Beranda Berita Profil Tariq Lamptey Pemain Muda Berbakat dan Pemberani

Profil Tariq Lamptey Pemain Muda Berbakat dan Pemberani

266
0
Profil Tariq Lamptey Pemain Muda Berbakat dan Pemberani
Profil Tariq Lamptey Pemain Muda Berbakat dan Pemberani

Profil Tariq Lamptey Pemain Muda Berbakat dan Pemberani – Banyak orang mungkin menanti penampilan sejumlah rekrutan anyar Chelsea dalam laga pekan pertama antara Brighton vs Chelsea. Namun, perhatian sesungguhnya tertuju pada rekrutan anyar tuan rumah yang juga mantan pemain Chelsea, Tariq Lamptey. Lamptey tampil begitu mengesankan di laga ini.

Dalam pertandingan tersebut, Lamptey tampil sebagai pemain sayap yang berhasil merepotkan sisi kiri pertahanan mantan timnya tersebut. Lewat satu assistnya pada Leandro Trossard, penampilan Lamptey tuai pujian dari sejumlah pengamat sepakbola. Lalu, siapa sebenarnya pemain berusia 19 tahun ini?

Penggemar Chelsea Sejak Dini

Tariq Lamptey memiliki nama asli Tariq Kwame Nii-Lante Lamptey. Ia dilahirkan pada tanggal 30 September 2000 di Hillingdon, Inggris. Meski terlahir di Inggris, Lamptey sejatinya terlahir dari orangtua muslim keturunan Afrika, lebih tepatnya dari Ghana. Lamptey adalah putra ke-2 dari pasangan Ahmed dan istrinya.

Seperti kebanyakan pekerja lain di kawasan London, orangtua Lamptey menggunakan gajinya untuk membiayai seluruh keluarganya. Di rumahnya, Lamptey tak punya saudara perempuan, atau bisa dibilang, ibunya adalah satu-satunya perempuan di rumah tersebut. Ketika Lamptey dilahirkan, keluarganya adalah penggemar berat Chelsea.

Dengan jarak hanya 45 menit berkendara dari Stamford Bridge, mayoritas penduduk Hillingdon, kota kelahiran Lamptey, menjadi pendukung Si Biru. Akibat kecintaannya pada sepakbola, Lamptey akhirnya menimba ilmu di akademi Chelsea. Hingga pada tahun 2008, di usia delapan tahun, Lamptey tampil perdana untuk tim profesional junior Chelsea.

Klub Impian Hingga Hijrah ke Brighton

Pada musim 2016/2017, Lamptey berhasil menjuarai kompetisi Premier League U-18 bersama tim junior Chelsea. Musim berikutnya, ia dan pasukan muda London Biru berhasil bawa piala lagi ke lemari trofi Chelsea junior. Tim yang ditangan Jody Morris kala itu bahkan berhasil raih quadruple dengan Lamptey catatkan 11 assist di musim yang sama.

Bakat gemilang Lamptey akhirnya tercium juga oleh tim senior asuhan Frank Lampard. Lampard akhirnya membawa Lamptey ke tim utama dan memberinya kesempatan lakoni debut pada 29 Desember 2019 di laga melawan Arsenal. Ia menjadi pemain ke-7 yang berhasil diorbitkan Frank Lampard sejak pertama kali menukangi mantan klubnya tersebut.

Setelah catatkan penampilan perdananya untuk The Blues, Lamptey mengungkapkan bahwa membela tim ini adalah impiannya dan keluarganya. Tapi, pada bursa transfer musim dingin, Lamptey akhirnya memilih meninggalkan klub. Ia bergabung dengan Brighton & Hove Albion dan menandatangani kontrak tiga setengah tahun untuk The Seagulls.

Laga antara Brighton vs Leicester City pada tanggal 23 Juni menjadi awal penampilan Lamptey bersama Brighton. Ia tampil cemerlang dengan berhasil bawa timnya imbangi permainan The Foxes. Di pekan pembuka Premier League musim 2020/2021, Lamptey juga tampil cemerlang dengan cetak satu assist di laga Brighton vs Chelsea.

Karir Internasional

Terlahir di Inggris, Lamptey memiliki kesempatan untuk membela timnas Tiga Singa. Ia tercatat telah tampil di level U-18 dan U-21 Inggris. Namun, ia juga berhak memperkuat timnas Ghana karena orangtuanya berasal dari negara tersebut. Ghana sendiri juga diketahui sudah lakukan pendekatan agar Lamptey mau bergabung dengan timnas mereka.

Profil Tariq Lamptey Pemain Muda Berbakat dan Pemberani
Profil Tariq Lamptey Pemain Muda Berbakat dan Pemberani

Anggota Dewan Eksekutif Sepakbola Ghana, George Amoakoh mengungkapkan bahwa ia mengagumi Lamptey. Menurutnya, Lamptey juga akan jadi tambahan bagus untuk timnas Ghana. Namun, Amoakoh berpendapat bahwa tak akan mudah membujuk pemain yang lahir di Eropa untuk memperkuat timnas asal Afrika tersebut.

Sang Pemberi Assist yang Pemberani

Dengan postur 164 sentimeter, wajar rasanya jika Lamptey bukan merupakan pemain yang unggul dalam duel satu lawan satu. Baik duel udara maupun duel di darat. Namun, dalam hal akurasi dan kemampuan menggiring bola, pemain 19 tahun ini tak perlu diragukan. Catatan satu assist di musim ini sudah memberi bukti bahwa ia adalah winger yang hebat.

Pelatih Lamptey di Brighton, Graham Potter mengatakan, “Dia adalah pemain muda yang luar biasa, dan saya senang bisa memilikinya dalam tim. Lamptey adalah pemain yang menyenangkan untuk diajak kerjasama karena dia sangat ramah. Dan rasanya sangat menenangkan melihat bagaimana cara ia bermain.”

Sementara itu, defender Brighton, Adam Webster, menyebut bahwa Lamptey adalah anak yang pemberani dengan pindah dari klub impiannya. Menurutnya, Lamptey bisa saja bertahan di Chelsea. Tapi, ia memuji sikap Lamptey yang justru meninggalkan zona nyamannya untuk berkembang di Brighton.

Baca Juga : Keras Panas Ricuh PSG vs Marseille Tercatat Sebagai Pertandingan Terburuk Abad ke-21

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here