Beranda Berita Profil Thomas Partey Pemain Atlético Madrid Idaman Arsenal

Profil Thomas Partey Pemain Atlético Madrid Idaman Arsenal

129
0
Profil Thomas Partey Pemain Atlético Madrid Idaman Arsenal
Profil Thomas Partey Pemain Atlético Madrid Idaman Arsenal

Profil Thomas Partey Pemain Atlético Madrid Idaman Arsenal – Saga transfer Thomas Partey menuju klub Liga Primer Inggris, Arsenal akhirnya terkonfirmasi secara resmi, pada 5 Oktober 2020 lalu. Peresmian ini juga sekaligus menjadi akhir perburuan Arsenal yang belakangan memang tengah mengejar sang pemain. Partey diketahui merapat ke Meriam London, dengan mahar senilai 50 juta euro.

Sebelum peresmian transfer ini, Atlético Madrid dan Arsenal memang masih belum sepakat mengenai harga yang diberikan klub ibukota. Namun, pada akhirnya, Arsenal menyerah dan sepakat menebus klausul Partey sebesar 50 juta euro. Lalu, berbicara soal Thomas Partey, siapa sejatinya dia?

Agen Sepakbola yang Mengubah Nasib Partey

Thomas Partey yang memiliki nama lengkap, Thomas Teye Partey, adalah seorang pesepakbola yang lahir pada 13 Juni 1993 di Krobo Odumase, Ghana. Ayah Partey merupakan seorang pelatih sepakbola di klub lokal asal kota kelahirannya. Ini membuat Partey secara otomatis juga menyukai olahraga si kulit bundar ini.

Sejak kecil, Partey sering mengikuti ayahnya ke kompleks pelatihan klub lokal yang diasuh ayahnya tersebut. Ia mengawali karir bersama akademi Odometah, sebuah klub yang berasal dari Ghana. Hingga akhirnya, pertemuannya dengan seorang agen sepakbola membawanya ke dunia baru, ke Eropa, tepatnya ke Atlético Madrid.

Kesuksesan Bersama Atlético

Di Atlético Madrid, ia pertama kali datang pada tahun 2011, dan diberi kesempatan untuk memperkuat tim junior. Sayang, masa-masa awal Partey berseragam Atlético berjalan tak begitu baik, dengan ia baru tampil perdana bersama tim senior, empat tahun kemudian. Tepatnya, setelah ia dipinjamkan ke Mallorca dan Almería, yakni pada 2015.

Usai kembali dari Mallorca dan Almería, Partey perlahan mendapat tempat dalam skuad utama Atlético. Awalnya, Partey tak banyak mendapat kesempatan untuk tampil di tim utama Los Colchoneros. Namun, usai memperpanjang kontrak pada tahun 2017, Partey semakin bersinar bersama klub ibukota ini.

Profil Thomas Partey Pemain Atlético Madrid Idaman Arsenal
Profil Thomas Partey Pemain Atlético Madrid Idaman Arsenal

Musim lalu, Partey tampil mengesankan dengan bukukan empat gol dan satu assist dari 46 penampilannya di semua kompetisi. Penampilan cemerlangnya ini membuat sejumlah klub raksasa Eropa, termasuk Arsenal, memburunya. Pada akhirnya, The Gunners lah yang berhasil memenangkan tanda tangan pemain berusia 27 tahun tersebut.

Bersama Atlético, Partey tampil begitu cemerlang dengan meraih sejumlah penghargaan dan gelar juara, baik sebagai tim, maupun di level individu. Ia memenangkan gelar UEFA Europa League musim 2017/2018 dan UEFA Super Cup tahun 2018. Partey juga sukses menggondol penghargaan Ghana Player of the Year pada 2018 dan 2019.

Karir Internasional

Bukan cuma bersinar di level klub, Partey juga menjalani karir yang cukup indah bersama timnas Ghana, sejak pertama kali tampil di tim senior pada Mei 2016. Ia tampil perdana pada 5 Juni, dalam pertandingan menghadapi Mauritius di kualifikasi Africa Cup of Nations 2017. Sejak saat itu, Partey telah catatkan 26 caps untuk tim nasional.

Kini, usai tampil perdana di timnas Ghana, Partey menjadi bagian penting dalam skuad The Black Stars, dan bahkan sudah pernah dipercaya menjadi kapten tim ini. Seperti yang ia lakoni dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Di ajang ini, Partey dipercaya sebagai wakil kapten tim asuhan Charles Akonnor.

Gelandang Jangkar dan Pengatur Serangan Tim

Tugas Partey di Atlético Madrid, sebelum ia hengkang, sepertinya adalah menggantikan peran Gabi dan Rodri yang kini sudah tak bersama Los Cholchoneros. Dan terbukti, perannya tersebut cukup berhasil. Partey dapat membuktikan bahwa dirinya merupakan gelandang yang bagus, baik untuk membantu serangan, maupun pertahanan.

Sebagai seorang gelandang jangkar, Partey memiliki daya jelajah yang sangat luas ketika ia berada di lapangan. Ia punya kemampuan untuk mengawal seluruh area, dari kotak penalti ke kotak penalti, atau dari sayap ke sayap. Berdiri dengan tinggi 185 sentimeter, ia juga merupakan pemain yang unggul dalam situasi bola-bola udara.

Dalam skema penyerangan, Partey memegang peran sebagai penyalur bola ke lini depan usai mendapat bola dari barisan pertahanan timnya. Partey beruntung, karena ia dianugerahi stamina prima, pemikiran yang cerdas, serta kemampuan mempertahankan bola luar biasa. Bisa dibilang, Partey adalah salah satu pengatur tempo serangan dalam tim yang ia bela.

Baca Juga : Dani Parejo Kapten Yang Terbuang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here