juga merupakan pemain yang piawai lakukan umpan silang, atau lebih tepatnya, ia adalah salah satu pemain kreatif di Eropa. Kecepatan lari yang luar biasa juga bisa membuatnya menjadi andalan dalam skema serangan balik.

Dengan gaya main demikian, Dembélé sempat disandingkan dengan sejumlah legenda Barcelona oleh para penggemar, seperti Ronaldinho. Ini karena kedua pemain tersebut punya kecepatan, ketangguhan mempertahankan bola, dan skill individual menawan. Akurasi yang ia miliki juga membuatnya mudah ciptakan peluang emas dari luar kotak penalti.

Baca Juga : Lucas Paqueta The Next Kaka Yang Gagal Bersinar Di AC Milan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here