Beranda Berita Profil Timothy Castagne Bek Sayap Bisa Dari Belgia

Profil Timothy Castagne Bek Sayap Bisa Dari Belgia

117
0
Profil Timothy Castagne Bek Sayap Bisa Dari Belgia
Profil Timothy Castagne Bek Sayap Bisa Dari Belgia

Profil Timothy Castagne Bek Sayap Bisa Dari Belgia – Musim 2019/2020, bisa jadi menjadi musim paling bersejarah dan paling mengejutkan bagi klub Serie A, Atalanta. Pasalnya, banyak hal serta rekor emas yang berhasil mereka ukir di musim tersebut. Salah rekor yang mereka dapat di musim lalu adalah, tim berjuluk La Dea berhasil melaju ke babak perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya.

Keberhasilan tersebut tentu merupakan buah kerja keras setiap elemen klub, terutama pelatih dan para pemain. Beberapa pemain seperti Duván Zapata, Josip Iličić, hingga sang kapten, Papu Gómez ikut kebanjiran pujian sepanjang musim lalu. Satu lagi pemain yang tak boleh dilupakan juga adalah, sang bek sayap Timothy Castagne.

Berlatar Belakang Sepakbola

Timothy Castagne adalah seorang pemain yang sebelumnya pernah memperkuat Atalanta. Biasanya, ia bermain sebagai seorang bek kanan, maupun bek kiri untuk tim asal Italia ini. Ia dilahirkan pada tanggal 5 Desember 1995. Castagne lahir di Arlon, sebuah kawasan yang terletak di provinsi Luksemburg, Belgia, dengan populasi penduduk sekitar 28 ribu jiwa.

Darah sepakbola sepertinya sudah mengalir dalam diri Timothy Castagne sejak ia masih kecil. Pasalnya, sang ayah, Pierre Castagne, juga diketahui merupakan seorang mantan pesepakbola dan pernah menjadi pemain tersubur provinsi Luksemburg di awal 90-an. Pierre juga menghendaki sang anak untuk mengikuti jejaknya sebagai pesepakbola.

Belgia, Italia, Hingga ke Inggris

Perjalanan karir sepakbola Castagne dimulai di negara asalnya, Belgia. Pada tahun 2002 hingga 2004 ia bermain untuk US Waltzing-Bonnert. Kemudian, ia bergabung dengan Lorrain Arlon sebelum akhirnya berlabuh bersama Royal Excelsior Virton. Di klub ini, ia tampil gemilang dan berhasil membuat pelatih Genk U-17 tertarik mendatangkannya.

Pada tahun 2011, Castagne yang sebelumnya telah dibujuk Dimitri De Condé selaku pelatih Genk U-17, bergabung dengan tim junior Genk ini. Hingga tahun 2014, perkembangan Castagne semakin pesat bersama tim junior Genk. Ia akhirnya mendapat peran sebagai seorang defender dan tampil perdana untuk tim pada September 2014.

Profil Timothy Castagne Bek Sayap Bisa Dari Belgia
Profil Timothy Castagne Bek Sayap Bisa Dari Belgia

Terhitung, sudah tiga tahun Castagne memperkuat Genk, dengan catatan 99 penampilan, serta tiga gol dan empat assist sepanjang karirnya. Setelah kehilangan Andrea Conti pada Juli 2017, klub Italia, Atalanta langsung mencari pengganti. Dan Castagne akhirnya pindah ke klub asal Bergamo dengan nilai transfer diperkirakan mencapai 5 juta poundsterling.

Sejak didatangkan pada tahun 2017, Castagne telah memberikan kontribusi yang sangat penting bagi klub asal Bergamo tersebut. Musim lalu, ia tampil 33 kali di semua kompetisi dengan berhasil catatkan dua gol dan tiga assist. Ia juga berhasil antarkan Atalanta menuju perempat final Liga Champions pertamanya sepanjang sejarah klub.

Belakangan, defender berusia 24 tahun tengah menjadi buah bibir setelah sejumlah klub dikabarkan telah menyatakan ketertarikannya. Pada akhirnya, Leicester City lah yang berhasil mendatangkan Castagne per tanggal 3 September 2020. Datang dengan mahar 21 juta euro, Castagne akan dikontrak The Foxes selama lima tahun ke depan.

Karir Internasional

Di level internasional, Castagne sudah tampil di berbagai level timnas Belgia, mulai dari U-18, U-19, U-21, hingga kini memperkuat tim senior. Debutnya untuk tim senior dimulai pada pertandingan uji coba melawan Skotlandia pada September 2018 lalu. Atas performa gemilangnya, Castagne dihadiahi enam penampilan tambahan untuk timnas.

Bulan Maret 2019 kemarin, Castagne berhasil catatkan assist untuk rekan setimnya di Leicester, Youri Tielemans dalam kemenangan 3-1 atas Rusia di kualifikasi Euro 2020. Roberto Martínez kemudian kembali mempercayai Castagne. Ia diikutkan dalam skuad timnas Belgia guna menghadapi turnamen UEFA Nations League musim 2020/2021.

Sang Pengumpan Serba Bisa

Castagne saat ini dikenal sebagai seorang bek kanan. Namun begitu, ia bukan merupakan pemain yang hanya bisa ditempatkan di satu posisi. Castagne adalah pemain serba bisa. Ia bisa ditempatkan sebagai bek kiri, atau bahkan sebagai gelandang sayap kanan, jika ia dibutuhkan di posisi tersebut.

Sejumlah bek kanan yang tersebar di berbagai belahan dunia memiliki dua tipe, yakni, tipe pelari dan pengumpan. Castagne sendiri masuk dalam kategori yang ke-2. Ia bukan pemain yang suka menggocek lawan ketika mendapatkan bola. Pemain 24 tahun lebih suka berikan peluang ke rekan-rekan setimnya dengan umpan-umpan akuratnya.

Baca Juga : Pemain Muda Berbahaya MU Mason Greenwood Namanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here