Beranda Berita Profil Rúnar Alex Rúnarsson Putra Legenda Islandia yang Tak Sengaja Jadi Kiper

Profil Rúnar Alex Rúnarsson Putra Legenda Islandia yang Tak Sengaja Jadi Kiper

136
0
Profil Rúnar Alex Rúnarsson Putra Legenda Islandia yang Tak Sengaja Jadi Kiper
Profil Rúnar Alex Rúnarsson Putra Legenda Islandia yang Tak Sengaja Jadi Kiper

Profil Rúnar Alex Rúnarsson Putra Legenda Islandia yang Tak Sengaja Jadi Kiper – Setelah sekitar delapan tahun setia menjadi kiper pilihan ke-2 Arsenal, Emiliano Martínez akhirnya resmi meninggalkan klub di bursa transfer kali ini. Kiper berusia 28 tahun memilih Aston Villa sebagai pelabuhan karir berikutnya. Usai hengkangnya Martínez, Arsenal lantas langsung bergerak untuk mendapatkan sosok penggantinya.

Pada akhirnya, eks penjaga gawang Dijon, Rúnar Alex Rúnarsson lah yang terpilih menjadi pengganti Martínez di tim ini. Rúnar sendiri adalah seorang penjaga gawang kelahiran Islandia. Sepanjang karirnya, kiper berusia 25 tahun sudah memperkuat sejumlah tim, seperti KR Reykjavik, FC Nordsjælland  dan Dijon.

Putra Legenda Islandia

Lahir pada 18 Februari 1995 di Reykjavík, Rúnar Alex Rúnarsson adalah seorang pemain yang terlahir dari orangtua berlatar belakang sepakbola. Ayahnya bahkan merupakan legenda timnas Islandia. Tak lain dan tak bukan, ayahnya adalah Rúnar Kristinsson, satu-satunya pemain asal Islandia yang punya catatan lebih dari 100 caps sepanjang karirnya.

Selama karirnya, Rúnar Kristinsson sudah pernah bermain di sejumlah kompetisi Eropa, yakni di Belgia, Swedia, Norwegia hingga di negara asalnya, Islandia. Hingga saat ini, namanya masih tercatat dalam rekor penampilan terbanyak timnas Islandia. Kristinsson tercatat sudah memainkan 104 pertandingan di Islandia.

Menjadi Kiper Karena Tak Sengaja

Kembali ke putranya, Rúnar Alex Rúnarsson. Rúnar saat ini memang dikenal sebagai seorang penjaga gawang. Namun, tahukah anda bahwa peran yang ia jalani saat ini merupakan sebuah ketidaksengajaan. Dulu, ketika masih kecil, Rúnar disebut pernah menderita penyakit usus buntu yang mengharuskannya naik ke meja operasi.

Ia hampir menyerah untuk kembali menggeluti dunia sepakbola seusai menjalani operasi karena penyakitnya tersebut. Setelah operasi, ia tak punya tenaga ekstra untuk maju mundur sebagai pemain. Kemudian, ia mulai familiar dengan posisi sebagai penjaga gawang, hingga sekarang.

Karir Profesional

Profil Rúnar Alex Rúnarsson Putra Legenda Islandia yang Tak Sengaja Jadi Kiper
Profil Rúnar Alex Rúnarsson Putra Legenda Islandia yang Tak Sengaja Jadi KiperProfil Rúnar Alex Rúnarsson Putra Legenda Islandia yang Tak Sengaja Jadi Kiper

Rúnar memulai perjalanan karir profesional bersama tim asal Islandia, KR Reykjavik, tim yang sudah ia bela sejak berada di level junior. Sebelum pindah ke tim Denmark, FC Nordsjælland, Rúnar tercatat hanya bermain empat kali untuk tim asal negara kelahirannya tersebut. Rúnar memperkuat tim FC Nordsjælland selama sekitar empat musim.

Menjadi kiper utama dalam dua musim terakhirnya, Rúnarsson sukses tampilkan permainan memukau. Ia akhirnya dinobatkan sebagai pemain terbaik Danish Superliga musim 2017/2018, sebelum akhirnya diboyong Dijon pada bulan Juni. Rúnar menandatangani kontrak berdurasi empat tahun untuk klub.

Namun, dua musim berselang, tepatnya pada 21 September 2020, Rúnar akhirnya resmi meninggalkan klub Prancis untuk merapat ke klub Inggris, Arsenal. Arsenal mendatangkannya dengan biaya transfer 1,1 juta euro. Kehadiran Rúnar diharap dapat menambah persaingan bagi kiper utama milik The Gunners, Bernd Leno.

Kiper 25 tahun ini juga tercatat telah menjadi bagian timnas Islandia di beberapa level usia. Dia berkesempatan menjadi bagian di berbagai sektor tim level junior. Tercatat, ia memulai karir internasionalnya di level U-16. Perlahan, Rúnar dipromosikan ke tingkat yang lebih tinggi. Mulai dari U-17, U-18, U-19 hingga U-21 sudah pernah ia cicipi.

Puncaknya, ia mendapat panggilan pertama kali untuk tim senior Islandia di ajang China Cup tahun 2017. Ia tampil pertama kali untuk tim senior Islandia pada pertandingan persahabatan melawan Republik Ceko, 9 November 2017 silam. Rúnar juga pernah ikut serta di ajang Piala Dunia 2018, meski akhirnya hanya ditempatkan di bangku cadangan.

Kiper yang Berani Berduel

Dalam hal gaya bermain, Rúnar  bisa dibilang merupakan seorang kiper yang berani. Situasi duel satu lawan satu melawan para penyerang lawan sepertinya menjadi favorit bagi kiper 25 tahun tersebut. Rúnar juga merupakan penjaga gawang yang suka sekali keluar dari areanya. Hal itu tentunya ia lakukan untuk mengamankan bola dari gawang yang dijaganya.

Ketika ditanya perihal gaya main, Rúnar mengatakan bahwa ia adalah kiper modern. “Salah satu kemampuan yang saya miliki adalah, saya nyaman bergerak dengan kaki saya.” Lanjutnya. “Saya bisa menggunakan keduanya, yang kanan, maupun yang kiri, saya juga tak takut maju dan saya cukup bagus dalam situasi satu lawan-satu.”

“Bagi kiper, karena kami punya posisi yang mungkin akan menghasilkan gol jika berbuat kesalahan, maka penting untuk memiliki ketenangan. Anda harus punya pikiran untuk selalu melakukan yang terbaik, jadi anda tak akan sering lakukan kesalahan. Itulah mengapa anda harus bekerja keras, berlatih keras dan berusaha menampilkan yang terbaik di setiap laga.”

Baca Juga : Profil Moussa Wagué Bek Kanan Barcelona yang Bersinar Bersama Senegal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here