Beranda Berita Profil Sergiño Dest Bakat Emas Amerika Serikat Incaran Klub-Klub Eropa

Profil Sergiño Dest Bakat Emas Amerika Serikat Incaran Klub-Klub Eropa

169
0
Profil Sergiño Dest Bakat Emas Amerika Serikat Incaran Klub-Klub Eropa
Profil Sergiño Dest Bakat Emas Amerika Serikat Incaran Klub-Klub Eropa

Profil Sergiño Dest Bakat Emas Amerika Serikat Incaran Klub-Klub Eropa – Amerika Serikat, mungkin merupakan salah satu negara yang tak begitu menyukai sepakbola. Pasalnya, di negara ini, sejumlah olahraga lain, seperti American Football dan Basket sepertinya lebih digemari. Namun, bukan berarti Negeri Paman Sam tak mampu menghasilkan bakat-bakat emas dalam dunia si kulit bundar.

Beberapa tahun terakhir, talenta-talenta dari negara ini tengah unjuk gigi di kompetisi Eropa. Saat ini, kita mengenal beberapa di antaranya, seperti Christian Pulisic, Weston McKennie, hingga yang kini tengah naik daun, Sergiño Dest. Dest yang kini memperkuat Ajax, tengah jadi perbincangan karena kedekatannya dengan sejumlah raksasa Eropa.

Besar di Belanda, Mencintai Amerika

Mengesampingkan soal rumor terkini terkait Dest, siapakah sebenarnya pemain berusia 19 tahun ini? Sergiño Dest yang memiliki nama lengkap Sergiño Gianni Dest, merupakan pesepakbola yang lahir di Almere, Belanda, pada 3 November 2000. Ibunya adalah seorang berkewarganegaraan Belanda, sedang ayahnya adalah seorang warga negara Amerika Serikat.

Tumbuh dan besar di Almere, Dest memiliki kisah unik yang menghias sebelum karirnya melejit seperti sekarang. Dilahirkan dari ayah seorang warga Amerika Serikat, Dest belum pernah mengunjungi AS, hingga pada 2014, ia berkunjung ke New York. Dest muda yang menghabiskan seluruh karirnya di Belanda juga belum pernah memperkuat timnas Belanda.

Kemudian, pelatih timnas AS U-2o kala itu, Dave Van den Bergh mendapat rekomendasi dari Ajax bahwa ia bisa membawa Dest yang memiliki dua kebangsaan. Melihat antusiasme dari Dest yang ingin memperkuat timnas AS, maka, ia langsung membawanya. Dest mulai memperkuat timnas Amerika di level U-17.

Penampilannya yang mengesankan bersama tim junior AS di level U-17 dan U-20 membuat Dest diberikan kesempatan tampil di timnas senior. Ia mulai memperkuat timnas senior AS pada 6 September 2019 dalam pertandingan persahabatan melawan Meksiko. Dest akhirnya menetapkan komitmennya untuk memperkuat AS mulai 29 Oktober 2019.

Talenta Emas Ajax

Beralih ke level klub, Dest memulai karir sepakbolanya bersama Almere City hingga sekitar tahun 2012. Setelahnya, ia memilih untuk melanjutkan karir ke tim junior Ajax untuk kemudian lakoni debut untuk Jong Ajax pada 15 Agustus 2018. Dest tampil impresif di musim 2018/2019 dengan mengemas satu gol dan dua assist di Eerste Divisie.

Akhirnya, karir cemerlang Dest di level junior memberinya kesempatan untuk tampil bersama tim senior Ajax. Ia tampil perdana di laga resmi untuk Der Amsterdammer di laga Johan Cruyff Shield 2019 melawan PSV Eindhoven. Ajax menang 2-0 di pertandingan tersebut dan akhirnya tampil perdana di Eredivisie melawan Emmen pada Agustus 2019.

Profil Sergiño Dest Bakat Emas Amerika Serikat Incaran Klub-Klub Eropa
Profil Sergiño Dest Bakat Emas Amerika Serikat Incaran Klub-Klub Eropa

Laman Transfermarkt mencatat, Dest saat ini telah tampil 38 kali bersama tim utama Ajax dan berhasil membawa tim ini puncaki klasemen. Dalam 38 pertandingan tersebut, ia berhasil mencetak dua gol dan enam assist. Berkat penampilannya tersebut, ia dianugerahi penghargaan Ajax’s Talent of the Year 2020.

Bek Kanan yang Berbakat

Dikenal sebagai seorang full back, di awal karirnya, Sergiño Dest ternyata tak langsung dimainkan di posisi ini. 90min menyatakan bahwa Dest memulai karirnya sebagai seorang winger. Ia kemudian berpindah posisi menjadi seorang bek kanan, seperti sekarang, sebuah perpindahan posisi yang mungkin akan selalu ia syukuri sebagai pemain.

Bertugas sebagai seorang bek sayap, Dest dikenal karena kemampuan bertahannya yang mumpuni. Selain itu, ia juga memiliki kepercayaan diri tinggi dan keberanian luar biasa. Jika ingin mencari nama yang mirip dengan Dest, mungkin, Dani Alves adalah nama yang cocok. Dengan kecepatannya, Dest mampu menjangkau seluruh area lapangan permainan.

Gaya bermain seperti ini tentu cocok dengan gaya kepelatihan arsitek Ajax, Erik Ten Hag. Ten Hag merupakan pemain yang menuntut adanya kreatifitas dari para pemainnya, sebanyak apapun itu. Selain punya kelebihan, Dest juga punya kelemahan, yakni, ia adalah pemain yang tak begitu mahir dalam urusan duel satu lawan satu dengan pemain lain.

Dengan segudang kemampuan yang ia miliki, Sergiño Dest, merupakan salah satu bakat emas dalam dunia sepakbola, khususnya dari Amerika Serikat. Ia adalah bek kanan yang cekatan dan konsisten di setiap laga. Tak heran jika banyak klub kini tengah mengantre untuk jasanya, termasuk Barcelona dan Bayern München.

Baca Juga : Debut Sempurna Suarez Cetak Dua Gol dan Satu Assist

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here